10 Wisata Alam Di Bogor Yang Asik Untuk Menghabiskan Waktu Liburanmu

10-wisata-alam-di-bogor

Bogor memang menjadi surganya para wisatawan untuk kota jakarta, bandung dan beberapa kota besar di sekitarnya. Bisa dilihat ketika hari-hari liburan jalan menuju ke arah puncak pasti akan di padati dengan kendaraan roda 4 berplat B, D , Z dan masih banyak lagi.

Selain memiliki beberapa pilihan tempat piknik asik. letak geografis yang berada di wilayah pegunungan atau puncak membuat udara di kota bogor lebih sejuk dan lebih segar untuk sejenak melepas penat setelah seminggu penuh bekerja.

Memang yang menjadi tujuan utama kebanyakan wisatawan berkunjung ke kota bogor adalah menuju ke puncak pass. tetapi sebenarnya masih banyak sekali wisata-wisata alam di bogor yang memiliki keindahan dan panorama alam yang sangat indah

Nah, kali ini kami akan membahas 10 tempat wisata alam  yang ngehits banget dan tentunya bakalan membuat kalian betah berlama-lama di kota bogor.

1. Wisata Alam Curug Bidadari Bogor 

10-wisata-alam-di-bogor-curug-bidadari

Curug yang berada di sentul paradise park ini memang sangat memukau pengunjung. Curug yang juga sering disebut dengan curug bojongkoneng ini mmeiliki air yang sangat jernih dan bersih. Mata air curug bidadari ini berasal dari mata air yang berasal dari hutan lindung di sekitar curug tersebut.

Air terjun  yang berada di kawasan elit sentul paradise park ini  dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai bagi pengunjung. Apalagi di sekitar curug ini terdapat kolam untuk dewasa maupun anak-anak, Sehingga untuk bermain air tidak perlu di bawah air terjun langsung, Jadi relatif lebih aman

Jalur untuk ke curug bidadari mudah di jangkau . Perjalanan dimulai dari jalan tol jagorawi keluar pintu tol sentul selatan Lalu ambil jalur kiri dan masih lurus saja sampai ada simpangan jalan serong ke kiri, Setelah itu nanti akan masuk ke wilayah perumahan elite sentul paradise park. Hanya  saja aspal jalan masih ada yang berlubang

Jika hendak pergi piknik ke curug bidadari diusahakan sebelum jam 12 siang. Karena di wilayah ini setelah jam 1 siang sering turun hujan, sehingga pemandangan air terjun tertutup oleh kabut dan debit air relatif lebih besar.

2. Wisata alam gunung pancar Bogor

gunung-pancar-bogor

Gunung yang memiliki ketinggian 800MDPL ini menjadi pilihan  yang pas bagi pengunjung yang hendak merasakan sensasi berbeda. Di lokasi gunung pancar memiliki beberapa fasilitas yang cukup komplit.  Seperti camping ground, jalur hiking dan bersepeda.

Wisata alam bogor yang masih berada di kawasan hutan lindung perhutani ini masih memiliki pohon-pohon besar khas hutan hujan tropis. tetapi berkat audiensi antara warga masyarakat sekitar gunung pancar bogor maka disepakatilah untuk membuka wisata alam gunung pancar ini.

Selain memiliki pesona hutan alami yang begitu indah, dilokasi wisata alam gunung pancar ada sebuah pemandian air panas alami, jaraknya tidak begitu jauh dari hutan pinus. anya saja untuk masuk ke pemandian harus membayar retribusi lagi sebesar 10.000  rupiah setiap pengunjung.

3. Wisata Alam Wana wisata curug cilember Bogor

10-wisata-alam-di-bogor-curug-cilember

Di lokasi curug cilember bogor ini ada 7 air terjun yang berbeda. Semua air terjun di lokasi wisata curug cilember di hubungkan oleh jalur trecking. Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan alam disekitar curug cilember.

