Danau Quarry : Pesona Lain Dari Kota Hujan Bogor

danau-quarry

Lokasi – lokasi wisata alam yang berada di daerah Bogor dan sekitarnya tentu tidak aka nada habisnya untuk Anda jelajahi. Bogor harus menjadi salah satu destinasi wilayah untuk berlibur Anda karena banyaknya wisata yang dapat Anda kunjungi untuk berpiknik disini.

Setiap masa liburan datang, Bogor akan padat oleh para wisatawan terutama yang berasal dari ibukota Jakarta. Kawasan – kawasan wisata populer yang terdapat di Kota Bogor seperti Megamendung dan Taman Nasional Gede Pangrango menjadi pusat wisata berbagai macam wisatawan lokal dan manca negara.

Salah satu lokasi wisata yang sedang naik daun beberapa waktu terakhir ini adalah Danau Quarry. Danau Quarry merupakan danau air tawar yang terbentuk akibat bekas lahan tambang batu di daerah Nunggaherang, Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Lokasi wisata ini pada mulanya terkenal sejak mulai menyebarnya foto – foto menarik di berbagai sosial media dari para pegunggahnya yang mengunjungi Danau Quarry. Walaupun sudah lama terlantar tanpa adanya pengelolaan, Danau Quarry menyimpan kelestariannya sendiri.

Jika Anda ingin mencapai lokasi wisata ini, Anda dapat melewati Pasar Parung atau bisa juga melalui Pertigaan Semplak Bogor. Lalu, Anda akan arahkan menuju Parung Panjang atau Rumpin. Anda bisa mengakses lokasi dengan menggunakaan kendaraan bermotor atau mobil.

Namun, jalanan menuju lokasi yang masih kurang terfasilitasi dan juga terjal akan memaksa Anda untuk lebih berhati – hati untuk melewati jalur ini. Apalagi ditambah oleh banyaknya kendaraan muatan besar yang berlalu lalang untuk mengangkut pasir dan batu melintasi jalur yang sama dikarenakan tambang batu ini masih aktif.

Berbeda dengan lokasi wisata lainnya yang pada umumnya alih fungsi lahan tambang menjadi lokasi wisata adalah ketika kegiatan pertambangan sudah tidak beroperasi kembali.

Danau air tawar atau disebut dengan Danau Quarry ini merupakan daerah bekas tambang batu yang dahulu telah dikelola oleh PT. Jayamix Readymix dengan tujuan untuk pembuatan beton. Akan tetapi, lokasi ini sudah dalam waktu yang lama tidak lagi digunakan.

Hal itu dikarenakan getaran yang dihasilkan ketika melakukan proses penambangan terlalu tinggi bahkan mengganggu aktivitas masyarakat rumah tangga dari warga sekitar lokasi tambang. Karena lokasi tersebut sudah tidak lagi beroperasi sebagaimana mestinya, akhirnya lokasi tersebut terisi penuh oleh rintik – rintik air hujan yang pada akumulasinya menghasilkan sebuah genangan air yang begitu luas dan berwarna hijau menutupi lahan bekas tambang batu disana dan berbentuk seperti danau. Kemudian diberi nama oleh warga sekitar dengan nama Danau Quarry.

Warna air dari Danau Quarry yang hijau ini dilengkapi dengan tebing – tebing yang cukup tinggi bekas tambang batu akan menambah keindahan dari danau yang sudah berusia puluhan tahun ini. Namun, aktivitas di danau ini tidak diperbolehkan untuk berenang dan menaiki tebing – tebingnya. Hal tersebut dikarenakan, danau air tawar Quarry ini sangat dalam juga tebing – tebing disekitarnya rawan longsor sehingga tidak akan sanggup untuk menahan beban.

Pengelolaan dari lokasi wisata Danau Quarry itu sendiri saat ini dilakukan oleh masyarakat sekitar terutama oleh organisasi kepemudaan atau Karang Taruna Kampung Nunggaherang, Bogor. Jumlah biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati kawasan danau buatan ini hanya dikenakan harga sebesar Rp. 2.000 per orang dan ditambah degan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 10.000.

Kondisi fasilitas wisata masih minim dikarenakan masih kurang memadai dan kurangnya dukungan dari berbagai pihak untuk pengembangan kawasan wisata Danau Quarry ini.

Akibat jumlah pengunjung yang terus meningkat hingga hari ini, akhirnya masyarakat secara gotong royong mulai memperbaiki fasilitas – fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang  berkunjung ke Danau Quarry ini. Seperti pengelolaan lahan parkir yang lebih aman dan nyaman, jadwal jaga, serta pendirian warung – warung sederhana di sekitar lokasi wisata untuk menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjung yang datang.

Selain itu, pengembangan lainnya juga terlihat dari adanya kursi bambu di daerah tepi danau yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk duduk – duduk santai sambil berpiknik dan menikmati pemandangan alam yang asri di Danau Quarry.

Tempat wisata Danau Quarry ini terbilang baru sehingga sangat wajar jika masih belum terdapat banyak petunjuk jalan menuju lokasi wisata Danau Quarry ini. Akses lokasi menuju danau ini dapat dikatakan sedikit rumit jika pengunjung bukanlah warga daerah sekitar.

Namun, Anda dapat menanyakan akses lokasi kepada penduduk sekitar karena itu merupakan cara alternatif utama yang dapat Anda lakukan. Pilihan lainnya yang dapat Anda lakukan adalah pergi bersama dengan teman yang sudah pernah pergi ke Danau Quarry agar Anda bisa sampai dan menikmati liburan Anda di Danau Quarry.

Komentar