Jernih Nya Mata Air Sumber Sirah : Spot Snorkling Air Tawar Di Malang

snorkling-mata-air-sumber-sirah-malang3

Menapaki kota Malang dan sekitarnya, artinya sama dengan menapaki sejuta kejutan wisata. Salah satunya adalah tempat ini, Mata Air Sumber Sirah.  Tempat ini merupakah sumber air alami  dari dalam perut bumi yang diberi pembatas pada sisinya sehingga membentuk semacam kolam atau telaga.

Tempat ini menjadi sumber utama pengairan irigasi bagi warga sekitar. Berada di tempat ini, kita seolah berada di telaga tujuh bidadari. Permukaan mata air ini sangat jernih bagaikan cermin, sehingga kita dapat melihat bahwa di dasar telaga ditumbuhi tanaman rumput air tawar sejenis hydrilla yang cantik.

Sementara di area sekitar telaga ditumbuhi pepohonan yang rindang khas hutan hujan tropis yang sangat lebat dan rapat hingga pada sisi tertentu saat kita berenang disana, kita seolah berenang di pedalaman hutan Amazon.

Tanaman tebu dan kelapa milik warga yang tumbuh di sekitar lokasi, juga menambah suasana khas area ini.  Selain rumput air tawar, tampak dasar telaga juga dihuni  ikan-ikan kecil beserta bebatuan dan pasir lembut kehitaman. Mata Air berbentuk telaga ini  memiliki kedalaman hanya 0,8-1,5 meter.

snorkling-mata-air-sumber-sirah-malang2

Lokasi mata air sumber sirah Malang

Air Sumber Sirah ini, tepatnya berada di Jalan Sunan Gunung, Desa Sumberjaya, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur. Namun seringkali lokasinya disebut berada pada Desa Putukrejo, dikarenakan akses ke tempat wisata ini hanya dapat dilalui melewati Desa ini.

Belum tersedia akses jalan melalui Desa Sumberjaya sendiri bagi kendaraan bermotor.  Terletak kurang lebih 21 kilometer dari pusat  kota Malang, diperlukan waktu kurang lebih 30-40 menit jika Anda menggunakan kendaraan bermotor.

Agar bisa sampai langsung ke lokasi menggunakan kendaraan Anda, makan sebaiknya Anda menggunakan motor sebagai alat transportasi. Jika menggunakan mobil, maka Anda dapat memarkir mobil Anda di rumah warga, sekitar 200 meter dari lokasi wisata ini.

Setelah memarkir mobil atau motor Anda, maka Anda harus melewati jalan setapak yang telah ditempatkan paving block diatasnya. Agak curam dan licin terutama pada musim penghujan, namun sudah cukup nyaman.

Belum ada akses kendaraan umum ke lokasi wisata ini, sehingga wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa sepeda motor dari kota Malang.

Jika menuju ke lokasi ini, silahkan diperhatikan beberapa titik lokasi yang menandakan bahwa Anda telah berada pada rute yang benar, seperti  Baprik Krebet Senggong Bululawang, pabrik dari PT Du Pont Pioneer, Pasar Gondanglegi, SMP Negeri 3 Kepanjen.

Tidak ada peraturan resmi untuk jam buka/tutup lokasi ini, namun biasanya pada mulai jam 07.00 WIB pagi – 17.00 WIB sore terdapat petugas parkir. Selebihnya, Anda bisa saja keluar masuk kawasan ini dengan bebas, namun tanpa pengawasan parkir.

snorkling-mata-air-sumber-sirah-malang1

Aktivitas Wisata di mata air sumber sirah Malang

Terdapat beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di wilayah wisata asri ini. Diantara nya tentu saja adalah berenang, snorkeling dan berfoto. Berfoto bawah air di lokasi ini adalah yang paling istimewa dikarenakan pemandangan di bawah air sangat indah meskipun tanpa terumbu karang.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, mata air ini memiliki kedalaman maksimal 1,5 meter. Cukup dangkal, namun harus cukup diwaspadai oleh mereka yang tidak mahir berenang. Dengan alasan kedangkalan ini pula pengunjung tidak disarankan untuk melompat jika berniat memasuki area telaga ini untuk berenang.

Alasan lain Anda tidak disarankan untuk melompat atau malakukan gerakan terlalu banyak dan ekstrim adalah dikhawatirkan akan membuat air menjadi keruh karena pasir di dasar telaga turut tergunjang, selain bahwa tanaman air disini agak rapuh dan rentan patah.

Di tempat ini kita juga dapat melakukan kegiatan tubing, yaitu duduk atau rebah bersantai diatas sebuah ban di atas telaga tanpa arus. Dengan menggunakan ban pula kita bisa melakukan kegiatan meluncur mengikuti arus air sepanjang 100 meter sampai pembatas berupa jembatan bambu, yang disebut dengan river tubing.

Arus air inilah yang pada akhirnya akan mengairi sawah warga di sekitar sumber mata air ini. Pilih ban yang telah ditambahan tali penahan agar dapat kita duduki untuk kegiatan river tubing.

Fasilitas di mata air sumber sirah Malang

Di tempat ini telah tersedia fasilitas parkir kendaraan bermotor, warung makan, toilet maupun kamar mandi, juga kios yang menjual dan menyewakan alat-alat berenang, serta ban dalam yang berfungsi sebagai pelampung untuk kegiatan tubing dan river tubing. Selain itu tentu saja telaga itu sendiri dan lintasan untuk kegiatan river tubing.

snorkling-mata-air-sumber-sirah-malang

Tarif – tarif di mata air sumber sirah Malang

Terdapat beberapa tarif yang harus Anda persiapkan sebelum memasuki wilayah wisata ini, yaitu HTM (Harga Tiket Masuk) sebesar Rp.1.000,00, biaya parkir motor Rp.2.000,00, biaya parkir mobil Rp.5.000,00, biaya sewa ban dalam Rp.2000,00 hingga Rp.5.000,00 sementara biaya untuk penggunakan kamar mandi untuk ganti pakaian dan buang air kecil adalah Rp.1.000,00 sementara untuk mandi dan buang air besar Rp.2.000,00

Marilah kita jaga ke asrian dari tempat ini dengan mematuhi aturan yang ada, dan jangan buang sampah sembarangan. Kelestarian  populasi ikan dan  tanaman air di dalamnya sangat bergantung pada kita.

Komentar