Selain curug atau air terjun, di lokasi wisata curug cilember bogor terdapat area konservasi kupu-kupu. Di area ini  banyak di kembangbiakan kupu-kupu langka  yang sudah jarang ditemui di alam. Lokasi ini cocok juga untuk wisata edukasi bagi anak-anak dan siswa sekolah.

Lokasi curug cilember berada di di Jl. Cisarua Puncak Km 10 Desa Cilember Kec. Cisarua Puncak, Kab Bogor, ProvJawa Barat. Dari  kota jakarta sudah sangat familiar untuk rute menuju ke cisarua. sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasi wisata ini.

Curug cilember termasuk wisata alam di bogor yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Mulai dari penginapan, restoran, cafe, camping ground. Apalagi fasilitas pendukung di curug cilember sudah cukup lengkap, seperti toilet yang bersih. Mushola dengan konsep terbuka yang begitu rindang.

So bagi kalian yang suka wisata alam dengan pengalaman yang berbeda. kami rasa curug cilember cocok untuk dimasukan di daftar tujuan wisata anda.

4. Wisata Alam Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

10-wisata-alam-di-bogor-tirta-sanita-ciseeng

Tempat wisata selanjutnya adalah pemandian air panas tirta sanita ciseeng. Sebuah  pemandian air panas alami yang berada di  bogor ini memang cukup ramai dikunjungi. Selain  menarik , pemandian air panas tirta sanita ciseeng  ini tidak terlalu jauh dari kota besar seperti jakarta dan bandung.

Sumber air panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor ini secara administratif berada di jalan Cogreg daerah Bojong Indah masuk Kecamatn Parung Bogor. Jarak tempuh dari kota jakarta  jhanya sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 55 kilometer.  Titik koordinat untuk GPS berada di  -6.431355, 106.696434 .

Selain pemandian air panas, di lokasi wisata tirta sanita ciseeng sudah tersedia fasilitas-fasilitas pendung yang lain. Bagi para pengunjung yang akan menginap disekitar pemandian, sudah banyak terdapat losmen-losmen  dengan tarif yang sangat murah.

Atau jika akan mengadakan kegiatan outbond untuk instansi dan kantor, Pengelola telah  menyiapkan lokasi khusus untuk outbond. Fasilitas outbond sendiri telah lengkap seperti fasilitator outbond, berbagai macam permainan bahkan ada permainan flying fox nya juga.

5. Wisata Alam Telaga Warna Puncak Bogor 

panorama-telaga-warna-puncak-bogor1

Salah satu tujuan utama wisata puncak bogor adalah telaga warna bogor.  Telaga yan berada di kaki gunung  hambalang ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan latar belakang hutan hujan tropis.

Telaga warna ini termasuk telaga yang cukup unik, karena warna di dalam telaga ini sering berubah-ubah. Menurut penelitian  perubahan warna air di telaga warna bogor ini dipengaruhi oleh alga dan ganggang air. Tetapi ada juga yang mengatakan dipengaruhi oleh susunan kimia di dasar telaga.

Secara administratif  telaga warna ini berada di lokasi wisata puncak bogor sendri berada di wilayah wisata puncak pass cisarua bogor. Lokasi telaga warna puncak bogor sendiri berada di dekat perusahaan Teh PTP VII Gunung Mas.

Jalur menuju ke telaga warna bogor pun sangat mudah dijangkau. Dari  jalan tol ciawi langsung saja menuju ke lokasi wisata puncak cisarua bogor. Nanti akan melewati area perkebunan teh yang sangat luas. Nah di sebelah kiri jalan nanti pengunjung akan menemui petunjuk arah menuju ke telaga warna tersebut.

Fasilitas di lokasi wisata telaga warna bogor sendiri cukup lengkap. mulai dari parkir yang luas dan aman, lalu ada beberapa penginapan dengan tarif yang cukup murah. Untuk memanjakan perut anda di sekitar telaga warna sudah ada beberapa warung makan dan restoran dengan sajian khas kuliner bogor.

Bagi pengunjung yang beruntung, di sekitar telaga warna sering terlihat beberapa monyet-monyet liar dan beberapa burung langka yang berhabitat dis ekitar telaga warna. Lokasi telaga warna memang masig masuk dalam area konservasi dan hutan lindung.

