Keindahan sunrise gunung rinjani lombok NTB

Gunung Rinjani, Lombok – Gunung Rinjani adalah gunung berapi dengan puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat dan tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani yang berada di sebelah utara Lombok memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang dikelilingi hutan serta semak belukar dengan luas 76.000 hektar.

Masyarakat Lombok meyakini bahwa Gunung Rinjani merupakan persemayaman ratu jin, Dewi Anjani, seorang putri Raja Datu Tuan dan Dewi Mas yang memerintah kerajaan kecil di sana. Dan kalau benar Dewi Anjani bersemayam di sana, pasti nyaman dan bahagia sekali, ya dengan pemandangan yang disajikan gunung tersebut?

Gunung Rinjani dan Segala Pesonanya

Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Lombok yang banyak diminati. Jumlah pendaki Gunung Rinjani setiap tahunnya terus bertambah dan kebanyakan merupakan mahasiswa pecinta alam dari berbagai daerah. Banyak yang mendaki Rinjani, terutama untuk merayakan kemerdekaan di puncaknya pada bulan Agustus.

Puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat ini memiliki potensi geowisata yang sangat menarik. Pesona Rinjani menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki, mulai dari panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun dan mata air panas, goa, lubang letusan serta aliran larva baru. Keindahan Rinjani seolah menyebar di beberapa titik, seperti Sembalun, Senaru dan Tetebatu yang kerap didatangi pendaki.

Keeksotisan Danau Segare Anak

Danau Segare Anak merupakan spot menarik yang wajib dikunjungi pendaki ketika sampai di Gunung Rinjani. Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Rinjani bertahun-tahun yang lalu. Danau Segare Anak terletak di ketinggian 2.800 mdpl dan memiliki kedalaman kurang lebih 230 meter. Danau tersebut dihuni oleh berbagai jenis ikan, seperti ikan mujair, ikan mas dan ikan harper.

Nama Segare Anak sendiri diambil dari kata Segare yang artinya laut dan Anak yang artinya juga anak. Masyarakat menyebutnya demikian karena warna air danau tersebut berwarna biru seperti air laut. Air Danau Segare Anak mengalir, membentuk air terjun yang indah dan melalui jurang yang cukup curam. Karena dihuni banyak ikan, pendaki sering memancing di danau ini.

Masyarakat percaya kejernihan Danau Segare Anak mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dulunya bahkan Segare Anak dijadikan tempat pemujaan untuk mendapatkan benda-benda pusaka atau benda sakti. Di dekat danau, pendaki akan menemukan gunung kecil yang diberi nama Gunung Baru Jari. Namun, jarang sekali pendaki yang naik ke puncaknya karena masih aktif serta mengeluarkan gas.

Kekayaan Flora dan Fauna di Gunung Rinjani

Pesona Gunung Rinjani memang tak terelakkan. Tapi, di balik pesona indahnya ternyata Rinjani menyimpan kekayaan flora dan fauna dengan apik. Di bagian selatan dan barat, pada ketinggian 1.000-2.000 mdpl dapat pendaki temukan tumbuhan Dysoxylum sp, Ficus superba serta pterospermum dan di ketinggian 2.000-3.000 mdpl akan ada pohon cemara gunung. Tapi, di ketinggian berikutnya sudah jarang ada tumbuhan, mungkin hanya bunga edelweiss dan rumput saja yang tumbuh di sekitarnya. Sementara bagian timur gunung akan banyak ditemukan pohon akasia.

Selain flora, ada pula keragaman fauna di Gunung Rinjani. Terdapat 109 jenis burung hidup, di antaranya yang ada di Australia. Kemudian ada landak, rusa dan monyet perak dari Bali. Kalau di Pelawangan Sembalun ada monyet ekor panjang yang sering mengganggu pendaki yang berkemah di sana. Monyet tersebut pandai membuka tenda untuk mencuri makanan dan cukup menakutkan mengingat sifatnya yang garang dan berani.

Akses Menuju Lokasi

Pengunjung dapat menggunakan jalur darat dengan bus dari Jakarta-Mataram untuk menuju Pulau Lombok. Jalur tersebut bisa ditempuh dengan menyeberang laut menggunakan kapal ferry sebanyak dua kali, di Selat Bali dan Lombok. Selain bus, pengunjung juga bisa naik pesawat terbang.

Terdapat dua jalur pendakian untuk sampai di puncak Gunung Rinjani, yakni jalur Senaru dan Sembalun. Namun, Sembalun adalah jalur yang banyak digunakan para pendaki, karena walaupun trek-nya lebih panjang tapi bisa menghemat kira-kira 700 meter ketinggian. Di jalur ini, pendaki akan melewati bentangan padang savana yang luas dan menawan. Ada tiga pos peristirahatan, namun setelah itu pendaki akan dihadapkan pada tanjakan terjal yang memiliki kemiringan 60 derajat.

Sementara di Jalur Senaru, pendaki akan melalui hutan tropis yang lebat dan terjal. Di sana juga terdapat 3 pos peristirahatan sebelum sampai di pos pelawangan yang biasanya dipakai untuk area perkemahan. Karena suhu udara di Rinjani sangat dingin, rata-rata sekitar 20OC dan paling dingin 10OC pengunjung diharuskan memakai jaket atau baju tebal agar tidak kaku kedinginan.

Bahaya Gunung Rinjani

Rinjani memang memiliki keindahan yang diakui oleh semua warga Indonesia, bahkan Asia. Namun, dibalik itu semua terdapat bahaya yang cukup tinggi dalam pendakiannya. Pernah mendengar, kan banyak pendaki yang tersesat karena cuaca buruk yang datang tiba-tiba hingga akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa? Maka dari itu, bagi Anda yang berencana ingin menaklukkan puncaknya harus lebih hati-hati.

Lebih baik Anda mendakinya bersama pemandu atau professional, karena sekarang sudah banyak paket tour Gunung Rinjani, kan? Selain peralatan sudah disediakan oleh penyedia tour, keamanan Anda selama pendakian juga akan terjamin. Biasanya pendaki pemula membutuhkan 3 malam pendakian dan pendaki professional 2 malam pendakian untuk sampai puncak. Jadi, pendakian Gunung Rinjani yang cukup lama ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit pernafasan, darah tinggi, jantung, epilepsi serta penyakit komplikasi lainnya.

Itulah berbagai pesona yang disuguhkan Gunung Rinjani bagi para pendaki. Pesona tersebut seolah menjadi magnet, karena mampu menarik pendaki sedalam-dalamnya agar mengeksplorasi Gunung Rinjani lebih jauh. Namun, pendaki harus berhati-hati mengingat cukup berbahayanya gunung ini. Jadi, bagi pendaki yang belum memiliki keberanian sebaiknya jangan mencobanya dulu atau lebih baik mengajak pendaki professional sebagai pemandu agar keamanan selama pendakian terjamin.

Komentar

Jul 13, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *