Baturaden Purwokerto : Wisata Menarik Untuk Berlibur Bersama Keluarga

baturaden-purwokerto

Bila mendambakan suasana berbeda untuk mencari tempat berlibur yang nyaman bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi kawasan wisata Baturaden di Purwokerto. Tempat wisata ini memadukan unsur wisata alam serta permainan yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi lokasinya juga cukup mudah karena letaknya sekitar 15 kilometer ke arah utara kota.

Nama Baturaden sendiri diambil dari sebuah legenda sepasang kekasih yang bernasib sial yaitu seorang lelaki pelayan (Batur) dan seorang wanita bangsawan (Raden). Sehingga masyrakat menyebutnya Baturraden atau lebih dikenal sebagai Baturaden.

Menariknya Anda bisa menyaksikan keindahan kota Purwokerto dari ketinggian Baturaden. Selain itu nikmati juga menyaksikan Pulau Nusa Kambangan sekaligus pantai indah yang terdapat di Cilacap dari ketinggian Baturraden.

baturaden-purwokerto2

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturraden

Ada salah satu lokasi yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan yaitu Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Pancuran ini terbentuk akibat aliran air panas yang bersuhu sekitar 70 derajat celcius yang berasal dari Gunung Slamet.

Aliran air panas ini membentuk cekungan menyerupai air terjun yang berjumlah tujuh buah sehingga disebut sebagai pancuran pitu. Kandungan air panas ini juga mengandung belerang sehingga dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Anda juga bisa menikmati sensasi berendam air panas sambil menyaksikan pemandangan pegunungan yang menyenangkan. Namun, tidak dianjurkan berendam lebih dari 15 menit demi alasan kesehatan.

Peringatan ini juga tertulis dalam sebuah papan tak jauh dari lokasi. Nikmati juga pijat sulfur yang banyak tersedia di area dekat pemandian dengan harga Rp 7.500 selama 15 menit. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun berjalan kaki dengan jarak 5 km dari pintu gerbang.

Telaga Sunyi Baturraden

Baturaden memiliki mata air jernih yang dinamakan telaga sunyi. Suasananya yang hening dan sunyi sangat sesuai sebagai tempat refreshing yanga menyenangkan dan jauh dari keramaian. Telaga sunyi terletak sekitar 3 km ke arah timur atau sekitar 15 menit dari pintu masuk Baturaden. Tiba di lokasi parkir Anda cukup berjalanan kaki melalui jalan setapak untuk tiba di telaga sunyi.

Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden

Mencari wisata edukasi yang nyaman sebagai sarana belajar anak-anak Anda bisa mengunjungi Kaloka Widya Mandala. Berbagai spesies binatang seperti orang hutan, buaya, ular, landak, cendrawasih, gajah, monyet dan beberapa satwa lainnya tersedia di sini. Ada juga sebuah museum yang digunakan untuk menyimpan satwa langka lainnya yang bisa dinikmati.

Teater Alam Baturaden

Tepat berada di pintu masuk Baturaden, Anda akan menemukan sebuah pesawat terbang jenis Foxer milik Garuda Indonesia Airways. Ingin merasakan sensasi menonton yang berbeda seperti naik pesawat terbang? Masukklah ke dalam pesawat. Anda dapat menonton tayangan film berupa kekayaan alam Indonesia yang berdurasi sekitar 10-15 menit. Seperti tayangan peristiwa meletusnya Gunung Merapi ataupun cerita budaya Taman Mini Indonesia Indah.

Akses Menuju Baturaden

Lokasi Baturaden terletak di kota Purwokerto tepatnya di sebelah selatan lereng Gunung Slamet. Perjalanan menuju tempat wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Bila naik kendaraan umum bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Purwokerto jurusan Baturaden. Kemudian berhentilah di terminal lokawisata Baturaden.

Bila berangkat menggunakan kendaraan pribadi tentunya lebih santai. Menyewa kendaraan atau menggunakan taksi juga masih memungkinkan untuk wisata ke Baturaden. Namun, bila menggunakan kendaraan pribadi pengendara harus waspada karena letakknya yang berada di kaki gunung sehingga banyak jalanan yang menajak dengan kemiringan 30 derajat.

Fasilitas yang Tersedia di Baturaden

Wisata ini memang sudah cukup dikenal sehingga hotel dan penginapan dengan fasilitas yang memadai sudah tersedia di sini. Pilih saja penginapan yang nyaman dan fasilitas yang memadai untuk keluarga.

Bila senang dengan kegiatan out bond, kawasan ini memiliki camping ground yang nyaman dan juga aman. Anda bisa mendirikan sebuah tenda di Wana Wisata yaitu sebuah hutan hijau yang bisa digunakan untuk berkemah bersama keluarga. Hutan di sini masih sangat alami dengan udara segar dan sejuk yang menyenangkan. Jarak Wana Wisata sekitar 2 km dari pintu masuk Baturaden dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

baturaden-purwokerto1

Harga Tiket Masuk di Baturraden

Harga tiket masuk untuk area lokawisata Baturaden seharga Rp 14.000 per orang. Harga ini sudah termasuk fasilitas umum seperti papan seluncur air, kolam renang, cascadane dan sepeda air (hanya dikenakan biaya makanan ikan saat akan naik).

Sedangkan untuk pancuran pitu dan pancuran telu dikenakan biaya tiket masuk Rp 10.000 dan masuk theater alam Rp 5.000. Baturaden mulai buka pukul 06.00 pagi sampai 17.00 sore. Baturaden menawarkan berbagai pilihan wisata yang menyenangkan, jadi pilih saja beberapa wisata menarik bila memang waktu terbatas.

Komentar