Air Terjun Mata Jitu: Keindahan Alam Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

air-terjun-mata-jitu-puau-moyo-ntb

Lokasi yang tersembunyi dibalik keindahan alam Pulau Moyo yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menyimpan banyak keelokan yang luar biasa. Gemercik suara air dan merdunya hembusan angin akan Anda rasakan jika berpiknik ke salah satu tempat wisata air paling terkenal di Nusa Tenggara Barat ini yaitu Air Terjun Mata Jitu.

Air terjun yang menyimpan banyak keindahan di dalamnya dan Anda akan merasakan kenyamanan dan melepas penat yang luar biasa jika mengunjungi tempat wisata ini.

Air Terjun Mata Jitu merupakan salah satu primadona yang dimiliki oleh Pulau Moyo. Pohon – pohon yang hijau dan pemandangan yang indah juga asri membuat Anda merasakan jiwa alami yang dimiliki oleh air terjun ini. Selain itu, air terjun mata jitu telah dinobatkan sebagai salah satu bagian cagar alam Indonesia dimana lokasi ini telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Wisata alam purbakala ini akan semakin menarik untuk membuat Anda ingin berpiknik ke tempat ini. Hal ini dikarenakan Air Terjun Mata Jitu memiliki air terjun yang berwarna hijau muda dan berpadu indah dengan warna air yang hijau tua sehingga akan membuat Anda semakin terpesona dan beranjak untuk ikut menceburkan diri ke dalam kolam air terjun dan bermain air bersama keluarga dan sahabat di bawah Air Terjun Mata Jitu ini.

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh cagar alam Air Terjun Mata Jitu adalah memiliki 4 (empat) undak dan 7 (tujuh) kolam dibawahnya. Hal itu menyebabkan penduduk sekitar menamai air terjun ini dengan “mata jitu” yang artinya adalah mata air yang jatuh tepat pada kolam yang berada dan menaungi dibawahnya.

Selain itu, Anda akan semakin tertarik karena keindahan alam dari Air Terjun Mata Jitu ini sudah dikenal hingga mancanegara. Wisatawan asing sudah banyak yang menghabiskan waktu berliburnya di tempat wisata ini. Bahkan, Putri Kerajaan Inggris, Lady Diana pun sudah pernah mengunjungi Air Terjun Mata Jitu sehingga masyarakat setempat pada akhirnya memberikan julukan kepada air terjun ini dengan nama “Queen Waterfall”.

Selain keindahan air terjun dan undak – undak yang dimilikinya, Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan air turun dari atas sumbernya, namun juga Anda akan menikmati pemandangan bebatuan sekitar yang telah terbentuk dan berada disana sejak ribuan tahun yang lalu.

Perjalanan liburan Anda pun akan semakin menarik jika semakin mendalam mengetahui seluk beluk Air Terjun Mata Jitu ini. Keindahan bebatuan stalaktit dan stalagmite yang terdapat di permukaan dinding air terjun menambah keindahan Air Terjun Mata Jitu yang semakin mempesona.

Selain itu, kombinasi stalaktit dan stalagmit yang berbeda – beda bentuk maupun ukurannya semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk menikmati liburannya di Air Terjun Mata Jitu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

air-terjun-mata-jitu-puau-moyo-ntb-1

Akses Menuju lokasi air terjun mata jitu pulau moyo

Lokasi Air Terjun Mata jitu ini terletak di Dusun Oiramu, Labuhan Aji, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Posisi tepat dari tempat wisata air terjun ini kurang lebih berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar – Ibukota Kabupaten Sumbawa.

Jika Anda ingin mengunjungi atau berpiknik bersama keluarga di Air Terjun Mata Jitu ini, anda dapat menyewa perahu yang dimiliki oleh  para nelayan di sekitar Desa Ai Bari, Kabupaten Sumbawa. Setelah Anda menyewa perahu, Anda akan melakukan perjalanan selama 2 jam perjalanan yang luar biasa dan tak akan terlupakan karena Anda akan menikmati keindahan dan pemandangan yang mempesona dari Pulau Moyo.

Setelah itu, Anda akan sampai di desa seberang yaitu Desa Ai Bari. Namun, perjalanan Anda tidak hanya sampai  disitu saja. Perjalanan Anda lalu akan dilanjutkan menggunakan sepeda motor yang bisa Anda sewa yaitu ojeg motor. Perjalanan ini akan Anda lewati selama 20 menit perjalanan.

Namun, jika Anda ingin menikmati perjalanan Anda lebih mengenyangkan, Anda dapat berjalan kaki menuju lokasi wisata Air Terjun Mata Jitu selama 1,5 jam perjalanan. Hal itu tidak akan membuat perjalanan liburan Anda kecewa karena di selama waktu perjalanan menuju lokasi air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan tropis yang mempesona yaitu pemandangan perbukitan yang elok dan padang savanna yang luar biasa.

Akomodasi dan akses lokasi menuju tempat wisata cagar alam Air Terjun Mata Jitu ini sudah sangat terfasilitasi baik didukung oleh Pemerintah Nusa Tenggara Barat maupun masyarakat Kabupaten Sumbawa sehingga para wisatawan dapat berlibur dan berpiknik dengan nyaman untuk mengunjungi Air Terjun Mata Jitu maupun air terjun – air terjun lainnya yang terdapat di Pulao Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Komentar