Gili Air Lombok : Menikmati Pesona Bawah Laut Di Gili Air

gili-air-lombok1

Lombok memiliki sejuta pesona wisata yang patut ditelusuri. Tiga lokasi gili yang berada dalam satu gugusan pulau yang saling berdampingan yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan pastinya sudah tidak asing lagi.

Terutama Gili Trawangan yang kerap menjadi jujukan banyak wisatawan untuk berwisata. Namun, bila ingin mencari kedamaian dan menikmati suasana keindahan pantai yang lebih tenang serta kehidupan malam, Gili Air bisa menjadi pilihan menarik buat kamu.

Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan daratan serta memiliki jumlah  penduduknya yang lebih banyak daripada gili lainnya. Memadukan unsur keramaian malam sekaligus kenyaman istirahat bisa didapatkan di sini. Ya, Gili Air merupakan perpaduan antara Gili Meno dan Gili Trawangan.

Di bagian timur pulau kamu akan menemukan keramaian pada deretan bar. Sedangkan di bagian barat pemandangan pantai yang indah akan kamu temukan di sini. Salah satu aktivitas yang paling banyak digemari yaitu snorkling dan diving.

gili-air-lombok

Terdapat spot-spot menarik seperti Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh dan Malang Reef di Gili Air yang menawarkan keindahan bawah laut luar biasa. Menemukan  berbagai terumbu karang cantik, menyaksikan berbagai jenis ikan berenang di sekitar dan bila beruntung kamu akan menemukan kura-kura di sini.

Gili Air masih banyak menyisakan spot menarik untuk berenang dengan airnya yang bersih dan jernih. Berenang di Gili Air tentunya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Saat asyik berenang jangan lupa juga untuk memperhatikan batas area yang diperbolehkan untuk berenang. Semakin jauh kontur dasar laut akan semakin menurun dan tentu saja membahayakan.

Sekali waktu cobalah untuk menikmati jalan-jalan santai di sekitar gili pada pagi atau sore hari. Menikmati hamparan pasir putih pantai dengan sentuhan air laut yang bisa ditutup dengan menyaksikan sunset. Bila lelah bisa menyaksikan keindahan pantai dengan duduk di akar pohon bakau yang menjuntai ke laut.

Kendaraan bermotor dilarang di sini sehingga kamu bisa menikmati suasan gili yang tenang dengan udara yang bersih bebas polusi. Perjalanan mengitari daerah Gili Air bisa dilakukan dengan bersepeda. Banyak persewaan sepeda di sekitar Gili yang bisa disewa untuk menikmati suasana pulau sekaligus bertemu penduduk sekitar yang ramah.

Bisa juga dengan naik cidomo atau kereta kuda seperti yang dilakukan penduduk setempat selama setengah jam. Pengalaman naik kendaraan khas daerah Lombok dan Kepulauan Gili ini tentunya tidak didapatkan di daerah lain. Keindahan pantai sakaligus underwater adalah hal utama yang menjadi ketertarikan mengunjungi Gili Air.

gili-air-lombok3

Lokasi dan Akses Menuju Gili Air Lombok

Lokasi Gili Air terdapat di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan ke Lombok akan lebih mudah bila ditempuh melalui jalur udara. Banyak penerbangan ke Lombok yang masuk melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

Dari bandara lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara dengan taksi atau menyewa mobil. Perjalanan dari bandara ke Pelabuhan Bangsal akan ditempuh selama 50 menit. Bisa juga menggunakan DAMRI ke Senggigi kemudian berlanjut menggunakan taksi ke Pelabuhan Bangsal. Agar lebih mudah bisa memilih Teluk Nara karena perjalanan dari tempat parkir ke speedboat cukup dekat.

Bila berhenti di Pelabuhan Bangsal kamu harus berjalan kaki atau naik cidomo sekitar 200-300 meter untuk sampai di dermaga. Dari sana banyak perahu atau speedboat yang bisa dipilih menuju Gili Air.

Perjalanan menggunakan kapal kayu akan ditempuh selama 20-30 menit, sedangkan naik speedboat bisa ditempuh selama 10 menit. Harga tiket menuju Gili Air menggunakan kapal kayu yaitu Rp 15.000 per orang. Bila ingin menggunakan kapal cepat kamu perlu menyediakan uang sebesar Rp 85.000 per orang. Bila datang bersama rombongan sebaiknya pilih kapal cepat dengan harga yang bisa dinegosiasikan.

gili-air-lombok2

Fasilitas yang Tersedia di Gili Air Lombok

Meskipun tidak seramai Gili Trawangan namun fasilitas di Gili Air sudah cukup lengkap. Mulai dari restoran, hotel maupun bar juga tersedia di sini. Untuk penginapan tarifnya bervariasi mulai dari harga murah untuk backpacker, hotel berbintang sekalipun bisa disesuaikan dengan baget.

Bila ingin menghabiskan waktu bulan madu di Gili Air dengan suasan yang romantis kamu bisa memilih villa yang banyak tersedia di sekitar pantai. Peralatan snorkeling maupun diving sudah tersedia juga di sini. Ingin mengitari pulau dengan cara bersepeda kamu bisa menyewa sepeda seharga Rp30.000 seharian.

Saat snorkling atau diving jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian terumbu karang dan habitat laut lainnya. Baik dengan cara tidak menginjak ataupun merusak terumbu karang yang terdapat di dasar laut. Pasalnya dibutuhkan waktu cukup lama untuk berkembang dan perbaikan bila terumbu karang tersebut rusak.

Komentar