Hamparan Hutan Pinus Dan Hangatnya Sumber Air Panas Gunung Pancar Bogor

gunung-pancar-bogor1

Bogor akan selalu sejuk, hijau dan indah. Sebut saja sebuah destinasi wisata wisata alam gunung pancar. Salah satu wisata alam di bogor yang agak berbeda dari wisata alam yang lain, karena di lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati  fenomena alam yang unik.

Ketika memasuki lokasi taman wisata alam gunung pancar, bukan hanya paru-paru saja yang mendapatkan pasukan oksigen dengan konsentrasi tinggi. Tetapi sejauh mata memandang hanya terlihat pepohonan hijau besar yang terjaga dan tertata dengan rapi.

Taman wisata alam Gunung Pancar adalah sebuah lokasi wisata pegunungan yang sebenarnya memiliki ketinggian hanya sekitar 800MDPL saja  Taman wisata Gunung pancar ini ada di Desa Karang Tengah, Kec Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasinya tidak jauh dari taman budaya sentul dan wisata wahana jungle land.

Kawasan taman wisata alam gunung pancar sendiri sebenarnya masih berada di dalam area milik perhutani, Maka jangan heran jika pohon-pohon di wilayah ini  masih sangat alami tetapi sagat terjaga kerapiannya.

Karena memiliki keindahan yang sangat indah, maka hutan lindung ini oleh perhutani dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar  sepakat untuk menjadikan gunung pancar sebagai lokasi wisata alam.

gunung-pancar-bogor

Ada beberapa kegiatan yang bisa di lakukan oleh pengunjung di taman wisata alam gunung pancar bogor ini. Haya saja setiap kegiatan yang akan dilakukan di gunung pancar harus di laporkan dahulu ke perhutani, karena gunung pancar adalah hutan lindung. Di gunung pancar ada beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya:

Camping

Bagi pengunjung yang suka ngecamp, pengelola sudah menyediakan spot-spot camping yang istimewa, selain memiliki keindahan alam yang jelas, suhu udara di taman wisata alam gunung pancar relatif lebih dingin.

Bisa jugabagi instansi yang akan melakukan camping atau kemah pramuka bisa juga di tempat ini, Hanya saja harus booking terlebih dahulu ke petugas perhutani untuk dicarikan jadwal yang kosong.

Hiking dan bersepeda

di lokasi ini juga sudah ada beberapa trek atau rute untuk melakukan hiking dan bersepeda. Jalur treckingnya pun sangat indah, melewati luas dan rimbunya pepohonan pinus. jadi mata tidak akan bosan-bosanya meliha pemandangan wisata hutan pinus ini.

Relaksasi di sumber air panas gunung pancar

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke taman wisata alam gunung pancar tidak mampir dulu ke pemandian air oanas ini. Hanya saja lokasi lokasi pemandian air panas ini berada di lahan milik warga, sehingga pengunjung harus membayar sebesar 10.000 rupiah.

 

 

Komentar