Coban Sewu Lumajang : Eksotisme Seribu Air Terjun Dalam Satu Tebing

coban sewu lumajang jawa timur

Coban sewu atau dalam bahasa indonesia disebut dengan air terjun seribu memang nama yang sering di gunakan untuk menamai sebuah air terjun. Di jawa tengah sendiri sudah ada beberapa air terjun dengan nama air terjun sewu. Misalnya adalah grojogan sewu karang anyar jawa tengah.

Tetapi berbeda dengan coban sewu lumajang ini, coban sewu memang memiliki air terjun yang banyak dalam satu tebing, walaupun jumlah nya tidak seribu. Jika di lihat sekilas coban sewu lumajang ini karakteristik air terjun nya hampir sama dengan coban sumber pitu di malang.

sebelum menikmati keindahan dan kemegahan coban sewu lumajang, pengunjung harus menelusuri atau tracking melewati sungai-sungai.  memang untuk menikmati keindahan dari air terjun coban seweu ini hanya bisa dilewati dengan menyeberangi dan menelusuri sungai. hampir sama dengan air terjun madakaripura.

Dahulu sebelum air terjun coban sewu banyak di kenal oleh wisatawan. Warga sekitar air terjun coban sewu lumajang memang sengaja untuk tidak mempublikasikan, hal ini  karena ketakutan warga sekitar jika nanti banyak di kunjungi oleh wisatawan lingkungan air terjun menjadi kotor dan tidak terawat.

Hingga pada akhirnya pemerintah daerah lumajang ikut andil dalam mengembangkan dan mengelola wisata air terjun coban sewu lumajang, sehingga warga masyarakat sekitar air terjun coban sewu lumajang  bersemangat untuk mengelola secara swadana air terjun ini. Hingga saat ini air terjun coban sewu lumajang berhasil menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

coban sewu lumajang jawa timur by amaliia22

Wisata Rekomendasi :

Lokasi dan rute air terjun coban sewu lumajang

Secara administratir air terjun coban sewu lumajang ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Lebih tepatnya berada di perbatasan antara kabupaten dan lumajang. Air terjun ini berada di kaki gunung semeru. masih berada dalam kompleks taman nasional gunung tengger bromo semeru.

Rute menuju ke air terjun Coban Sewu Lumajang cukup mudah , perjalanan bisa dimulai dari  tugu perbatasan di Lumajang, nanti saat sampai di di tugu perbatasan antara Lumajang dan Malang, sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada jalan menurun yang berada di kiri jalan,lurus saja hingga nanti bertemu dengan sebuah sungai.

jika pengunjung datang menggunakan sepeda motor, di sekitar itu telah disediakan sebuah tempat parkirbekas penambangan pasir. Perjalanan masih di lanjutkan perjalanan dengan tracking melewati sungai kurang lebih sejauh 400 meter .  Untuk turun menuju ke air terjun pengunjung harus berhati hati. karena karakter tebing yang licin

Untuk menikmati keindahan air terjun coban sewu pengujung akan melewati goa tetes. Goa tetes adalah sebuah goa yang berada di atas air terjun coban sewu.

coban sewu lumajang jawa timur. by hyde.vamps

Persiapan menuju coban sewu lumajang

Untuk menikmati keindahan coban sewu bukan perkara mudah. Terlebih perjalanan tidak begitu mulus dengan beberapa jalan raya yang berlubang. Hingga sampai di tempat parkir pengujung harus tracking menyusuri sungai  dan melawan arus.

Bagi pengujung yang akan kesana pastikan fisik dalam kondisi prima. Di harapkan membawa obat-obatan pribadi . Untuk masalah makanan di lokasi air terjun coban sewu lumajang sudah ada beberapa penjual makanan dan minuman ringan,  Untuk mnambah stamina di harapkan pengujung membawa bekal secukupnya.

yak finally, air terjun coban sewu lumajang ini rekomended banget untuk di jadikan target explore mu. Mash sepi tetapi memiliki eksotisme dan keindahan yang luar biasa. Apalagi dengan kondisi alam yang berada  di kaki gunung semeru, akan menambah ke eksotisan surga tersembunyi di jawa timur ini.

Komentar