Berburu Indahnya Senja Di Pantai Batu Bengkung Malang

pantai-batu-bengkung-malang

photo by draforsa

Kota Malang memang memiliki lokasi wisata yang cukup lengkap seperti wisata alam pantai, gunung, wisata sejarah dan agrowisata. Bosan dengan hiruk piruk kota yang terlalu ramai, kamu bisa mencari lokasi wisata menarik dengan menyaksikan keindahan alam berupa pantai untuk sekedar melepas lelah.

Menikmati pemandangan laut memang tak pernah ada habisnya dan tak pernah bosan untuk ditelusuri. Apalagi saat ini mulai banyak pantai yang bermunculan di daerah Malang selatan. Mencari pantai selain Pantai 3 Warna yang sudah cukup populer di kalangan traveler, cobalah untuk menikmati suasana yang berbeda di Pantai Batu Bengkung.

Pantai ini merupakan sebuah tanjung yaitu daratan yang menjorok ke laut. Letaknya berada Bukit Bengkung dimana luas areanya mencapai 4 hektar dengan panjang pantai sekitar 300 meter. Lokasi Pantai Batu Bengkung juga berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga ombak besar yang menghantam karang akan mudah ditemukan di sini.

Deretan karang yang membentang di sepanjang pantai akan semakin mempercantik keindahan Pantai Batu Bengkung. Apalagi pada waktu tertentu ombak ganas seringkali menghantam deretan karang di sepanjang pantai.

Sehingga air laut yang melewati karang akan terjebak di cekungan karang. Kondisi ini justru membuat cekungan mulai terisi air layaknya kolam. Namun sayangnya kolam ini  hanya akan muncul saat air laut pasang. Saat air laut surut kolam alami juga akan ikut surut.

Batu karang yang terbentuk secara alami ini memang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri. Asal usul namanya juga berasal dari batu karang tersebut. Masyarakat sekitar menyebutnya Batu Bengkung yaitu batu karang yang melengkung.

pantai-batu-bengkung-malang-1

photo by almuzakii

Istilahnya menyerupai wanita yang sedang dibengkung. Bengkung merupakan tradisi wanita Jawa yang menggunakan stagen setelah melahirkan agar perut kembali ramping.

Pemandangan pantai yang begitu menakjubkan tak lantas membuat kamu bebas mandi di sekitar pantai. Larangan keras untuk bermain ataupun mandi di sekitar pantai memang tidak diperbolehkan di sini. Mengingat ombaknya yang begitu besar dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Namun, pada waktu tertentu banyak pengunjung memanfaatkan cekungan yang membentuk kolam untuk dinikmati oleh anak-anak. Mungkin saja kondisi ini dianggap lebih aman karena banyak larangan untuk mandi di sekitar pantai mengingat ombaknya yang besar.

Bila ingin menikmati suasana yang lebih tenang tanpa ombak, kamu bisa menikmati suasana pantai di bagian yang berlumut. Lokasi ini tentunya jauh dari ombak dan bisa menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai menyaksikan pemandangan lepas pantai. Airnya lebih jernih dengan nuansa hijau lumut di atas batuan karang.

Untuk menikmati pemandangan pantai yang lebih utuh kamu bisa naik ke bukit Bengkung. Namun, untuk mencapai bukit kita harus memanjat tebing dengan kemiringan 90 derajat. Di sana juga tersedia tali panjang yang akan memudahkan untuk naik ke atas bukit.

Agar lebih aman sebaiknya gunakan sandal gunung yang nyaman. Dari atas bukit keindahan Batu Bengkung dengan daratan yang menjorok ke laut akan semkain mudah terlihat. Searah mata memandang laut lepas berawarna biru akan semakin menyempurnakan keindahan Batu Bengkung.

Belum puas menikmati keindahan Batu Bengkung cobalah menikmati senja di sore hari. Keistimewaan Pantai Batu Bengkung menyajikan pemandangan matahari terbenam begitu indah yang tidak didapatkan dari pantai lainnya. Bila menyukai fotografi Pantai Batu Bengkung saat senja tentunya bisa menjadi spot yang sempurna untuk mengambil gambar.

Pantai ini merupakan salah satu pesisir yang menghadap langsung ke arah barat. Jadi, jangan heran bila menemukan banyak pengunjung di sekitar pantai saat matahari terbenam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bengkung

Beberapa orang juga lebih memilih menikmati Pantai Batu bengkung dengan cara berkemah. Saat pagi hari tiba terdapat sebuah bukit yang berada di arah barat daya yang bisa kamu kunjungi. Mencari toilet ataupun rumah makan juga tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak tersedia toilet, parkir 24 jam bahkan warung makan bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati suasana pantai.

pantai-batu-bengkung-malang-2

photo by fikri.zoel

Lokasi dan Rute Menuju Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang. Tepatnya berada di walayah Malang bagian selatan yang merupakan surga wisata alam berupa pantai. Berangkat dari Malang kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam dengan kendaraan pribadi. Lokasi ini memang lebih mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Belum ada kendaraan umum yang tersedia menuju lokasi pantai.

Arahkan perjalanan menuju Pantai Sendang Biru. Kemudian menuju kawasan Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Pantai Batu Bengkung berada tak jauh sekitar 2 km dari Pantai Bajulmati. Jalur yang terjal dan berliku tentu akan kamu temukan di beberapa titik.

Biaya Retribusi masuk pantai batu bengkung

Harga tiket masuk Rp 7.500 untuk setiap pengunjung

Tiket parkir sepeda motor Rp 5.000

Parkir sepeda motor bagi yang menginap Rp 10.000

Komentar