Dusun Bambu Lembang : Wisata Keluarga Dengan Nuansa Pedesaan

pemandangan-dusun-bambu-lembang

Obyek wisata dimana didalamnya terdapat kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan seluruh keluarga sekaligus dari orang tua, anak-anak hingga remaja masih terbilang jarang.

Apalagi ditambah jika tempat tersebut sekaligus bisa menjadi tempat yang nyaman untuk refreshing dan dikelola dengan baik serta cukup eksklusif. Jika Anda dan keluarga membutuhkan semua itu, silahkan Anda datang ke Dusun Bambu di Lembang, Bandung atau disebut juga Dusun Bambu Family Leisure Park.

Dusun Bambu merupakan sebuah kawasan wisata luas  dengan konsep alam yang terletak tepat di kaki gunung Burangrang, Lembang. Kawasan ini merupakan bentuk konservasi bambu dengan menggunakan konsep 6E, yaitu Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika dan Estetika.

Melalui dasar 6E tersebut Dusun Bambu ini bermaksud menjadi ekowanawisata pertama Di kawasan ini tersedia beberapa area khusus untuk bermain, untuk berkemah selain juga tersedia restoran dengan tema unik, villa dan tempat berbelanja makanan, buah dan sayuran bernama Pasar Katulistiwa.

Satu tiket masuk di kawasan ini bisa mendapatkan 1 botol air mineral, sementara untuk 2 tiket mendapatkan bibit tanaman. Saat memasuki gerbang utama, pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dari luar.

Jadi, jika Anda merindukan suasana pedesaan dan Anda ingin anak-anak Anda lebih mengenal suasana pedesaan dan di edukasi untuk mengetahui lebih dalam bercocok tanam dan menghargai alam di sekitarnya, namun sekaligus menikmati pelayanan yang prima, Anda perlu memilih lokasi ini untuk berlibur bersama keluarga.

Juga bagi Anda yang ingin berwisata hemat, ingin menikmati alam pedesaan tetapi tidak mau direpotkan dengan akses jalan yang sulit, ketidak nyamanan, ketidak amanan, atau enggan mencari lokasi yang terlampau jauh dari kota, lokasi wisata ini juga merupakan lokasi yang sempurna.

pemandangan-dusun-bambu-lembang1

Lokasi dan rute menuju dusun bambu lembang

Dusun Bambu berada di Jalan Kolonel Masturi KM11, Cisarua, Bandung Barat. Dari Bandung, silahkan ambil jalan Sersan Bajuri yang berada di seberang terminal Ledeng, ikuti jalan ini sampai melewati Vila Istana Bunga terus lanjut sampai melewati Curug Cimahi.

Dari sini, 300 meter kemudian di sebelah kanan terdapat jalan masuk dengan gapura bertuliskan ‘Komando’. Anda masuk ke jalan ini, dan kira-kira 500 meter kemudian Anda akan menemukan pintu gerbang masuk ke Dusun Bambu.

Tarif dan Biaya di dusun bambu lembang

Harga Tiket Masuk ke wilayah Dusun Bambu adalah Rp.15.000,00 per orang, dan untuk biaya parkir mobil dan motor adalah Rp.15.000,00 untuk satu mobil, Rp.10.000,00 untuk satu motor. Biaya lain menyesuaikan harga yang ditetapkan oleh pihak restoran dan penginapan.

Kegiatan yang bisa di lakukan di dusun bambu lembang

Banyak hal yang dapat kita lakukan disini, diantaranya :

Café Burangrang : Anda dapat menikmati makanan dan minuman disana, sambil menikmati suasana saung Purbasari dan naik Sampan Sangkuriang. Saung Purbasari yang unik inilah  yang seringkali dijadikan obyek foto, termasuk untuk mempromosikan Dusun Bambu

Restoran Lutung Kasarung : Jika ingin merasakan makan di tempat yang lebih unik, silahkan datang ke tempat makan ini, karena ruang makan nya yang dibentuk seperti sarang burung yang seolah melayang diudara seperti sedang menaiki cable car.

Belanja di Pasar Katulistiwa : semacam toko serba ada yang unik penataan ruang nya. Disini Anda dapat membeli cindera mata, sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan.

Tegal Pangulian : Taman bermain, dimana semua instrumen permainannya terbuat dari alam. Untuk event tertentu, terdapat permainan tradisional seperti bakiak, enggrang dan  kuda lumping diadakan disini. Di sini juga terdapat arena bermain anak bernama Rabbit Wonderland, dan beberapa arena permainan untuk dewasa seperti arena memanah, menembak menggunakan air soft gun, arena lempar pisau, dsb.

Bersepeda : Terdapat track untuk bersepeda untuk hari Jumát-Minggu. Silahkan menghubungi pihak Dusun Bambu untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai kegiatan bersepeda ini.

Kampung Layung : Salah satu penginapan di Dusun Bambu yang memiliki fasilitas bintang 5 tetapi dengan nuansa tradisional dengan pemandangan pedesaan.

Eagle Camp : Tempat berkemah eksklusif di Dusun Bambu. Fasilitasnya lengkap dari mulai ranjang, tempat untuk barbeque, dan air panas untuk mandi.

Arimbi Garden/Arimbi Flower Garden : Anda bisa bersantai dan berfoto sambil menikmati keindahan bunga.

Balad Lodaya  : Lokasi ala pedesaan di seputar Dusun Bambu, dimana kita bisa berkeliling dan bersantai disini. Disini juga diadakan kegiatan yang bersifat edukatif untuk anak-anak, seperti misalnya pengajaran cara bercocok tanam dan  pengetahuan terhadap produk pertanian. Disini juga terdapat lahan yang ditanami padi. Jika musim panen tiba, maka pengunjung bisa turut serta memanen bersama para petani.

pemandangan-dusun-bambu-lembang2

Fasilitas di dusun bambu lembang

Lahan parkir, toilet,  rumah makan, penginapan, toko serba ada Pasar Katulistiwa, arena bermain, taman bunga, kendaraan yang mengantar Anda ke lokasi yang Anda inginkan di Dusun Bambu yang disebut kendaraan Ontang Anting

Jam Buka dusun bambu lembang

Jam buka Dusun Bambu ini adalah setiap hari mulai pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 21.00 WIB

Komentar