Gumuk Pasir Parangkusumo : Romantisme Senja Hingga Serunya Sandboarding

gumuk pasir parangkusumo jogja

Senja waktu itu agaknya berpihak pada kami. Padahal sejak memasuki kota Yogyakarta cuaca di siang hari  agak sedikit mendung di sisi sebelah barat. Kami sengaja datang ke kota jogja untuk mengunjungi sebuah kawasan wisata yang lokasinya tidak jauh dari pantai parangtritis, sebuah pantai yang sangat fenomenal di kota jogja.

Kami mendapatkan informasi wisata gumuk pasir parangkusumo ini dari sebuah postingan di instagram yang sengaja di tag oleh follower kami, Sebuah tempat di jogja dengan katar belakang di dominasi pasir bergelombang hampir mirip pemandangan di sebuah gurun pasir.

gumuk pasir parangkusumo jogja 6

Mencoba mencari informasi tentang gumuk pasir parangkusumo jogja ini membuat kami semakin penasaran untuk mencoba mengeksplorasinya lebih jauh.  Selain memiliki keunikan fenomena alam pasir berpindah seperti gurun di china itu, Rupanya gumuk pasir parangkusumo merupakan spot foto session dan foto prewedding pantai yang akhir-akhir ini sedang ngetrend di jogja.

Menurut informasi yang kami dapat, gumuk pasir parangkusumo ini letaknya tidak jauh dari pantai parangtritis. Bahkan sebelum memasuki kawasan pantai parangtritis, pengunjug akan melewati kawasan gumuk pasir parangkusumo ini.

gumuk pasir parangkusumo jogja  1

Dikelola  oleh pemuda setempat, tidak membuat gumuk pasir parangkusumo ini terabaikan. Bahkan menurut informasi yang kami dapat semakin hari semakin banyak saja pengunjung yang datang kegumuk pasir  yang terletak di jogja selatan ini.

Apalagi dengan adanya olahraga yang menurut kami agak ekstreme yaitu sandboarding. Sebuah olahraga  hampir mirip seperti selancar tetapi dilakukan di sebuah bukit pasir menuruni bukit-bukit pasir yang berkelok-kelok. Nah sandboarding ini adalah satu-satunya yang ada di jogja.Bahkan sangat jarang sekali bahka di indonesia untuk menemukan spot sandboarding.

Sandboarding sendiri peralatanya hampir mirip dengan skateboard , Hanya saja papan sandboarding tidak dipasang roda dan penampang sebelah bawah papan dibuat sangat halus dan masih di lapisi semacam wax/ lilin agak papan sandboarding bisa meluncur lebih mulus.

gumuk pasir parangkusumo jogja 2

Bagi pemula biasanya pengelola akan mengarahkan ke jalur-jalur sandboarding yang tidak terlalu tinggi, tapi jika pengunjung sudah mulai mahir, nanti akan di ajak ke bukit yang lebih tinggi  tentunya dengan resiko jatuh yang cukup membuat dengkul perih. hehe

Tarif Penyewaan sandboarding di gumuk pasir parangkusumo pun cukup terjangkau. Pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar 150.000 untuk waktu yang tidak terbatas sampai malam juga boleh asal kan tidak dibawa pualng aja papan sandboarding nya.

Bukti lain keseriusan pemuda dan warga setempat mengelola gumuk pasir adalah dengan menambah beberapa fasilitas umum seperti parkir kendaraan yang aman dan dekat dengan lokasi, penyediaan kamar mandi dan toilet, lalu penambahan beberapa tempat berteduh dan sebuah ayunan  yang akan menambah unik gumuk pasir ini.

gumuk pasir parangkusumo jogja 3

Rute menuju gumuk pasir parangkusumo jogja ini cukup mudah, dari pusat kota jogja pengunjung langsung saja ambil arah menuju ke jalan parangtritis. ikuti jalan ke arah selatan dengan jarak tempuh sekitar 35 Km. setelah melewati pintu retribusi pantai parangtritis diharapkan pelan-pelan kaena lokai gumuk pasir di pinggir jalan sebelum kompleks wisata pantai parangtritis.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati romantisme gumuk pasir parangkusumo adalah sore hari dan pastikan cuaca tidak mendung. Nanti pengunjung akan menikmati sunset yang sangat indah. Nah waktu-waktu inilah yang biasanya digunakan para fotografer untuk melakukan sesi foto.

Komentar