Green Village Gunungkidul : Pesona Permadani Hijau Dari Yogyakarta

keindahan-greenvilage-gedangsari-2

Photo by @omprastyo

Daerah Kabupaten Gunung Kidul saat ini telah menjelma menjadi tempat destinasi wisata untuk berlibur yang unggul di wilayah Provinsi Yogyakarta yang memiliki pesona mulai dari pantai pasir putih yang menarik, bukit kuno juga gugusan – gugusan pegunungan yang indah dan jurang – jurang yang sangat eksotis sehingga dapat menarik wisatawan dalam jumlah yang sangat besar baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar negeri atau manca negara.

Namun, selain pengalaman wilayah tropis yang memiliki suhu panas, terdapat pula tempat – tempat wisata di wilayah Gunung Kidul yang menyediakan pemandangan sejuk yang dapat Anda jadikan destinasi liburan dan berpiknik Anda yang menarik karena berbeda terutama jika Anda merupakan pecinta dunia fotografi. Tempat wisata ini terbilang cukup baru dan terdapat di sebuah desa yang bernama Gedangsari.

Desa Gedangsari merupakan salah satu desa di Kabupaten Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah yaitu Klaten. Di desa Gedangsari terdapat banyak panorama alam yang begitu menarik, indah dan sangat mempesona.

Dengan potensinya yang luar biasa dan mengagumkan, maka desa Gedangsari saat ini lebih dikenal sebagai Green Village Desa Gedangsari yang siap untuk memanjakan mata para pengunjung dengan hamparan permadani – permadani hijau yang dapat Anda nikmati dari atas perbukitan sambil berpiknik – piknik santai bersama teman dan keluarga.

Bukan hanya dapat dinikmati pada waktu – waktu tertentu saja, pesona desa ini dapat Anda nikmati sepanjang hari mulai dari pagi sampai malam hari dengan pemandangan Green Village Gedangsari yang memiliki pesona berbeda – beda setiap waktu.

keindahan-greenvilage-gedangsari

Setelah sekilas mengetahui bagaimana keindahan dari Green Village Gedangsari ini, Anda juga perlu tahu bagaimana selanjutnya untuk menemukan tempat yang sangat mempesona ini. Tempat wisata baru ini berlokasi di Dusun Guyangan Lor, daerah Desa Mertelu Gedangsari, Kab. Gn. Kidul, Provinsi Yogyakarta.

Green Village Gedangsari ini kurang lebih berjarak sekitar 40 km jika Anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta dengan memakan waktu tempuh kurang lebih selama 2 (dua) jam perjalanan. Walaupun begitu, jika Anda merencanakan berlibur ke daerah Gunung Kidul ini pada akhir pekan maka perjalanan akan begitu padat diakibatkan oleh banyaknya para wisatawan yang juga ingin berlibur dan berwisata di lokasi – lokasi wisata lainnya di Gunung Kidul.

Lokasi wisata dari Green Village Gedangsari ini termasuk berada di wilayah yang strategis karena berada diantara 3 (tiga) desa yang mengelilinginya. Green Village Gedangsari merupakan tempat wisata yang terbilang baru di lokasi wisata Gunung Kidul dan dibangun pada tahun 2015 yang lalu atas bantuan pendanaan dari PNPM sebagai program pemerintah pengembangan desa di Indonesia.

Walaupun baru saja dibangun, fasilitas yang dimiliki oleh Green Village Gedangsari ini termasuk memiliki fasilitas yang lengkap bagi para pengunjungnya. Seperti gacebo – gazebo yang tersedia dan dibangun untuk para wisatawan agar dapat nyaman menikmati lokasi wisata ini. Selain itu, terdapat pula toilet maupun mushola.

Selain berwisata dengan menikmati panorama alam yang luar biasa dan eksotis ini, ada lagi hal lain yang dapat Anda nikmati jika berlibur ke Green Village Gedangsari ini. Di sekitar wilayah lokasi wisata ini, Anda dapat menemukan hasil – hasil kerajinan tangan dari masyarakat setempat yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan atau oleh – oleh setelah berkunjung ke tempat ini.

Akses menuju greenvilage gedangsari Gunungkidul

Untuk menemukan lokasi dari Green Village Gedangsari ini terbilang cukup mudah untuk Anda temukan dari arah mana saja, baik dari Klaten jika Anda dari Jawa Tengah maupun dari pusat kota Yogyakarta.  Jika Anda ingin berkunjung melalui daerah Wedi di Klaten, maka Anda arahkan kendaraaan Anda menuju selatan yaitu melalui sebuah dusun yang bernama Dusun Watugajah.

Dan jika Anda memulai perjalanan dari arah barat, maka cukup Anda arahkan menuju ke selatan juga dan melalui Desa Tegalrejo yang kemudian menuju kea rah barat yaitu Guyangan Lor. Namun, jika Anda ingin berkunjung dan melewati rute dari pusat kota Yogyakarta, maka Anda dapat mengikuti jalur Jogja – Wonosari atau rute alternatif lainnya yaitu Solo – Klaten lalu arahkan menuju ke Wedi.

keindahan-greenvilage-gedangsari-1

Biaya Akomodasi di greenvilage gedangsari Gunungkidul

Jika Anda tertarik untuk berlibur dan berpikni di Green Village Gedangsari, Anda tidak akan menemukan sistem tiket terpadu yang pada umumnya berlaku di tempat – tempat wisata di wilayah Gunung Kidul. Green Vilage Gedangsari ini tidak memungut tiket masuk bagi para pengunjungnya untuk menikmati pesona keindahan alam yang terdapat di daerah ini. Anda cukup membayar biaya parkir untuk kendaraan Anda sebesar Rp. 2.000 jika Anda membawa kendaraan bermotor dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Komentar