Air Terjun Sidoharjo Surga Yang Tersembunyi Di Ujung Barat Jogja

curug sidoharjo samigaluh kulonprogo (4)

Air terjun sidoharjo, adalah salah satu air terjun yang berada di desa sidoharjo, samigaluh, kulonprogo , Yogyakarta. Sebenarnya bagi warga kulonprogo sudah mengetahui keberadaan air terjun ini sudah agak lama, hanya saja efek  media sosial tidak segencar sekarang yang menjadikan air terjun sidoharjo ini kurang dikenal orang di luar kulonprogo.

Masuk dalam daftar wisata rekomendasi di jogja, Pengelola wisata air terjun sidoharjo pun terus berbenah, saat ini pembangunan sudah mulai dilakukan. Hebatnya lagi semua kegiatan pembangunan dikerjakan oleh warga sekitar air terjun sidoharjo.

Selain memiliki ketinggian yang tinggi, sekitar 30an Meter, perjalanan dari tempat parkir ke airterjun ini membutuhkan sedikit perjuangan karena akses jalan masih “blusukan” di hutan kurang lebih sekitar 20-30 menit.

Rute dari kota jogja

Jika anda dari kota jogja langsung saja ambil arah menuju jalan godean , ambil arah ke barat menuju kabupaten kulonprogo, nggak usah belok-belok ya, pokoknya lurus kebarat. Nanti kalian akan ketemu jembatan progo  yang merupakan perbatasan antara kabupaten Sleman dan kabupaten Kulon Progo, masih kebarat lagi ntar ketempu perempatan lampu merah (lampu merah kenteng nanggulan) .

langsung aja ambil kanan luruss aja, kurang lebih sekitar 6km, nanti ketemu perempatan lampu merah (perempatan dekso) , dari situ ambil kiri , ikuti jalan aja kurang lebih 5 km, nanti ketemu plang  MTS sidoharjo di kanan jalan, di deket plang MTS Sidoharjo  juga ada plang arah menuju ke airterjun sidoharjo,, dari sana ikuti jalan sama petunjuknya sampai ketemu MTS Sidoharjo, nah jalan menuju air terjun ada di samping MTS sidoharjo itu.

Nanti kita parkirnya di tempat pak dukuh :) Menurut kami akses jalan menuju ke curug sidoharjo cukup baik, bisa di lalui dengan kendaraan roda dua dan roda 4, jalan yang beraspal, lalu di lanjut cor ini cukup lebar juga, tapi di harapkan hati-hati karena ada sebagian jalan yang agak rusak.

curug sidoharjo samigaluh kulonprogo (1)

Sampai saat ini belum ada retribusi masuk ke air terjun ini, hanya di kenakan parkir motor saja, itupun seiklas nya, untuk kamar mandi memang belum ada, jadi yang kebelet pipis bisa “nunut” pipis di rumahnya pak dukuh :D. Saat terakhir kami kesana baru ada beberapa pembenahan menuju akses ke air terjun dan pembuatan gubuk untuk istirahat. ya semoga saja bisa d tambah dengan fasilitas-fasilitas lain yang mendukung kenyamanan pengunjung deh :)

Sampai di parkiran nanti kita mulai perjalanan ke air terjun dengan masuk ke hutan, sampai sampai nanti kalian juga akan menemui jembatan sederhana kayak gambar diatas itu. hingga di akhir perjuangan kalian akan bertemu dengan curuug / air terjun sidoharjo ini.

curug sidoharjo samigaluh kulonprogo (2)

curug sidoharjo samigaluh kulonprogo (7)

yang hobi fotografi jangan lupa bawa tripod buat low speed :D

Itulah sekilas perjalanan kami ke curug sidoharjo, surga tersembunyi di ujung barat yogyakarta. masih banyak wisata dan surga tersembunyi di indonesia. nantikan ulasan dari kami, salam piknikasik

Komentar