Eksotisme Danau Linting Deli Serdang : Danau Dengan Air Yang Selalu Berubah

pesona-danau-linting-deli-serdang-sumatra-utara1

Sumatra Utara, Selain terkenal dengan danau Tobanya, mash ada lagi beberapa wisata alam tersembunyi yang patutu kita explorasi. Salahs atu yang akan kita ulas adalah Danau Linting Deli serdang, Sebuah danau yang terbentuk dari proses geologi gunung berapi.

Danau linting Deli Serdang, memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan danau-danau lain di indonesia. Danau linting memiliki warna air yang selalu berubah-ubah dan tidak bisa di prediksi

Misalnya terkadang air danau akan terlihat biru jernih, lalu lambat laun berubah menjadi biru pekat, lalu berubah lagi menjadi hijau. Pernah melihat batu akik bacan doko atau palamea? nah warna air dari danau linting hampir sama dengan warna batu akik fenomenal tersebut.

Karena danau linting adalah danau yang dahulunya adalah kawah, maka air di danau linting  pun akan terasa hangat dengan temperatur sekitar 30 derajat. cuku hangat juga, tetapi yang menjadi masalah adalah sampai sekarang tidak pernah ada yang tau  kedalaman danau linting yang asli.

Pernah beberapa waktu yang lalu ada beberapa peneliti geologi dari luar negeri yang mencoba memasukan benda berat yang di tali lalu di masukan ke dalam danau ternyata walaupun sudah memasukan lebih dai 300 meter belum ada tanda-tanda menyentuh dasar danau.

Dengan warnanya yang jernih dan biru agak kehijauan, membuat pengunjung tertarik untuk mandi di dalam kawah, hanya saja pengelola seringkali mengingatkan agar pengunjung mandi di pinggir danau saja, karena memang danau linting ini memiliki kedalaman yang sangat dalam sekali.

Di sekitar danau linting deli serdang, terdapat pula 2 buah goa yaitu goa emas dan goa perak. Di goa emang itu sendiri di dinding goa banyak sekali di temukan bijih emas. tetapi jangan coba-coba berani mengambil bijih emad di doa ini, kono katanya ada penjaganya. Bahkan warga sekitar goa pun tak pernah ada yang berani mengambil contoh bijih emas dari goa emas.

Lokasi dan rute menuju ke danau linting Deli Serdang

Secara administratif danau linting berada di wilayah 3 desa sekaligus, yaiut desa sibunga-bunga, lalu desa gunung manumpak dan desa durian IV mbelang, kecamatan sinembah tanjung muda, kabupaten deli serdang.

Danau linting sendiri berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota medan, atau 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Jika pengunjung akan menggunakan kendaraan pribadi maka waktu tempuh menuju danau linting deli serdan akan sedikit lebih lama

pesona-danau-linting-deli-serdang-sumatra-utara

Fasilitas di danau linting Deli Serdang

Secara umum fasilitas di wisata alam danau linting cukup lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi, mushola dan tentunya adalah warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Hanya saja untuk fasilitas penginapan atau hotel memang tidak ada, karena memang wisata danau linting lokasi wisatanya yang agak jauhd ari keramaian dand engan area yang belum terlalu luas.

Bagaimana? tertarik mengunjung danau linting di deli serdang ini? yang perlu di perhatikan adalah kewaspadaan penuh, apalagi bagi orang tua yang membawa anak-anak. Pastikan danau linting masuk dalam agenda piknik asik keluarga anda.

Komentar