Hutan Pinus Kragilan Magelang : Keindahan Hutan Pinus Di Kaki Gunung Merbabu

 

hutan-pinus-kragilan-magelang

Dewasa ini media sosial menjadi senjata yang ampuh untuk ajang promosi apa saja. Dari mulai produk, hasil karya seni, budaya, kegiatan, musik, film, buku, game, komunitas, alat elektronik dan lain-lian, bahkan promosi diri sendiri dalam memamerkan kemampunan kita dan tentu saja promosi tempat wisata.

Salah satu yang saat ini demikian banyak dibicarakan orang dan banyak menyedot pengunjung salah satu nya dikarenakan sering di unggah di media sosial adalah obyek wisata yang satu ini, yaitu Hutan Pinus Kragilan, Magelang, Jawa Tengah dan juga sering disebut dengan Top Selfie Pinusan Kragilan ini.

Tempat ini memang memiliki banyak spot terbaik untuk berfoto, meskipun memang diperlukan feel fotografi agar membuat tempat ini tampak lebih indah di gambar. Spot yang paling banyak disukai pengunjung adalah di sepanjang jalan turunan selepas pintu masuk menuju tempat parkir, yang berupa jalan panjang dengan pohon-pohon pinus pada sisi kanan dan kiri jalan.

Sementara lokasi lain yang juga cantik adalah setelah turunan ini, di tengah- tengah hutan pinus. Disini Anda dapat duduk bersantai di tempat duduk yang telah disiapkan sambil menikmati sejuknya udara lereng gunung Merbabu.

Pada spot ini, Anda juga bisa berfoto karena pemandangannya juga tidak kalah indah. Bisa dibilang seluruh kawasan hutan ini merupakan lokasi berfoto yang indah apalai bagi Anda yang memiliki hobi fotografi.

Saat ini sudah terhitung banyak pasangan yang memilih tempat ini untuk lokasi foto pre-wedding. Rata-rata terdapat 3 pasangan dalam seminggu yang memilik lokasi ini untuk foto pre-wedding,

Pada awalnya hutan pinus ini tidak terlampau populer dan nyaris tidak terlihat dari jalan raya. Warga Kragilan yang berinisiatif untuk bersama mempromosikan tempat ini, sementara pengelola memberinya nama Top Selfie untuk lebih banyak menarik pengunjung.

Warga sendiri yang membuat struktur organisasi pengelola, dimana mereka yang termasuk pengelola mengenakan semacam seragam berwarna biru-hitam dan kemudian berbagi tugas, mulai dari mengatur jalan, menjaga loket masuk, menjaga tempat parkir dan bahkan ada yang menjadi pemandu di lokasi ini.

hutan-pinus-kragilan-magelang2

Setiap satu jam sekali petugas dilengkapi radio komunikasi berpatroli demi menjaga keamanan sekaligus mencegah pengunjung terutama kaum muda untuk melakukan hal yang tidak diinginkan. Setiap hari Jumat Wage dan Selasa Kliwon warga mengadakan tradisi doa untuk keselamatan dan kenyamanan pengunjung, sedangkan setiap hari Senin dua orang petugas diturunkan untuk memunguti sampah di lokasi hutan pinus dan kemudian dibakar.

JIka tidak ingin hanya duduk-duduk saja di lokasi wisata yang baru dibuka pada bulan Mei 2015 ini, maka Anda dapat berjalan menjelajah hutan ini, lalu menuju sungai Selo Tumpang. JIka ingin melihat sungai ini dipenuhi air, sebaiknya Anda tidak mengunjungi sungai ini pada saat kemarau, karena saat musim kemarau sungai ini kering.

Lokasi dan rute menuju hutan pinus kragilan magelang

Top Selfie Kragilan berada di desa Pogalan, dusun Kragilan, kecamatan Pakis yang merupakan kecamatan paling ujung dari Kabupaten Magelang. Rute termudah menuju lokasi ini adalah melalui jalur alternatif Salatiga kemudian Anda ambil arah menuju arah Kopeng.

Dari sini terus mengikuti petunjuk jalan menuju Ketep Pass. Saat masuk ke jalan Ketep Kopeng setelah melewati tanjangan dan tikungan, sebaiknya Anda kurangi kecepatan kendaraan Anda untuk dapat menemukan papan petunjuk arah menuju lokasi ini.

Dari sini Anda dapat mengikuti arah jalan Ketep Kopeng dan Anda akan menemukan lokasi Top Selfie di sebelah kiri jalan. Perkiraan waktu tempuh adalah sekitar 1 jam dengan menggunakan motor dan 1,5 jam menggunakan mobil.

Lokasi Top Selfie tidak terlalu jauh dari lokasi pintu masuk. Anda hanya harus melewati turunan dan setelah itu Anda sudah sampai di lokasi. Sebenarnya spot yang sering sekali dipergunakan untuk selfie adalah di jalan sepanjang turunan ini.

hutan-pinus-kragilan-magelang1

Jam Buka hutan pinus kragilan magelang

Lokasi ini dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Warga melarang pengunjung untuk menginap atau mendirikan tenda di lokasi ini.

Biaya dan tarif di hutan pinus kragilan magelang

Pengunjung hanya perlu membayar Rp.10.000,00 jika membawa mobil dan Rp.3.000,00 jika membawa motor. Disini Anda juga bisa melakukan kegiatan Flying Fox hanya dengan biaya sebesar Rp.10.000,00. Untuk Flying Fox belum ada up date biaya terbaru.

Fasilitas di hutan pinus kragilan magelang

Tempat ini menyediakan beberapa fasilitas yaitu area parkir, toilet, tempat sampah, warung makan yang merupakan milik warga sendiri, lokasi untuk flying fox, tempat duduk yang disebut lincak di tengah hutan pinus, permainan ayunan dan rumah panggung.

Saran-saran jika anda akan pergi ke hutan pinus kragilan magelang

Cek kondisi kendaraan Anda apakah sudah dalam kondisi prima, karena meskipun lokasi hutan pinus ini tidak terlampau jauh dari pusat kota, namun jalan yang harus ditempuh ke lokasi tersebut menanjak dan berkelok tajam.

Jangan buang tiket parkir kendaraan Anda, karena petugas parkir akan mencocokkan nomor kendaraan Anda dengan nomor yang dicantumkan dalam tiket pada saat Anda pulang. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan pengunjung.

Komentar