6.  Wisata Alam Curug Cibaliung Bogor 

panorama-curug-cibaliung-bogor

Curug cibaliung memang masih tergolong curug yang masih baru dan belum lama di eksplore oleh para wisatawan. Tetapi curug cibaliung menjadi ramai diperbincangkan para traveller karena memiliki air yangs angat jernih dan kebiruan.

secara administratif curug cibaliung berada di  Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kec Babakan Madang, Kab Bogor. Jika menggunakan kendaraan sendiri , pengunjung langsung saja  ambil jalur tol Jagorawi, keluar di gerbang Sentul City, lalu mmasuki saja jalur utama  menuju ke Jungle Land. Sebelum gerbang Jungle Land silahkan belok kanan arah kampung, setelah bertemu pertigaan Anda harus belok kiri ke arah leuwi Hejo.

Disarankan sebelum menuju ke curug cibaliung , pastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi prima, karena kondisi jalan yang menanjak, aspal di jalur ini juga ada beberapa yang masih berlubang.

Setelah sampai di titik parkir, pengunjung masih harus berjalan melewati jalur tracking sekitar 1,5 jam lamanya. akan tetapi selama perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang begitu indah dan semua  jerih payah selama perjalanan menuju ke curug cibaliun terbayar lunas oleh biru dan jernihnya air curug cibaliung.

7. Wisata alam riung gunung puncak bogor 

wisata-alam-taman-riung-gunung-bogor2

Wisata alam di bogor selanjutnya adalah wisata alam riung gunung puncak bogor. Riung gunung adalah kompleks wisata yang menyajikan pemandangan alam  berupa perkebunan teh yang sangat luas.

Selain pemandangan perkebunan teh yangs angat luas, di kompleks wisata riung gunung juga terdapat taman dan area bermain untuk anak kecil. Lalu ada juga jalur  treking yang diberi nama tea walking. Diberi nama seperti itu karena memang jalur tracking tea walking melewati  perkebunan teh tersebut.

Secara administratif, kompleks wisata alam bogor riung gunungberalamatkan di  desatugu selatan, puncak, Bogor. kompleks wisata riung gunung sendiri berada di pinggir jalur puncak  pass jakarta- bogor. Sehingga tidak terlalu sulit menemukan lokasi wisata riung gunung.

Jakur menuju ke taman wisata riung gunung pun sangat lah mudah. Dari pusat kota jakarta, langsung saja pacu kendaraan anda menuju ke tol JAGORAWI. ketika telah sampai jalan ciawi-cianjur lansung saja menuju ke arah puncak pass. nah taman wisata riung gunung berada di kiri jalan sebelum tugu botol kecap raksasa.

8. Wisata Alam Curug Nangka Bogor 

wisata-alam-di-bogor-curug-nangka

Curug nangka, sebuah air terjun yang masih sangat alami ini berada di daerah ciapus bogor, jawabarat. Curug dengan ketinggian sekitar 30 meter ini masih terlihat hijau dengan pemandangan pepohonan rindang disekitar kanan dan kiri curug.

Curug nangka sendiri beralamat di  di desa Sukajadi,  kecamatan Tamansari, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya ada di kaki gunung salak. Lokasinya pun berada sekitar 750 MDPL, sehingga pada cuaca yang normal tidak hujan, Suhu udara disekitar curug nangka mencapai 20 derajat celcius.

Untuk menuju ke curug nangka dari pusat kota jakarta puns angat mudah. dari tol JAGORAWI ambil arah menuju ke istana bogor. Dari istana bogor tersebut arahkan kendaraan anda ke arah ciapus. nah setelah memasuki wilayah ciapus, pengunjung akan menemui papan petunjuk arah menuju ke curug nanga.

