Bukit Jaddih Bangkalan : Pemandangan Ala Timur Tengah Pesona Lain Dari Madura

keindahan-bukit-jaddih-bangkalan-madura

Apa yang terbesit di pikiran Anda jika seseorang menyebutkan kata “Madura” dihadapan Anda? Tentu selain sate, mungkin Anda juga akan menyebutkan Jembatan Suramadu sebagai ikon Jawa Timur dimana jembatan tersebut menghubungan Surabaya dan Madura melintasi Selat Madura. Selain itu, mungkin Anda teringat dengan nikmatnya bebek sinjai Madura yang khas?

Namun, selain pemikiran – pemikiran di atas, pernakah terpikirkan di benak Anda jika Madura memiliki banyak sekali lokasi wisata yang cukup menarik sebagai salah satu destinasi liburan Anda nanti? Salah satunya adalah lokasi bekas tambang kapur.

Tentu akan sangat sulit jika kita bayangkan bagaimana jika lahan bekas tambang kapur di Madura ini kemudian diolah dan disulap menjadi sebauh destinasi yang layak untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Akhir – akhir ini tempat wisata tersebut menjadi primadona baru dari ikon Madura yang banyak menarik perhatian khalayak ramai terutama untuk kalangan anak muda yang memiliki hobi jalan – jalan atau travelling.

Jika Anda memiliki rencana liburan ke daerah timur Pulau Jawa, tempat ini merupakan rekomendasi utama untuk Anda kunjungi untuk berpiknik ria yaitu Bukit Jaddih yang terletak di daerah Bangkalan Madura. Seperti namanya yang ala Timur Tengah, tempat tersebut merupakan bekas tambang kapur yang disulap menjadi tempat wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi.

Lokasi wisata ala Timur Tengah, Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur. Jarak tempat wisata ini dari pusat utama Kabupaten Bangkalan hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja.

Tempat ini mulai banyak menarik perhatian dari para wisatawan – wisatawan yang haus dan penasaran akan destinasi – destinasi asing, unik dan menarik serta baru ada di Nusantara yang kaya ini. Lokasi wisata ini sedikit mirip dengan wisata lainnya yang ada di Kota Yogyakarta yaitu Tebing Breksi. Namun, tentu setiap lokasi memiliki keunikan dan ceritanya masing – masing.

Di lokasi wisata alam Bukit Jaddih ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan menarik dari bongkahan – bongkahan bahkan guratan – guratan dari kapur putih yang berukuran besar atau raksasa.

Di tebing kapur – tebing kapur ini tentu saja tidak terbentuk secara alamiah namun diakibatkan oleh pahatan perjuangan para penambang kapur putih yang bekerja dan mengais rezeki di Bukit Jaddih ini selama bertahun – tahun lamanya hingga dapat membentuk keelokan sebuah tebing raksasa bahkan bukit yang luar biasa eksotis dan artistik.

Kawasan Bukit Jaddih ini cukup luas dan dihiasi dengan eloknya pemandangan yang alami di sekitar lokasi karena masih terdapat bukit – bukit hijau nan asri dan tentu saja sangat cocok untuk Anda berpiknik sambil bersantai dan berfoto ria disini.

keindahan-bukit-jaddih-bangkalan-madura-1

Pemandangannya yang artistik pun akan sangat menarik untuk berfoto ria dan di unggah ke sosial media – sosial media yang Anda miliki sehingga Anda dapat ikut berpartisipasi dalam menyebarluaskan dan membuat popular tempat wisata alam bekas tambang kapur putih, Bukit Jaddih ini.

Selain menikmati keindahan lokasi wisata, di Bukit Jaddih Anda juga dapat menikmati keindahan dari Pulau Madura secara menyeluruh dari atas puncak Bukit Jaddih. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat bermain dan santai juga menikmati hamparan bukit berwarna hijau yang luas dan asri dari atas Bukit Jaddih ini.

Disini, Anda dapat melepaskan penat dan segala kelelahan dari rutinitas yang ada dengan berpiknik dan bersantai bersama kawan dan keluarga di Bukit Jaddih ini.

Selain keindahan pemandangan bukit, ada lokasi menarik lainnya yang patut Anda kunjungi jika berlibur dan berpiknik ke Bukit Jaddih ini. Di sebelah utara Bukit Jaddih terdapat kolam pemandian yang terbentuk secara alami dan berada tepat di tengah – tengah bukit kapur putih yang mengelilinginya.

Masyarakat sekitar Desa Jaddih ini pada umumnya menyebut lokasi tersebut dengan “Aeng Goweh Pote” yang diambil dari Bahasa Madura yang memiliki arti “Air Gua Putih” karena berada di antara bukit – bukit kapur putih yang mengelilinginya.

Awal mula dari pemandian tersebut atau bisa juga disebut dengan kolam renang itu merupakan sebuah lubang galian tambang kapur putih. Kemudian lubang tersebut mengeluarkan atau memancarkan mata airnya secara alami sehingga pada akhirnya pemerintah daerah Kabupaten Bangkalan melakukan renovasi pada tempat ini dan kemudian menjadikannya sebagai sebuah kolam renang dengan kapasitas cukup besar dan resmi dibuka oleh pemerintah dan masyarakat pada tahun 2014 yang lalu.

Sensasi yang sangat luar biasa menikmati berenang santai di antara bukit – bukit kapur seperti oase di tengah gurun pasir. Cukup membayar Rp. 10.000 saja maka Anda sudah dapat menikmati piknik ala Timur Tengah di Madura ini.

Komentar