keindahan beranekaragam bunga di Kutabawa flower garden purbalingga

Kutabawa Flower Garden merupakan tempat wisata yang berada di kaki Gunung Slamet yang dibuka pada Maret 2017. Sesuai dengan namanya, Kutabawa Flower Garden merupakan taman bunga yang menjadi objek wisata andalan Purbalingga.

Wanita mana yang tidak menyukai bunga? Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi Miracle Garden di Dubai atau Taman Bunga Nusantara di Cianjur untuk menikmati beranekaragam bunga.

Lokasinya berada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jika Anda pernah mendaki Gunung Slamet, maka lokasi wisata ini berada di pos awal rute jalur pendakian. Desa Kutabawa adalah jalur pendakian Gunung Slamet melalui pos Bambangan.

Agar sampai ke Kutabawa, Anda dapat menggunakan angkutan umum, seperti minibus dari terminal Purbalingga atau dapat juga menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju ke Desa Serang.

Setelah Anda menemukan puncak Telkom, maka Anda akan menemukan pertigaan, kemudian Anda dapat belok ke kanan. Selanjutnya, Anda akan menemukan Pasar Kutabawa, kemudian Anda dapat belok ke kanan hingga menemukan masjid.

Di dekat masjid terdapat jalan masuk menuju ke Kutabawa Flower Garden. Perjalanan dari pusat kota Purbalingga ke Kutabawa Flower Garden dapat ditempuh dengan jarak 28 km atau selama 1 jam.

Suasana tempat wisata ini mirip dengan Lembang, Bandung, Jawa Barat karena berada di wilayah dataran tinggi. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat terinspirasi untuk mengembangkan wisata taman bunga, seperti pada Taman Begonia di Lembang atau Taman Bunga Nusantara di Bogor.

Pemerintah daerah Purbalingga tak tanggung-tanggung untuk menggelontorkan dana guna memfasilitasi tempat wisata tersebut dengan membuat sarana dan prasarana yang memadai bagi para pengunjung. Hingga saat ini (Januari 2018), objek wisata ini masih dalam tahap pengembangan. Ada beberapa ornamen yang masih dipesan dan akan dipasang di area taman bunga. Selanjutnya, pihak pengelola ingin membangun beberapa wahana anak-anak dan vila di area wisata.

Di sini, Anda akan menjumpai warna-warni dari berbagai macam bunga. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari pemilik objek wisata ini, paling tidak ada 18 jenis bunga yang ditanam dan ditata sedemikian rupa di atas lahan berundak-undak. Tak tanggung-tanggung, si pemilik bahkan mendatangkan bibit-bibit bunga dari Bandung dan mengadakan studi banding ke Taman Bunga Begonia, Bandung untuk mencari inspirasi.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, tetapi antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Kutabawa Flower Garden, sangat tinggi. Setidaknya, ada sekitar 400 pengunjung setiap harinya yang berdatangan ke tempat wisata ini.

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan berbagai macam bunga di Kutabawa Flower Garden, yaitu Rp 5 ribu. Sangat terjangkau sekali bukan? Harga yang sangat murah untuk menikmati berbagai jenis bunga di tengah udara sejuk pegunungan.

Jika Anda ingin berselfie, jangan khawatir! Beberapa spot telah disediakan agar foto Anda menjadi lebih instagenik untuk menambah minat wisata bagi kawula muda. Selain spot foto, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas umum, seperti tempat bersantai keluarga, warung makan dan kopi, tempat parkir, kamar mandi/MCK, dan penginapan.

Lokasi wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata bagi Anda dan keluarga. Selain berwisata, Anda juga dapat memberikan edukasi kepada si buah hati mengenai spesies-spesies bunga yang ditanam di Kutabawa Flower Garden.

Jika Anda ingin membuat kebun bunga seperti di Kutabawa Flower Garden, Anda dapat membeli oleh-oleh berupa tanaman-tanaman dalam pot untuk Anda bawa pulang. Anda juga dapat membeli sayur-mayur dan buah-buahan segar sebagai buah tangan.

Komentar

Aug 9, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *