Curug Cikanteh Sukabumi : Pesona Air Terjun Bertingkat 3

curug cikanteh, curug sodong sukabumi by kampunginter26

Sambil menyelam minum air dapet ikan lagi, Satu kali jalan dapet 3 curug sekaligus. Mungkin itu gambaran ketika mengunjungi curug cikanteh. Sebuah air terjun yang berada di wilayah ciemas, sukabumi jawabarat yang memiliki tiga tingkatan air terjun.

Ketiga air terjun tersebut memiliki nama yang berbeda, tingkatan paling atas masyarakat sekitar memberi nama curug cikanteh, lalu yang kedua adalah curug ngelai dan yang terakhir atau air terjun paling bawah adalah curug sodong. Hanya saja bagi masyarakat wilayah sukabumi dan jawa barat lebih sering curug cikanteh untuk menyebut ke 3 air terjun tersebut.

curug cikanteh, curug sodong sukabumi by nha_rn

Sebenarnya keberadaan curug cikanteh sudah tidak asing lagi bagi para pecinta wisata alam di jawa barat karena memang sejak dulu daerah ciemas sudah di gunakan sebagai lahan penelitian geologi. Hanya menyampaikan ini aja nih, kalau daerah ciemas adalah salah satu wilayah Geopark yang berada di jawa barat.

Nah letak geopark ini berada di  Ciletuh , disini terdapat contoh  jenis batu yang berumur ribuan bahkan jutaan tahun. Nah dengan adanya geopark dengan bebatuan langka inilah yang menarik. Masih ingat dengan booming batu akik beberapa bulan lalu? nah di sini batuan akik yang unik dan langka banyak ditemukan.

Rekomendasi Wisata :

Lokasi lengkap dan rute menuju curug cikanteh sukabumi

Secara administratif curug cikanteh berada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Untuk lokasinya sendiri memang berada di pedesaan dengan jalan khas pedesaan dan tentunya pemandangan kanan kiri yang di dominasi sawah dan hutan yang masih hijau alami.

Rute menuju ke curug cikanteh sendiri cukup mudah. Dari kota bandung atau jakarta  langsung menuju ke kabupaten sukabumi. Setelah sampai di di pusat kota sukabumi langsung menuju ke kecamatan ciemas via cimanggu dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Lalu dari pusat kecamatan ciemas masih di lanjutkan menuju ke dusun cikanteh dengan total perjalanan sekitar 1 jam.

curug cikanteh, curug sodong sukabumi by chepybennington

Perlu diperhatikan bahwa jalan akses dari kecamatan ciemas menuju ke cikanteh perjalanan didominasi jalan beraspal yang agak sempit . Jadi persiapkan fisik dan stamina anda. Yang paling penting adalah performa kendaraan yang akan di pakai. Curug cikanteh berada di titik koordinat atau GPS -7.184464, 106.498001

Setelah sampai di wilayah cikanteh sudah banyak papan petunjuk arah untuk menuju ke curug cikanteh. Dari kejauhan juga curug cikanteh ini sudah terlihat dengan jelas. Bahkan jika debit air sedang besar, suara gemerciknya terdengar dari kejauhan.

Air Terjun cikanteh sukabumi sebenarnya adalah wisata alam di jawa barat yang sangat mudah di akses . Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan pas di depan air terjun paling bawah atau curug sodong. Dari tempat parkir kendaraan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit tracking untuk menuju ke air terjun atau curug sodong.

curug cikanteh, curug sodong sukabumi by yonadan44

Pengelolaan air terjun cikanteh ini masih di kelola oleh penduduk setempat, tetapi karena di kelola sendiri penduduk setempat malah menjadikan air terjun ini sangat bersihd ari sampah yang berserakan. Bahkan karena
lingkungan yang bersih , curug cikanteh  sering dipergunakan oleh mahasiswa dan para pecinta alam untuk bercamping.

Hanya saja yang perlu diperhatikan, walaupun air terjun ini memiliki air yang bersih, tetap harus berhati-hati ketika akan mandi di air terjun ini. Karena air terjun cikanteh memiliki dasar air terjun yang curam dan banyak bebatuan.

Komentar