10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi

gunung api purba dan embung nglanggeran 1

Seperti yang kita ketahui, sebagai pusatnya wisata, pendidikan kebudayaan  daftar wisata di jogja sangat banyak sekali, bahkan dari laut sampai pegunungan pun ada saja tempat wisata alam di jogja yang indah. Mulai dari wisata pantai, desa wisata, desa kerajinan, wisata budaya, wisata edukasi, naik sedikit ke arah pegunungan wisata alam waduk, wisata kebun buah dan wisata puncak.

Sangat pas ketika kita memilih yogyakarta sebagai tujuan untuk berlibur. Selain harga makanan yang murah, wisata di jogja sangat banyak apalagi di tambah hotel murah dan penginapan murah yang banyak tersebar di penjuru kota yogyakarta.

Apalagi baru-baru ini wilayah jogja juga terjadi pembangunan hotel-hotel bebagai kelas dan bintang, ini menunjukan bisnis wisata di jogja sedang meningkat tajam. Bayangkan di setiap sudut kota yogyakarta kita akan menemukan deretan hotel-hotel dan penginapan dengan berbagai type.

Wisatawan yang berkunjung ke yogyakarta dengan kereta, bis ataupun pesawat tidak perlu khawatir mencari kendaraan sewaan di jogja. Di kota jogja sudah banyak tersedia penyewaan mobil murah dan  rental motor murah. Tarif sewa mobil dan motor di kota jogja pun relatif lebih murah jika di bandingkan dengan kota kota lain.

Bayangkan begitu tiba di yogyakarta para wisatawan akan di sambut dengan keramah tamahan warga yogyakarta. Cobalah sekedar berjalan kaki di kota yogyakarta, pengunjung baru akan percaya bahwa lagu yang berjudul yogyakarta karya penyanyi kahitna benar adanya. Setiap sudut kota yogyakarta memang memiliki romantisme yang berbeda.

Jika menuju ke arah selatan kurang lebih sekitar 20 KM menuju ke arah gunung kidul dan bantul, wisatawan akan di suguhi dengan berbagai tempat wisata khas, seperti pusat kerajinan gerabah kasongan, desa wisata tembi, pusat kerajinan kulit manding. Jika menuju ke selatan lagi akan di suguhi dengan deretan wisata pantai parangtris,  wisata kuliner seafood di pantai depok.

Naik lagi menuju ke arah gunung kidul wisatawan akan di suguhi pantai-pantai pasir putih gunung kidul. Mulai dari pantai ngeden, pantai ngrenehan, pantai seruni pantai yang ada pura nya yaitu pantai nglambor. Jika masih naik lagi ke arah timur masih ada deretan pantai baron, pantai krakal, pantai indrayanti, pantai nglambor dan pantai wediombo.

Sebagai pusatnya wisata di jogja, kabupaten gunungkidul sendiri memiliki puluhan wisata alam pegunungan dan pantai yang tersembunyi dengan keindahan yang luar biasa. hanya saja tidak semua pantai tersembunyi di gunungkidul bisa diakses dengan kendaran pribadi. Ada beberapa pantai gunungkidul yang harus di capai memalui tracking melewati terjalnya pegunungan kapur.

Belum sampai disini. Dari pusat kota yogyakata jika kita melihat ke arah barat, akan terlihat deretan pegunungan menoreh yang gagah berderet dari sisi selatan ke utara. Taukah sobat piknik asik, ternyata pegunungan menoreh yang secara administratif masuk di kabupaten kulon progo yogyakarta juga memiliki keindahan wisata alam  yang luar biasa.

Banyak sekali wisata alam di kulon progo mulai dari pantai sampai pegunungan. Misalnya pantai glagah, lalu waduk sermo, wisata alam kalibiru, air terjun sidoharjo, kebun teh nglinggo samigaluh. Dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang ini banyak ditemukanair terjun tersembunyi di wilayah gugus pegunungan menoreh.

Sungguh luar biasa kekayaan potensi alam yang dimiliki yogyakarta. Nah untuk referensi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke yogyakarta, piknik asik telah merangkum nya menjadi 10 tempat wisata alam di jogja yang wajib anda kunjungi.

1. Wisata alam puncak kalibiru kulonprogo

wisata-alam-kalibiruYang pertama adalah wisata alam kalibiru kulonprogo,  wisata alam di jogja yang berlatar belakang wisata waduk sermo ini menjadi primadona bagi para wisatawan lokal maupun luar jogja. bayangkan saja, kita menikmati pemandangan luas yogyakarta diatas puncak tinggi pegunungan menoreh.

Berlokasi di desa Hargowilis, kokap kulon progo, wisata alam kalibiru menyajikan keharmonisan antara pemandangan alam yang masih sangat alami dan para warga setempat yang biasa lalulalang untuk mencari makan ternak.

