Jurang Tembelan Dlingo : Spot Sempurna Pemburu Sunrise Dan Foto Selfie

jurang-tembelan-dlingo-bantul-jogja

Photo by @totohandoko

Liburan sejatinya tak harus mahal. Mengunjungi lokasi wisata dengan spot-spot terbaik tentunya sudah mampu menyegarkan pikiran dikala kesibukan melanda. Yogjakarta memang memiliki nilai budaya dan adat istiadat yang tinggi.

Namun, bukan berarti daerah yang terkenal dengan makanan khas gudeg ini tidak memiliki lokasi wisata kekinian. Saat ini Yogjakarta menjadi salah satu wisata hits di media sosial seperti intagram. Mengingat banyak wisatawan yang berlomba-lomba mencari spot terbaik entah untuk berlibur atau sekedar mengambil gambar.

Mencari tempat yang sempurna untuk menyaksikan keindahan alam dari ketinggian, kawasan Mangunan bisa menjadi pilihan menarik. Banyak tempat-tempat yang bagus untuk berburu sunrise sekaligus panorama pegunungan yang sayang dilewatkan.

Mulai dari Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo dan Gardu Pandang Mangunan. Namun, ada satu lokasi wisata terbaru untuk menyaksikan keindahan alam dari ketinggian yaitu Jurang Tembelan.

Lokasinya juga bersebelahan dengan puncak Kebun Buah Mangunan tapi letaknya lebih tinggi. Jika berniat mengunjungi Kebun Buah Mangunan tak ada salahnya mampir sejenak ke Jurang Tembelan. Obyek wisata ini juga menjadi salah satu lokasi wisata yang populer di media sosial.

Lahannya tidak terlalu luas karena memang hanya direkomendasikan untuk menyaksikan alam dari ketinggian. Bila ingin mendapatkan pemandangan yang sempurna bisa berangkat pagi hari tepatnya sebelum subuh.

jurang-tembelan-dlingo-bantul-jogja-2

Photo by anto_justlisten

Jurang Tembelan memiliki gardu pandang yang unik salah satunya berbentuk perahu yang menjadi incaran pengunjung untuk foto selfie. Gardu pandang berbentuk perahu ini sangat populer di media sosial sebagai spot yang sempurna untuk foto selfie dan menyaksikan keindahan alam.

Di sini kamu bisa menyaksikan sunrise berikut kabut kecil layaknya negeri di atas awan. Dari kejauhan perlahan-lahan matahari akan naik dan mulai bersinar. Sebelum dikembangkan sebagai tempat wisata, dahulu Jurang Tembelan merupakan ladang masyarakat sekitar Dlingo. Daerah ini ternyata memiliki pemandangan menakjubkan yang akhirnya dibuka sebagai tempat wisata oleh warga setempat.

Menghadap arah Mangunan kamu akan menemukan wisatawan yang menyaksikan sunrise di sana. Ya, daerah tersebut juga menjadi tempat melihat surise hanya saja lokasinya lebih ramai. Melihat ke bawah pemadangan hijau terbentang di depan mata sekaligus Sungai Oya yang meliuk mulai tampak di sela-sela kabut.

Dari kejauhan ngarai Sungai Oya tampak muncul dari pertemuan kaki bukit yang mengalir panjang. Saat surut air sungai ini akan berwarna biru kehijuan dengan batu pasir yang membentuk endapan susu. Pemandangan ini semakin sempurna dengan pepohonan hijau membentang di depan mata yang semakin menambah kesejukan. Pemandangan ini juga bisa kamu nikmati melalui Gardu Pandang di Mangunan.

Bila datang saat siang hari tentunya akan banyak wisatawan yang berkunjung sehingga harus antri untuk sekedar foto selfie. Pemandangan berupa sunrise dan kabut yang menyelimuti bukit juga tidak ditemukan saat siang hari. Sebaiknya pilih waktu saat pagi hari untuk menyaksikan keindahan secara keseluruhan.

jurang-tembelan-dlingo-bantul-jogja-3

photo by anto_justlisten

Lokasi dan Rute Menuju Jurang Tembelan

Banyak wisatawan melewatkan Jurang Tembelan karena biasanya tujuan utama adalah wisata ke Kebun Buah Mangunan. Ya, untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan kamu harus melewati Jurang Tembelan. Wisata ini memang masih tergolong baru, namun sayang rasanya bila harus melewatkan spot menarik meskipun untuk sekedar mengambil gambar.

Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogjakarta. Untuk menuju lokasi tersebut ikuti arah menuju Gardu Pandang Mangunan. Berangkat dari Yogjakarta ambil arah menuju Terminal Giwangan, ke arah selatan terus sampai bertemu Pasar Imogiri.

Dari pasar Imogiri ambil jalur ke kiri ikuti arah ke makam raja-raja sampai menumukan pertigaan. Pilih arah menuju Kebun Buah Mangunan dan hutan Pinus. Tiba di pintu masuk gardu pandang terdapat petunjuk yang akan mengarahkan kamu ke Jurang Tembelan.

Akses menuju Jurang Tembelan memang cukup ekstrim. Jalanan yang naik turun dan curam tentu akan kamu temukan selama perjalanan. Sehingga pengendara harus tetap berhati-hati terutama saat musim hujan. Pastikan juga bahwa kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jurang Tembelan adalah saat musim kemarau. Saat musim hujan tentunya susah untuk mendapatkan momen sunrise karena tertutup kabut dan awan. Selain itu jalan menuju lokasi juga licin saat musim hujan.

Fasilitas di Jurang Tembelan

Jurang Tembelan termasuk salah satu lokasi wisata yang masih tergolong baru. Namun tak perlu khawatir karena saat ini fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir yang nyaman, musholla, toilet dan beberapa warung makan yang menyediakan makanan kecil.

Gazebo sebagai tempat beristirahat juga sudah tersedia di sini. Kamu bisa menikmati teh panas dan gorengan sambil menyaksikan pemandangan indah di depan mata. Untuk masuk ke Jurang Tembelan belum dikenakan biaya, hanya saja harga tiketnya sukarela. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

Komentar