Keindahaan Pantai Tanjung Aan Dan Legenda Putri Mandalika

pantai-tanjung-aan-lombok

Sudah bukan merupakan hal yang patut diragukan lagi bahwa wilayan Bali dan Lombok merupakan surga bagi para wisatawan. Berbagai obyek wisata yang eksotis, unik dan dikelola dengan baik merupakan beberapa kunci keberhasilan dari keberlangsungan obyek wisata disana, sehingga meskipun dikunjungi sekian banyak pengunjung, keindahannya masih tetap terjaga.

Kalau Anda sudah terlalu sering ke Bali, terlalu banyak mendengar tentang Bali atau menurut Anda Bali sudah sedemikan padat, ada baiknya Anda beringsut sedikit dan mulai melirik Pulau Lombok. Daerah ini lah yang dipercaya merupakan tempat asal dari Putri Mandalika, putri cantik asal Tunjung Bitu yang memilih menjadi Nyale atau binatang mirip cacing laut yang dikonsumsi rakyat disana daripada harus memilih satu diantara banyak pangeran yang berniat melamarnya.

Pulau yang selain dijuluki ‘Pulau Seribu Mesjid’ dan juga ‘Pulau Seribu Pantai’ ini  sudah mulai menjadi daerah pilihan utama wisatawan selain Bali, sehingga obyek wisatanyapun saat ini banyak yang telah dikenal orang.

Salah satu obyek wisata yang mulai menjadi primadona di Lombok adalah Pantai Tanjung Aan-Bukit Marese, Lombok Tengah Bagian Selatan yang bertetangga dengan Pantai Mandalika dan Seger.

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer dengan butiran pasir kekuningan yang unik bulat-bulat kecil semacam merica sehingga pantai ini sering disebut juga Pantai Tepung dan Pantai Merica.dan kontur pantai yang landai dan ombak yang tenang. Air lautnya jernih berwarna biru tua dan hijau tosca.

Lokasi pantai ini dipisahkan oleh gundukan melengkung. Gundukan ini memiliki panjang lebih dari 5 kilometer yang diperkirakan terbentuk akibat tumpukan lava dibawah laut yang terangkat sehingga tampak seperti batuan besar di sekitar bukit.

pantai-tanjung-aan-lombok1

Lokasi dan rute menuju pantai tanjung aan lombok

Pantai ini berada di sebelah selatan Lombok Tengah dengan waktu  tempuh sekitar kurang lebih 90 menit perjalanan dari pusat kota Mataram dengan jarak kurang lebih 75 kilometer atau sekitar 30 menit saja perjalanan dari Bandara Internasional Lombok,  Pujut Praya atau berjarak sekitar 24 kilometer.

Kondisi jalan menuju lokasi ini sudah baik, sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir. Hanya sekitar dua kilometer menjelang lokasi ini saja kondisi jalan kurang nyaman dan perlu perbaikan.

Rute yang harus Anda tempuh dari Mataram adalah by pass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Kuta Lombok, sampai ke bundaran Mandalika Resort Anda harus berbelok ke kiri, setelah Anda melewati tanjakan Anda akan menemui tanjakan. Dari sini Anda harus berbelok ke kanan menuju ke arah Pantai Tanjung Aan.

Disarankan jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi sebaiknya Anda menyewa motor dari Mataram, karena agak merepotkan dan membuang waktu jika harus menggunakan kendaraan umum.

Tarif dan Biaya di pantai tanjung aan lombok

Tidak ada tarif khusus yang diberlakukan untuk memasuki wilayah pantai ini, Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp.10.000,00 untuk mobil dan Rp.5.000,00 untuk motor. Untuk Anda yang berkeinginan ke tempat ini menggunakan motor sewaan, biaya sewa motor per hari adalah Rp.50.000,00.

Kegiatan wisata di pantai tanjung aan lombok

Kondisi ombak yang cukup tenang dan kedalaman laut yang agak dangkal di seputar pantai sangat memungkinkan bagi wisatawan yang berniat untuk berenang maupun snorkeling. Anda bisa menyewa alat snorkeling di sekitar pantai.

Berjemur dan bermain air tentu saja kegiatan yang juga bisa Anda lakukan disini. Menjelang sore hari, permukaan laut di pantai ini mulai naik, dan hal ini bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk kegiatan berselancar.

Bagi Anda yang ingin bersantai, di beberapa bagian pantai disediakan tempat duduk bambu yang dilindungi semacam payung raksasa dari kayu dengan rajutan jerami di atasnya.Disini Anda dapat duduk sambil menikmati minuman es kelapa muda.

Selain kegiatan yang diatas, ada satu lagi kegiatan yang tidak terkait dengan pantai, yaitu melakukan pendakian bukit Marese. Lelah Anda akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah dari atas bukit bak pemandangan bukit hijau di New Zeland.

Apalagi jika Anda mendaki bukit ini menjelas matahari terbenam dan dapat menyaksikan sunset dari atas bukit ini. Dari atas bukit ini pula kita dapat melihat Pantai Seger di sebelah barat sementara di sebelah Timur kita dapat melihat Batu Payung dan Gili Anak Anjakan.

Berbicara soal Batu Payung, bagian ini juga sering dikunjungi wisatawan terutama bagi Anda yang gemar berfoto. Disebut Batu Payung karena bentuknya yang mirip dengan payung yang belum terbuka.

pantai-tanjung-aan-lombok2

Fasilitas di pantai tanjung aan lombok

Di sekitar lokasi panatai ini tersedia penginapan di sekitar lokasi pantai, area parkir, persewaan alat snorkeling dan perahu boat, penjualan cindera mata dan juga warung makan

Saran sebelum wisata ke pantai tanjung aan lombok

Dikarenakan cuaca yang cukup terik, disarankan untuk menggunakan sunblock dan sunglasses terutama jika Anda berniat untuk berjemur.

Sebaiknya Anda berhati-hati jika berniat untuk menaiki bukit Marese, gunakan alas kaki yang nyaman dan aman

Jika Anda hendak membeli cinderamata di lokasi sekitar pantai, jangan sampai harga yang Anda bayarkan terlalu mahal, berusahalah menawar sampai setengah harga.

Jika Anda ingin menyaksikan ritual khusus di daerah ini, silahkan datang pada bulan Februari. Pada bulan ini diadakan ritual Bau Nyale atau acara penangkapan nyale. Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, Nyale dipercaya adalah jelmaan dari Putri Mandalika yang menyerahkan diri sepenuhnya kepada seluruh penduduk disana.

Sehingga penduduk beramai-ramai menangkap Nyale untuk menghormati sang putri. Saat ritual ini berlangsung banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang hadir sehingga suasanan semarak. Namun sebaliknya jika Anda memerlukan ketenangan, sebaiknya tidak mendatangi lokasi ini pada bulan Februari atau pada musin liburan.

Komentar