Celebes Canyon : Wisata Alam Terbaru Di Sungai Ule Barru Sulawesi Selatan

celebes canyon kab barru

Celebes canyon, Sebuah wisata alam yang masih sangat alami di Kabupaten barru , Sulawesi selatan.  Wista alam sulawesi selatan ini disebut Celebes Canyon karena hampir mirip dengan wisata Grand Canyon yang berada Di US, karena destinasi baru ini berada di sulawesi selatan maka orang-orang menyebutnya  Celebes Canyon.

Memang wisata alam celebes canyon belum banyak di kenali di sekitarasn sulawesi selatan atau di daerah sekitar kabupaten barru, Hanya beberapa pecinta alam dan para traveller alam yang sudah sering kesini, karena memang wisata alam ini baru di kenal banyak orang beberapa bulan terakhir

Hal yang unik dari dari celebes canyon adalah walaupun musim kemarau tidak kering. Bahkan air celebes canyon cenderung lebih jernih dan segar. Tetapi diharapkan bagi wisatawan yang datang kesini bawa kembali sampahnya, selain karena memang belum tersedia tempat sampah yang memadai, juga untuk menjaga kebersihan sekitr celebes canyon yang benar-benar masih sangat alami.

wisata alam celebes canyon sulawesi selatan (2)

Lokasi dan rute menuju celebes canyon kab. barru, sulawesi selatan

Secara administratif celebes canyon ini berada di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, Provinsi Sulawesi selatan. Tepatnya berada di aliran sungai ule. Sungai ule adalah salah satu sungai yang masih sangat alami dan bersih, jadi jangan heran jika aliran sungai ule yang melewati lokasi wisata canyon celebes ini sangat bersih tanpa polusi.

wisata alam celebes canyon sulawesi selatan

Rute menuju celebes canyon dari kota makassar pun tidak terlalu sulit. Dari kota makassar langsung menuju ke arah kabupaten barru melewati kabupaten maros melewati jln makassar-maros. Setelah berada di kota maros perjalanan dilanjutkan lagi menuju ke kab barru melalui jln pangkajene- barru.

Setelah sampai di kabupaten baaru , perjalanan dilanjutkan menuju ke arah  kecamatan Kecamatan Tanete Riaja, Desa Libureng. Sampai di desa libureng sudah banyak papan petunjuk untuk menuju kewisata alam celebes canyon.

wisata alam celebes canyon sulawesi selatan 3

Fasilitas di celebes canyon

Karena msaih tergolong wisata alam yang baru, Maka di celebes canyon belum tersedia fasilitas yang memadai, disana belum tersedia toilet, warung makan ataupun fasilitas lain yang menunjang kenyamanan para pengunjung. Disana baru disediakan area parkir yang dijaga oleh penduduk setempat

Tetapi Bagi pecinta alam, wisata alam celebes canyon adalah surga, karena disana diperbolehkan untuk mendirikan tenda atau camping, hanya saja , pengelola dan penduduk setempat berpesan agar tidak merusak lokasi wisata celebes canyon dengan coretan-coretan di batu dan membuang sampah sembarangan.

wisata alam celebes canyon sulawesi selatan by ewink_mapparenta

Menikmati segarnya air sungai ule di celebes canyon

Celebes canyon yang berada di aliran sungai ule ini benar-benar memiliki fenomena yang unik sekaligus berbeda dari kebanyakan wisata alam di sulawesi selatan. Setelah sampai di parkiran, pengunjung sejauh mata memandang akan dihadapkan dengan pemandangan hijuah persawahan.

Pengunjung seakan-akan di bawa menikmati pesona persawahan dengan menyusuri jalan-jalan kecil yang masih tanah yang biasanya dipergunakan oleh para petani setempat. Pengunjung harus menyusuri jalan tanah tersebut sekitar kurnang lebih 20 menit sebelum menuju ke wisata alam celebes canyon.

wisata alam celebes canyon sulawesi selatan by hendrapoerwita

Setelah sampai dilokasi, seluruh rasa lelah pengunjung akan terbayarkan dengan pemandangan indah disana, Cobalah untuk sekedar barmain air disana. Air yang masihs angat jernih tanpa polusi dengan pemandangan alam yang indah disekitar celebes canyon

Semoga kedepan pemeritah daerah setempat memperhtikan wisata alam celebes canyon untuk menambah fasilitas disana, Karena wisata alam celebes canyon memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan dan dampaknya adalah peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

Komentar