Selain curug nangka, Di sekitar curug ini masih ada 2 lagi air terjun yang tidak kala indahnya dengan curug nangka. Kedua curug itu adalah curug daun dan curug kawung. Ketiga curug itu sendiri memiliki ketinggian berbeda

Dan untuk menikmati ketiga air terjun di bogor itu, Pengunjung tidak perlu repot-reot blusukan, Karena sudah terdapat jalur tracking menuju ke ketiga air terjun tersebut. Selama perjalanan tracking menuju ke ketiga air terjun tersebut jika beruntung pengunjung akan melihat beberapa buruung liar yang berhabitat di wilayah curug nangka.

9. Wisata Alam Situ Gede Bogor

situ gede surga tersembunyi di bogor

Situ yang berada di kawasan konservasi milik perhutani ota Bogor ini memangs angat menarik dikunjungi, Selain memiliki pemandangan yang indah.Di Situ Gede pengunjung bisa melakukan kegiatan memancing , naik perahu dan bermain air.

Situ Gede  Secara keseluruhan  memiliki total luas sekitar 6 hektar . Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, Lokasi wisata ini juga sering digunakan oleh rumah produksi film untuk melakukan kegiatan shooting.

Secara administratif Situ gede berada di desa Situ Gede, Kab Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi situ gede dari terminal kota bogor pun tidak terlalu sulit, hanya sekitar 10 Kilometer saja. DI daerah situ gede, masih ada beberapa telaga lain, Misalnya Situ Leutik yang sekarang telaga tersebut telah kering, lalu ada Situ Panjang dan juga Situ Burung.

Fasilitas disitu gede pun cukup lengkap, Disitu gede telag tersedia beberapa warung makan, toilet dan juga tentunya parkiran yang cukup luas.  Untuk memasuki wisata situ gede, pengunjung hanya di kenakan tiket retribusi sebesar 4.000 rupiah saja.

10. Wisata Alam Curug Luhur Bogor

curug luhur bogor by xxx

Wisata alam di bogor yang terakhir adalah curug luhur bogor jawabarat. Curug yang berada di kaki gunung salak ini menyuguhkan pemandangan alam yang tidak kalah indah dengan wisata alam lain di bogor.

Secara administratif curug luhur ini berada di Desa Ciapus Kecamatan Ciomas, kabupaten bogor, Provinsi Jawa Barat. Jarak curug luhur dari kota bogor berjarak sekitar 24 kilometer, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Atau jika pada masa liburan bisa memakan waktu 2 jam lebih.

Untuk menuju ke curug luhur bogor sendiri tidak terlalu sulit. Perjalanan di mulai  Dari bogor arahkan kendaraan anda menuju kearah leuwiliang, Setelah itu dilanjutkan lagi ke arah  daerah ciampea. Setelah itu dilanjutkan lagi menuju  ke arah gunung salak endah . di teruskan ke daerah tenjolaya dan akhirnya sampai di  curuk luhur.

Di area wisata curug luhur sendiri terdapat 2 air terjun. Air trjun utama adalah curug luhur yang berdebit air besar. Dan curug yang satunya adalah air terjun buatan yang memang sengaja di buat oleh warga sekitar dengan memanfaaatkan aliran air dengan sumber yang sama dengan curug luhur.

Fasilitas di kompleks wisata curug luhur bogor sendiri cukup komplit. Mulai dari toilet,  toko souvenir dan beberapa warung makan yang menyajikan masakan khas bogor. Jadi tidak perlu khawatir anda kelaparan di curug luhur ini.

Disarankan bagi pengunjung yang akan piknik ke curug luhur. Diharapkan membawa pakaian khusus outdoor, karena untuk menuju ke curug utama, pengunjung harus tracking dulu dengan kondisi jalur berbatu.

NAH. Itulah 10 wisata alam di bogor yang kami rekomendasikan untuk di kunjungi selama waktu liburan kalian. Selain itu sebenarnya masih banyak lagi wisata alam di bogor yang tidak kalam indah yang memang belum bsia di eksplorasi lebih jauh.  Diharapkan kedepan pemerintah Kabupaten Bogor selalu memperhatikan Kondisi wisata di kab bogor.

Komentar