Gili Trawangan Lombok : Menikmati Keindahan Indonesia Bagian Timur

pemandangan gilitrawangan lombok3

Sebagai wisatawan yang mengarungi indahnya Indonesia, pulau Bali sudah biasa. Nah, sekarang tidak kalah mengagumkan dengan Bali ada Lombok dengan ciri khasnnya sebagai kepulauan kecil yang terletak diantara lautan yang luas dan juga biru.

Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan beberapa ekor di belakangnnya. Kota utama pada pulau ini adalah Mataram. Dengan luasan sebesar 70 KM, Lombok menyuguhkan kehijauan pulau dan putihnya pasir pantai.

Pulau lombok tidak hanya memberikan keindahan alam yang memang diberikan Tuhan, namun berbagai adat dan ciri khas yang jauh berbeda dengan Bali memberikan nuansa segar sekaligus baru untuk anda pergi berwisata.

Keramahan masyarakatnya, terumbu karang, pohon yang hijau dan juga adanya gunung tinggi dan laut yang terhampar menjadikan Lombok paket wisata yang lengkap tanpa harus pergi ke tempat lainnya.

Tentang  Gili Trawangan

Lombok merupakan salah satu daerah yang termasuk provinsi Nusa Tenggara Barat, yang terkenal akan hamparan padang hijau atau sabana dan banyaknya kuda sebagai hewan peliharaan masyarakat sekitar.

Salah satu yang menonjol pada Lombok adalah daerah Gili Trawangan. Namanya sudah terkenal bahkan sampai mancanegara. Gili Trawangan terletak di arah Barat laut pulau Lombok. Pulau ini sebenarnya tidak terlalu luas, hanya kurang dari 2 KM dan anda bisa mengelilingi pulau ini dalam sekali jalan.

Bagi anda yang malas dengan kebisingan kota, tentu tempat ini bisa menjadi tempat istirahat dan juga bersantai. Gili Trawangan melarang kendaraan bermotor karena memang dilarang oleh masyarakat sekitar.

pemandangan gilitrawangan lombok1

Sehingga anda bisa menyewa sepeda sewaan yang disediakan banyak masyarakat sekitar atau naik Cidomo atau biasa disebut Delman. Jika anda ingin menikmati tanpa terburu-buru tentu saja jalan kaki akan menyenangkan.

Selain itu pulau ini tentu bebas dari polusi dan sangat alami. Begitupun pulau Gili cukup terawat. Jika ingin mencarinya alamat lengkapnya Gili Trawangan adalah Kecamatan Pemenang, kab. Lombok Utara, NTB.

Obyek Wisata dan daya tarik

Apa saja yang disediakan Gili Trawangan untuk menghibur anda ? dengan luasan pulau yang kecil kenapa banyak orang yang tertarik ? tentu saja banyak wisata yang ditawarkan oleh pulau ini. Diantaranya :

  1. Pantai pasir putih

Mungkin beberapa pantai di tempat lain sudah tercemar, berpolusi, kotor dan sebagainya. Namun karena peraturan yang cukup ketat menjadikan pantai di pulau Gili trawangan masih terjaga. Ditambah dengan pasir yang berwarna putih menjadikan pantainya sangat indah.

Tak lupa ada Gunung Rinjani dan Gunung Agung yang terlihat dari kejauhan ketika anda bermain di pantai. Pemandangan yang tidak akan pernah bisa dibuat manusia.

pemandangan gilitrawangan lombok2

  1. Sunset di Gili

Pantai identik dengan sunset ? pantai yang indah bisa dikatakan lengkap dengan adanya tambahan sunset yang menawan. Tentu saja hal ini bisa didapatkan di Gili Trawangan. Pantai yang terhampar, tidak terhalang apapun, matahari terbenam dengan jelas dan juga tempat bersantai di pinggir pantai. Hal ini dijamin bisa membuat anda merasa rileks dan juga tenang.

  1. Presean

Jika anda ingin melihat pertunjukan kesenian dan budaya yang berbeda jangan khawatir. Gili juga menyuguhkan hal-hal yang berbeda pada wisata anda. tidak hanya hasil alam namun keindahan budaya seperti presean ditampilkan disini. Presena merupakan sebuah seni bela diri yang tentu saja tradisional dari masyarakat asli sekitar yaitu suku sasak.

Bela diri ini sama halnya seperti pencak silat dan juga debus dari daerah lain. Presean cukup menakutkan dimana pemainnya akan terluka, namun tetap saja presean merupakan satu dari banyak wisata yang menarik banyak perhatian wisatawan.

pemandangan gilitrawangan lombok

Akses ke Gili Trawangan lombok

Bagi anda yang merasa tertarik untuk wisata ke salah satu pulau indah Indonesia ada beberapa akses yang bisa anda gunakan. Jika anda memang sudah ada di Bali maka anda dapat menggunakan paket wisata dari Bali dan meneruskan ke Lombok hingga Gili Trawangan.

Harga yang ditawarkan beragam sesuai dari paket yang anda pilih dan agensi perjalanan anda. jika anda dari luar Bali, maka anda bisa mendarat di Mataram atau sampai terlebih dahulu di ibukota NTB yaitu Mataram.

Jika sudah, anda bisa menggunakan angkutan umum dari Mataram dengan rute perjalanan Mataram-Rembiga-Pemenang. Setelah itu anda bisa menggunakan kapal menuju pulau Gili dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Biaya dan tarif piknik ke gili trawangan lombok

Agar lebih murah anda bisa menggunakan paket wisata yang biasa ditawarkan secara online, atau sesampainya di Mataram anda bisa mencarinya. Biasanya diberikan fasilitas baik akomodasi berangkat hingga kembali ke Mataram, hotel, tempat wisata makan dan lainnya.

Harga yang diberikan tentu saja beragam. Untuk paket murah umumnya berkisar antara 2-3 juta dengan paket menginap hingga 3 hari dan juga hotel yang standar. Perpaket murah diberikan untuk 2-3 orang, namun jika anda pergi bersama rombongan umumnya disediakan paket yang lebih murah dan juga perjalanan yang lebih beragam.

Paket pada wisata biasanya dimulai dari penjemputan di bandara hingga hari terakhir anda diantarkan kembali ke bandara di Lombok.

Jika ingin ekstrim lagi anda bisa berwisata one day atau satu hari saja dengan durasi waktu wisata 9 jam. Untuk 2 orang umumnya dikenakan biaya 800-1 juta rupiah saja. Perjalananpun tidak kalah menyenangkan, bedanya anda tidak bisa menginap dan wisata selesai pada hari yang sama.

Wisata juga dimulai dari pagi hari atau dini hari. Paket wisata yang dihadirkan umumnya tidak termasuk uang tip untuk tour guide atau biaya perjalanan pribadi anda. selamat menikmati keindahan Gili Trawangan.

Komentar