Fasilitas di wisata alam kalibiru pun cukup memadai, disana tersedia toilet dan kamar mandi yang bersih, warung makan dan bahkan tersedia semacam penginapan  yang bisa disewa dengan harga relatif murah. Bagi yang menyuklai kegiatan outdoor disna juga terdpat beberapa fasilitas flying fox dan beberapa permainan lainnya.

2. Wisata pantai nglambor gunungkidul

snorkling-pantai-nglambor-yogya-Jangan salah, yogyakarta sudah ada tempat untuk bersnorkling. tempat nya berada di pantai nglambor, sebuah wisata pantai di jogja yang berada di gugus pegunungan karang gunungkidul. Dengan karakter pantai berbatu karang yang memiliki kedalaman sedang di bibir pantai membuat beberapa jenis iklan di pantai nglambor ini berani berenag sampai di pinggir pantai.

Ikan-ikan di pantai nglambor pun cukup ramah dengan pengunjung pantai, kita cukup melempar beberapa remah roti beberapa saat ratusan ikan akan mengelilingi kita.

Fasilitas di pantai ini juga masih ala kadarnya. Baru terdapat beberpa kamar mandi dan warung sederhana milik warga sekitar. Untuk peralatan menyelam atau snorkling jangan khawatir, di pantai nglambor sudah tersedia beberapa penyewaan peralatan menyelam dan kamera action dengan harga sewa yang cukup murah.

3.  Wisata Edukasi Sindu kusuma edupark Sleman

sindu-kusuma-edupark-by-nadiaputraSelain wisata alam, jogja juga mempunyai wisata bermain dan edukasi, yaitu Sindu kusuma edupark. Menurut kabar Sindu kusuma edupark ini masih satu manajemen dengan jatim park group. Sindu kusuma edupark sendiri berlokasi tidak jauh dari pusat kota yogyakarta, hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer saja dari tugu jogja.

Wisata edukasi yang secara administratif berlokasi di sinduadi, sleman ini menawarkan berbagai wahana permainan edukasi bagi anak dan keluarga anda. Menjadi wisata edukasi di jogja yang pertama maka sindu kusuma edupark terus berbenah diri demi kenyamanan para pengunjung.

yang menjadi ikon menarik sindu kusuma edupark adalah  bianglala raksasanya. Dari atas bianglala raksasa sindu kusuma edupark ini pengunjung bisa menikmati secra leluasa pemandangan alam di sekitar yogyakarta. Selain itu masih banyak lagi wahan seperti  kereta listrik  dan lain sebagainya.

4. Wisata alam puncak suroloyo kulon progo

puncak-suruloyo-wisata-alam-yogyakarta-by-kholissuckJika pengunjung ingin menikmati sunrise yang romantis, maka berkunjunglah ke puncak suroloyo yogyakarta. Dipastikan sampai di tempat ini sejak dini hari untukdapat menikmati sunrise puncak suroloyo. Puncak ini berada di ujung utara dari pegunungan menoreh kulon progo.  Puncak suroloyo adalah salah satu wisata puncak di jogja yang menjadi favorit para fotografer untuk mengabadikan fenomena sunrise.

Puncak yang secara  administratif  berada di kecamatan samigaluh kulon progo ini, selain menawarkan fenomena sunrise yang indah, juga memiliki perkebunan teh disekitar  puncak yang begitu hijau dan menawan.

untukl segi fasilitas sudah cukup memadai. Di sekitar kebun teh seroloyo, sudah terdapat beberapa fasilits kamar mandi , toilet yang bersih dan area parkir yang luas. Bagi penggemar kopi dan teh, di kebun teh nglinggo tersedia kedai kopi dan teh khas kulon progo, kedai tersebut berada di dalam area perkebunan teh.

5. Pantai ngobaran gunungkidul

pantai-ngobaran-gunungkidul-yogyakarta-by-winata_riszalPantai ngobaran, sebuah pantai dengan pura yang hampir mirip dengan pantai-pantai di bali ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik. Tempat wisata di jogja yang menjadi favorit warga jogja ini   didominasi tebing kapur dipadukan dengan pura yang berada di atas tebing menjadikan pantai ngobaran sangat mirip dengan pantai-pantai di pulau bali.

Pantai yang berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki obat yang tidak besar, sehingga cocok untuk sekedar bermain air di pinggir pantai.  Fasilitas di pantai ini juga sudah lengkap, mulai dari kamar mandi sampai rumah makan yang menyediakan  menu seafood khas pantai ngobaran.

6. Embung dan Gunung api purba nglanggeran gunungkidul

embung-nglanggeranBerawal dari wisata edukatif  bagi mahasiswa geologi, lambat laun gunung pai purba nglanggeran ini ternyata memikat wisatawan. Bahkan sekarang di buat sebuah embung buatan yang menambah keindahan gunung api purba nglanggeran.

Saat ini di sekitar gunung api purba dikembangkan sebagai desa wisata di jogja yang berbasis edukatif dan alam.  Mulai dari tempat pembelajaran geologi, outbond area, sampai perkebunan buah sudah mulai dikembangkan oleh pengelola desa wisata.

