Curug Jenggala Kalipagu : Surga Yang Tersembunyi Di Banyumas

curug-jenggala-kalipagu-1

Kota Banyumas di Jawa tengah ternyata memiliki banyak sekali surga tersembunyi yang jarang di eksplorasi oleh para traveller. Di daerah banyumas yang paling terkenal adalah wisata baturaden. Tetapi siapa sangka ternyata masih di wilayah baturaden terdapat beberapa surga tersembunyi. Salah satu yang sedang menjadi viral adalah curug jenggala

Curug jenggala, Sebuah air terjun di daerah baturaden  yang baru-baru ini menjadi wisata hits bagi para remaja di kota banyumas lantaran viral di beberapa social media seperti facebook , instagram dan twitter.

Pada awalnya curug jenggala diberi nama curug tempuan. Diberi nama seperti itu karena curug jenggala merupakan hasil pertemuan beberapa sungai.  Setelah kesadaran masyarakat akan akan potensi wisata curug tersebut, melalui musyawarah mufakat desa akhirnya nama air terjun itu di beri nama curug jenggala.

Dengan swadaya masyarakat dan pemerintah setempat, Akhirnya curug atau air terjun yang masih termasuk baru ini, mulai dibenahi dengan memperbaiki akses masuk menuju air terjun dan penambahan beberapa fasilitas umum untuk para wisatawan.

curug-jenggala-kalipagu-2-by-bennysugiartoekowardojo

photo by :  @bennysugiartoekowardojo

Lokasi dan Rute Menuju ke Curug Jenggala Kalipagu

Secara administratif curug jenggala berada di daerah Dusun kalipagu, di desa Ketenger Kecamatan Baturaden. Lokasi curug jenggala masih berada didalam lahan milikPerhutani KPH Banyumas Timur.

Lokasi wisata curug jenggala pun tidak terlalu sulit untuk diakses. Jika anda pernah berwisata ke baturaden. Nah curug jenggala masih berada di satu wilayah baturaden. Disana pengunjung bisa bertanya rute untuk menuju ke curug jenggala.

Rute menuju ke air terjun jenggalapun tidak terlalu sulit. dari kota purwokerto untuk menuju ke  kalipagu anda bisa melewati rute untuk menuju ke kompleks wisata baturaden. Setelah sampai di baturaden perjalanan diteruskan menuju ke arah curug bayan atau curug gede gede.

Di sisi sebuah homestay  yang berada tidak jauh dari curug bayan terdapat satu jalan yang agak menanjak menuju ke arah  kalipagu. Lalu pengunjung akan meleati sebuah portal yang disulap menjadi semacam portal retribusi wisata. Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 rupiah per orang.

Setelah menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga, pengunjung masih harus tracking lagi melewati jalur menuju ke curug jenggala sekitar 30 menit perjalanan kaki. Jalur ini sendiri masih berupa tanah liat, jadi disarankan hati-hati karena jalan akan sangat licin ketika habis hujan.

Walaupun perjalanan hanya sekitar 30 menit atau sekitar 400-500 meter dengan tracking sedang. akan tetapi pengunjung disarankan untuk membawa bekal makan dan minum, Karena sampai artikel ini ditulis. Jumlah pedagang di curug jenggala masihs angat sedikit.

curug-jenggala-kalipagu

Fasilitas di curug jenggala Kalipagu

Karena airterjun atau curug jenggala masih termasuk air terjun yang masih baru dan masih dalam proses pengembangan maka beberapa fasilitas utama telah tersedia dengan kondisi yang minimalis, seperti toilet dan tempat ganti baju, sudah tersedia akan tetapi harus antri ketika musim liburan

Nah yang paling ngehits dari curug jenggala adalah sebuah deck kayu berbentuk hati yang berada di pas depan air terjun tersebut. Lokasi dek kayu tu sangat cocok untuk spot penggambilan foto atau untuk selfie.

Selain itu, Curug jenggala masih memiliki pemandangan yang alami, dengan pohon-pohon yang masih rindang Yang menambah suasana romantis di sekitar curug jenggala. Curug jenggala sendiri ada 3 air terjun yang berjejer melebar.

Bagi kalian para traveller dan pecinta wisata alam di sekitar banyumas dan purwokerto, Explore lebih jauh keindahan curug jenggala dan beberapa curug lain disekitar curug jenggala. Dan tentunya dengan tetap mencintai alam.

curug-jenggala-kalipagu-3

Komentar