Green Canyon Pangandaran : Wisata Alam Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi

wisata alam green canyon pangandaran

Wisata alam green canyon pangandaran  di ambil Dari nama wisata alam  grand canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Pastinya tidak kalah dengan grand canyon di Colorado ,green canyon ataupun di sebut orang sunda dengan sebutan cukang taneuh .

Asal mula nama green canyon sendiri adalah dari seorang turis perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini di karenaka air wisata alam cukang taneuh yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuat popular dengan nama green canyon.

Bagi penduduk sekitar  Cukang Taneuh memiliki arti jembatan tanah. Hal ini karena ada sebuah jembatan yang terbuat dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun dan persawahan mereka.

wisata alam green canyon pangandaran by vrandaputra

Lokasi dan rute menuju green canyon pangandaran

Secara administratif surga tersembunyi di jawa barat ini berada di desa kertayasa kec cijulang, kab ciamis, Provinsi jawa barat. Jarak wisata alam green canyon  dengan pusat kota pangandaran adalahs ekitar 27 km dengan waktu tempuh 45 menit dengan kendaraan pribadi.

Rute green canyon menuju wisata alam pangandaran sendiri cukup mudah. Perjalanan di mulaid ari kota pangandaran menuju ke arah kecamatan cijulang dengan melewati jalan raya cijulang parigi. Setelah samapi di cijulang. ambil kanan di bunderan cijulang. Pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah ke arah green canyon.

wisata alam green canyon pangandaran by trianjani

Rute kedua adalah jika pengunjung memulai perjalanan dari kota ciamis. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri rute yang di lewati Melalui kota tasik – ciamis – kota banjar – pangandaran – parigi lalu cijulang. jalur akses menuju green canyon pangandaran dari kota ciamis ini berjarak kurang lebih 170 km.

Keindahan wisata alam green canyon

Green canyon memiliki keunikan pemandangan tersendiri dan alamnya. Untuk berkeliling di green canyon pengunjung dapat menyewa sebuah perahu yang terbuat kayu yang di namai oleh penduduk setempat  yaitu “ ketinting “ . Dengan harga sewanya 75.000 rupiah per orang anda maka anda akan mendapat nomor antrian saat gilirannya ada akan di ajak keliling sepanjang wisata alam jawa barat green canyon pangandaran oleh pemandu.

wisata alam green canyon pangandaran by taufiksrg

Saat  perahu mengantar pengunjung berkeliling green canyon, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan seperti pepohonan yang tinggi dengan daun yang lebat dan hijau ,sungai dengan air yang sangat jernih bewarna hijau tempat hidup beraneka macam hewan air ,ikan ,beberapa macam kadal air dan beberapa jenis ular yang terkadang muncul di permukaan air.

Disana juga terdapat sebuah tebing menjulang tinggi yang mengapit wisata alam green canyon pangandaran. DI wisata alam green canyon terdapat sebuah tebing kembar yang unik yang diatasnya terdpat sebuah jmebatan kayu selebar 3 meter . Air di sana sangat lah jernih pengelola juga sangat memperhatikan kebesihan. terbukti denga ntidak ada satupun sampah yang mengambang di atas air ataupun di sektiaran tebing dan stalaktit.

wisata alam green canyon pangandaran by anggitasrs

Green canyon sebaiknya di kunjungi pada musim kemarau. Pada musim penghujan biasanya air sungai cijulang yang ada di green canyon warnanya akan berubah menjadi keruh kecoklatan. Namun jika musim kemarau warna air hijau dan lebih tenang.

Wisata alam green canyon terlihat sangat cantik di setiap sudut  keindahan tempat wisata alam ini untuk di abadikan melalui kamera atau ponsel anda. pengunjung juga dapat berenang di bawah stalaktit alami merasakan sejuknya air yang menerpa  kulit pengunjung yang mandi. Jika pengunjung ingin mencoba untuk mengarungi arus deras sungai menuju hilir dan meloncat dari ketinggian tebing di green canyon siapkan tenaga anda dan jangan lupa menggunakan pakaian renang. Body rafting dikenakan biaya Rp 30.000 – 40.000. tentu saja jika anda cukup bernyali.

wisata alam green canyon pangandaran by nurdianidian

Fasilitas di wisata alam green canyon

Fasilitas di wisata alam green canyon cukup lengkap. disana sudah terdapat penyewaan perahu took-took ,  toko souvenir seperti kaos dengan gambar atau tulisan green canyon pangandaran ,gantungan kunci, sandal ,dan juga sudah terdapat toilet  dan tempat parkir aygn luas dan aman.

Jika pengunjung akan menginap di wisata alam green canyon, disana sudah terdapat beberapa penginapan, hotel dan losmen murah, Tinggal pintar-pintar saja memilih penginapan.   Di sana juka di ada tukang ojek dan becak yang siap mengantar anda menuju penginapan atau hotel.

Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena akomodasi makanan hanya ada di pintu masuk green canyonbsaja . dan gunakan sepatu yang nyaman khusus untuk kegiatan outdoor  karena bebatuan  di sekitar green canyon pangandaran cukup licin.

wisata alam green canyon pangandaran by dedelizaliz

Komentar