Fasilitas di sinipun cukup memadai, parkir yang luas dengan fasilitas homestay dengan harga yang cukup terjangkau.  embung dan gunun api purba nglanggeran adalahs alah satu spot untuk melihat sunset dari ketinggian yang cukup indah dengan latar belakang kota yogyakarta dan sekitarnya.

7. Air terjun sidoharjo samigaluh kulonprogo

curug-sidoharjo-samigaluh-kulonprogo-2Air terjun tersembunyi di kulonprogo yang satu ini memang sangat indah. Tetapi untuk mencapai air terjun ini tidak mudah, karena pengunjung harus bersusah payah memasuki hutan dan menuruni lereng pegunungan menoreh, tetapi keindahan air tejun sidoharjo akan mengobati rasa lelah para pengunjung. Inilah yang menjadikan air terjun sidoharjo menjadi wisata air terjun di jogja yang unik sekaligus menarik

Berada di kecamatan samigaluh yang memang didominasi wilayah pegunungan, membuat air terjun samigaluh layak anda kunjungi. Dengan ketinggian sekitar 30 meter  dengan debit air sedang akan membuat anda tidak sabar untuk bermandi dibawah air terjun sidoharjo.

Sampai saat ini air terjun ini hanya dikelola oleh karangtaruna setempat, dan belum dikenai retribusi untuk masuk ke area air terjun. Fasilitas pun belum memadai,  baru tersedia kamar mandi sederhana untuk ganti pakaian dan beberapa warung makan milik warga.

8. Kebuh teh nglinggo samigaluh kulon progo

kebun-teh-nglinggo-samigaluhMasih di jalur dan  di kecamatan yang sama dengan air terjun sidoharjo. Naik sedikit  akan sampai di daerah nglinggo. Disana terdapat satu-satunya kebuh teh yang terdpat di jogja yaitu kebun teh nglinggo. sebuah perkebunan milik rakyat yang dikembangkan sebagai desa wisata nglinggo pagerhajo.

Sebagai destinasi wisata yang mulai ramai, desa wisata kebun teh nglinggo mulai berbenah diri. ini dibuktikan dengan mengembangan beberapa fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung. Jika para pengunjung ingin menginap,  disna sudah disediakan rumah penduduk untuk menginap.

Hal ini dimaksudkan agar para wisatawan lokal maupun manca yang menginap di rumah penduduk dapat menyatu dengan warga nglinggo itu sendiri. Selain itu agar wisatawan memiliki pengalaman yang berkesan selama berada di desa wisata kebun teh nglinggo pagerharjo.

9.  Pantai  jogan gunungkidul

pantai-jogan-gunungkidul-pantai-dengan-air-terjun-yuhuiKebayangkan ada sebuah air terjun yang langsung terjun di bibir pantai. Pantai jogan, adalahsalah satu wisata pantai di jogja dengan air terjun yang berada di gunungkidul. Uniknya air terjun di pantai jogan ini tidak pernah kering, hanya saja ketika musim kemarau debit airnya sedikit  berkurang. Atau ketika musim hujan tiba, air di pantai jogan akan tetap bening karena telah terfilter oleh batuan kapur yang dilewati aliran sungai menuju air terjun pantai jogan.

Para pengunjung yang datang kepantai jogan akan menikmati sensasi mandi di pantai dengan guyuran air terjun dari atas tebing.  apalagi ketika senja datang, pengunjung akan menikmati sunset yang menawan. hanya saja untuk menuruni batuan kapur harus sedikit hati-hati karena hanay terdapat beberapa pegangan terbuat dari kayu dan bambu.

pantai yang Berlokasi di desa purwadi kecamatan tepus ini sampais ekarang masih sangat jarang pengunjung. karena saran jalan yang memang masih ala kadarnya. Sehingga pengunjung enggan untuk pergi ke pantai ini.  apalagi fasilitas pendukung belum memadai.

10. Wisata candi boko Sleman

candi-ratu-boko-fuad_arief-e1445785149625Candi yang berada di bawah pengelolaan  PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko ini memang terkenal dengan fenomena siluet yang sangat indah.  Candi ini berada di atas perbukitan yang membuat fenomena sunset di candi boko akan terlihat lebih indah

Candi boko berlokasi di kecamatan prambanan sleman. Dari segi pengelolaan wisata candi di jogja ini memang sudah di kelola secara profesional, ini dapat terlihat dari ticketing dengan e-card.

Hanya saja untuk tarif memang agak mahal karena pengelola mematok dengan 2 jenis tiket, yaitu tiket reguler dengan harga 25.000 sekali masuk dan tiket paket sunrise dengan harga 100.000 sekali masuk. memang agak mahal tetapi akan terbayarkan ketika pengunjung menikmati sunset yang mempesona.

Komentar