Curug Nangka Bogor : Menikmati Keindahan Dan Kesejukan Wisata Alam Bogor

wisata-alam-di-bogor-curug-nangka

Bogor sampai sekarang masih menjadi salah satu tujuan wisata akhir pekan bagi kota-kota besar disekitarnya. Ketika weekend atau musim liburan, dapat dipastikan bahwa wisata-wisata di kota bogor akan dipenuhi oleh kendaraan ber plat B.

Curug Nangka bogor adalah sebuah kdestiasi tujuan wisata alam di bogor yang berada di wilayah ciapus, Bogor, Jawa Barat. Curug nangka sendiri berada di bawah pengelolaan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kab Bogor.  salah satu yang paling menarik dari air terjun curug nangka yaitu, curug ini memiliki 3 tingkatan sekaligus. Masing-masing tingkatan memiliki tinggi yang berbeda antara 10-30 meter.

Selain itu di sekitar curug nangka bogor, masih ada 2 curug lain yaitu curug daun dan curug kawung. Lokasi ke 2 curug itu sendiri tidak terlalu jauh dari curug nangka bogor. Sehingga pengunjung yang ingin menikmati keindahan curug daun dan kawung cukup berjalan kaki melewati jalur tracking yang sudah disediakan.

Selain air terjun dengan debit air sedang dan jernih, curug nangka juga memiliki pemandangan alam yang begitu indah, pohon-pohon khas hutan hujan tropis terawat dengan baik. Jika beruntung, pengunjung sesekali akan menemukan kera-kera liar yang memang berhabitat di hutan sekitar curug nangka.

wisata-alam-di-bogor-curug-nangka1

Wisata Rekomendasi :

Lokasi dan rute menuju curug nangka Bogor

Secara administratif curug lokasi wisata alam curug nangka bogor berada di desa Sukajadi,  kecamatan Tamansari, kabupaten Bogor, Jawa Barat . Secara geografis curug nangka berada di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 meter diatas permukaan laut. Dalam kondisi nirmal suhu udara di curug nangka berkisar antara 20-22 derajat celcius.

Rute menuju curug nangka bogor sendiri termasuk mudah . dari kota jakarta langsung menuju ke istana bogor. Dari istana bogor perjalanan dilanjutkan menuju ke ciapus. nah nati setelah sampai di ciapus akan banyak ditemukan papan petunjuk arah untuk menuju ke curug nangka.

Fasilitas di curug nangka bogor

Walaupun memiliki pemandangan yang indah, jika sebuah tempat wisata tidak menyediakan fasilitas bagi pengunjung tentunya akan membuat pengunjung tidak betah berlama-lama. Itulah salah satu alasan yang membuat pengelola curug nangka selalu berbenah.

Sampai saat ini pengelola wisata curug nangka selalu memperbaiki fasilitas yang rusak dan juga menambah fasilitas yang belum ada. Misalnya selain air terjun, pengelola juga menyediakan taman untuk sekedar beristirahat.

Disekitar curug nangka pengelola juga menyediakan beberapa warung makan dengan sajian kuliner khas bogor. Toilet dan musholapun telah tersedia yang terawat dengan baik. Hanya saja untuk fasilitas tracking menuju ke curug nangka, curug daun dan curug kawung jalur tracking sedikit agak rusak.

Komentar