Candi Cetho Karanganyar : Mistis Dan Romantisme Di Lereng Gunung Lawu

candi cetho karang anyar by @alfirafitrinurriza

Candi cetho adalah salah satu wisata yang menarik untuk di kunjungi di kabupaten karang anyar. Candi yang berada di lereng gunung lawu ini berada di ketinggian, dengan suasana lembab khas pegunungan, dan keindahan alam khas hutan hujan tropis  di sekitar candi cetho.

Belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan candi cetho ini, mungkin karena kurang promosi dan kalah tenar dengan wisata andalan kabupaten karang anyar yaitu air terjun grojogan sewu. Tetapi candi cetho ini juga memiliki keunikan tersendiri.

candi cetho karanganyar by djoafr_jaf_

Sejarah candi cetho karanganyar

Candi Cetho adalah candi  peninggalan kerajaan beragama Hindu. Bahkan sampai sekarang di waktu-waktu tertentu umat hindu masih sering melakukan aktivitas keagamaan di candi cetho. Jadi jangan kaget kalau di beberapa tempat di sekitar candi cetho ini terdapat sesajen bekas ritual keagamaan.

Candi Cetho ditemukan seorang arkeolog  Belanda yang bernama Van de Vlies sekitar tahun 1842. Pertama kali ditemukan keadaan candi cetho sangat memprihatinkan, hanya terdapat 14 teras dengan kondisi batuan sudah ditutupi oleh lumut.  Pemugaran selanjutnya dilakukan oleh Humardani seorang asisten pribadi Presiden Soeharto pada tahun 1970 .

Berdasarkan penelitian ilmuwan dan arkolog, Candi Cetho diperkirakan dibangun pada 1451-1470 atau saat  Raja Brawijaya V di Majapahit berkuasa Candi cetho di perkirana dibangun untuk ritual tolak bala dan ruawatn karena pada masa tersebut kerajaan majapahit banyak terjadi kerusuhan dan permasalahan kerajaan.

candi cetho karanganyar by genkbegenkbe

Lokasi dan rute menuju candi cetho karanganyar

Candi cetho sendiri berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Candi cetho sendiri berada di lereng gunung lawu dengan posisi 1497 mdpl. Candi ini berada di titik koordinat GPS: 7° 35′ 30.22″ S, +111° 9′ 19.87″ E .

Rute menuju ke candi cetho sendiri sangat mudah. Perjalanan bisa di mulai dari usat kota solo menuju ke kota kabupaten karanganyar. Lalu ikuti saja petunjuk arah untuk menuju ke air terjun grojogan sewu. Tepat sebelum grojogan sewu terdapat papan arah menuju ke candi cetho. Nah tinggal ikuti saja jalan nya sampai menuju ke candi cetho.

Sebelum sampai di candi cetho, para pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan perkebunan teh milik warga setempat. Jika cuaca sedang ceah tidak berkabut, pengunjung akan melihat perkebunan teh yang hijau dan seolah-olah tidak ada batas nya.

cendi cetho karanganyar by thomas_koerniawan

Eksotisme bersanding dengan mistis di candi cetho

Ketika para pengunjung sampai di Candi Cetho akan menemukan sisi romantisme, eksotisme bersanding dengan sisi mistis. Berawal dari  jalan menuju candic etho  saja sudah cukup menarik, dengan pemandangan di dominasi oleh perkebunan terh milik warga sekitar.

Candi cetho yang berada di atsa perbukitan di lereng gunung lawu, Untuk sampai disana adalah sebuah perjuangan, Pastikan bahwa kendaraan pribadi anda dalam keadaan sehat wal afiat. Saat-saat tertentu para penganut agama hindu dan kejawen seing melakukan ritual di tempat ini. Sangat beruntung sekali bagi para pengunjung yang kesana berbarengan dengan ritual keagamaan

candi cetho by rivaand

banyak pelajaran yang bisa kita ambil di candi cetho , Pelajaran tentang kebudayaan, dan tentunya pelajaran tentang menghargai keberadaan berbagai macam agama, termasuk aliran kepercayaan. Karena ketika di kawasan candi di harapkan pengunjung tidak menggangu ibadah atau ritual agama lain.

candi cetho karang anyar by @mukminalkahfi

Komentar