Danau Batur Bali: Eksotisme Danau Terindah Di Pulau Dewata

danau batur bali1

Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Danau Batur ini dikelilingi oleh pegunungan dan pepohonan rindang yang memberikan banyak kesejukan. Melalui jalur Desa Penelokan, Wisatawan akan disuguhkan keindahan secara keseluruhan Danau Batur yang letaknya lebih rendah dari lokasi desa. Danau Batur ini dapat Anda kelilingi dengan menggunakan sampan atau perahu yang disediakan oleh warga. Anda juga dapat memancing di danau ini dan membeli perlengkapannya disana.

Cantiknya Danau Batur Bali

Danau ini menjadi danau terbesar yang ada di Pulau Dewata. Danau ini bentuknya mirip bulan sabit dengan panjang mencapai 7 km dan lebar 2,5 km. Danau Batur ini memiliki luas permukaan air sekitar 16 km2 dan kedalaman sekitar 65 meter yang letaknya tepat berada di lereng Gunung Batur yang berketinggian sekitar 1.050 mdpl.

Danau Batur ini terbentuk karena letusan gunung tersebut ribuan tahun yang lalu. Gunung Batur masih aktif hingga kini dan sempat meletus pada tahun 1917. Namun, Anda sebagai wisatawan yang ingin berkunjung ke danau atau gunung Batur tidak perlu risau karena gunung Batur masih dalam keadaan tenang.

danau batur bali

Danau Batur ini memiliki warna air yang dapat berubah-ubah dimana dipengaruhi oleh senyawa belerang yang terdapat pada dasar danau sehingga terkadang danau terlihat kebiruan lalu dapat berubah menjadi hijau kekuning-kuningan. Danau Batur ini tergolong dingin yaitu memiliki suhu yang berkisar antara 220C – 260C sehingga disarankan untuk Anda membawa jaket.

Keunikan Danau Batur ini menarik  organisasi internasional yaitu UNESCO yang ingin menetapkan kawasan Danau Batur sebagai Global Geopark Network atau Taman Bumi Dunia. Jadi, wisatawan yang datang bisa mempelajari batuan endemik serta semua hal yang berkaitan dengan geopark di Danau Batur ini.

Menikmati keindahan Danau Batur Kintamani bisa Anda lihat dari atas. Ada banyak hotel dan restoran  yang menyediakan tempat dimana Anda dapat menyaksikan Danau Batur dari sisi yang tak biasa.

Selain pemanfaatan sebagai objek wisata, Danau Batur dilestarikan sebagai sumber kekayaan hayati baik biota darat maupun air. Ada berbagai macam ikan yang terdapat  di biota air Danau Batur ini. Di sebelah barat danau terdapat desa tertua di Bali yaitu Desa Trunyan. Desa Trunyan ini dikenal dengan keunikannya dalam ritual adat  pemakaman orang yang telah meninggal.

Lokasi dan Rute Danau Batur Kintamani

Danau Batur ini berlokasi di daerah Kintamani. Jika Anda berada di Pusat Kota Singaraja, menuju Danau Batur ini Anda akan melewati jalan Gunung Batur melalui Desa Kubutambahan. Dari Singaraja, Anda akan menempu perjalanan sekitar 1,5 jam dan jarak tempuh sekitar 58 kilometer. Namun jika Anda berangkat dari Kota Denpasar, Anda akan menempuh jarak 64 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

danau batur bali2

Biaya dan Tarif di danau batur bali

Untuk menikmati keindahan Danua Batur seperti di Batur Natural Hot Spring, Anda hanya perlu membayar Rp. 60.000 per orang, Anda sudah dapat merasakan hangatnya air kolam sambil menikmati kawasan Danau Batur dan Gunung Batur. Namun jika Anda hanya ingin bersantai tanpa harus berenang di kolam, Anda hanya perlu membayar Rp. 15.000 per orang saja.

Danau Batur selalu memiliki sisi yang dapat Anda eksplorasi dari sisi yang tak biasa. Keindahan warna dan keasriannya membuat Anda tidak boleh melewatkannya sebagai salah satu daftar tempat liburan Anda di Pulau Dewata.

Komentar