Ketenangan Dan Keindahan Bawah Laut Di Pulau Cemara Besar Karimunjawa

pulau-cemara-besar-karimunjawa-jepara
Photo by @choro_chorone

Karimunjawa selalu menghadirkan pesona wisata bahari  di jawa tengah yang luar biasa sehingga sayang dilewatkan begitu saja. Kenyataan ini tentunya membuat banyak orang penasaran untuk menjejakkan kaki di pulau ini. Mengingat namanya sendiri juga sudah cukup tersohor dan menjadi incaran banyak wisatawan baik domistik maupun wisatawan mancanegara.

Kepuluan Karimunjawa memiliki luas perairan kurang lebih 110.000 hektar dan kurang lebih 1500 hektar daratan. Di dalamnya tersimpan kekayaan bawah laut yang beraneka ragam. Tiba di pulau ini menyaksikan keindahan bawah laut dengan cara snorklling dan diving rasanya menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan.

Pemerintah Jepara telah menetapkan Karimujawa sebagai Taman Nasional sejak tahun 2001. Karimunjawa merupakan habitat bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta memiliki hampir 400 spesies fauna laut dan 242 jenis ikan hias yang tersebar di perairan Karimunjawa. Kekayaan alam tersebut tentunya tersebar di beberapa pulau yang kerap menjadi incaran para pecinta diving. Salah satunya yaitu Pulau Cemara Besar.

Pulau Cemara Besar memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Endapan pasirnya terbentang luas seolah menyambut wisatawan yang ingin menikmati keindahan sekitarnya. Bila air laut sedang surut searah mata memandang garis pantainya akan semakin jelas terlihat. Berada di pulau ini memang seperti berada di pulau pribadi. Apalagi keadannya pulaunya yang sepi dan nyaman untuk mencari ketenangan.

Letakknya memang sedikit lebih jauh dari pulau utama Karimunjawa. Namun, semakin jauh jarak yang ditempuh kamu akan menemukan kekayaan sekaligus keasrian alam dari sebuah pulau. Bila ingin mengelilingi Pulau Cemara Besar hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pulau Cemara Besar memiliki air laut yang jernih dan dengan pasir pantainya yang berwarna putih dan bersih. Di sepanjang pesisir pantainya banyak ditumbuhi pohon cemara yang cukup lebat sehingga dari kejauhan tampak indah dan sejuk. Dari sinilah nama Pulau Cemara terbentuk. Sebenarnya di Karimunjawa sendiri terdapat dua Pulau Cemara yaitu Pulau Cemara Besar dan Cemara Kecil.

Pulau Cemara Besar memiliki wilayah perairan yang sangat dangkal. Sehingga saat tiba di pulau ini kamu harus turun dari kapal kemudian berjalan kaki dari garis pantai menuju daratan. Pulau Cemara besar juga terkenal dengan keindahan biota lautnya yang luar biasa.

Sebelum tiba di pulau ini kamu akan menemukan ikan-ikan kecil yang berwarna warni sedang berenang. Ikan tersebut akan terlihat jelas tanpa menggunakan penghalang mengingat air lautnya yang sangat jernih. Tidak hanya itu saja selama perjalanan menuju daratan akan menemukan ikan-ikan cantik yang berenang tak jauh di sekitar perairan.

Melihat lebih jauh ke dalam lautan bisa melakukan snorkeling maupun diving di spot-spot tertentu dengan menyaksikan keindahan bawah laut. Berbagai macam terumbu karang akan kamu dapatkan disini.

Mulai dari table coral, staghon coral, brain coral dan beberap jenis terumbu karang lainnya yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pulau Cemara Besar juga kerap dijadikan sebagai pelatihan scuba diving bagi pemula karena tidak memiliki kedalaman yang tinggi.

Pulau Cemara Besar memiliki suasana sejuk dengan banyaknya pohon cemara yang tumbuh di daratan. Beristirahat di daratan sambil menikmati keindahan laut yang tersaji di depan mata dapat memberikan ketenangan bagi wisatawan. Gradasi warna laut yang menyejukkan mata tentunya menjadi pengalaman tersendiri dan tidak didapatkan di tempat lain.

Bila ingin mengunjungi Pulau Cemara Besar sebaiknya datang setelah musim angin timur yaitu bulan Agustus-September. Setelah musim tersebut air laut sedang surut sehingga bisa menikmati pasir pantai yang cantik dan ombak juga tidak terlalu besar. Bisa juga pada saat musim pancaroba sekitar pertengahan Maret-Juli gelombang laut juga cenderung lebih tenang.

pulau-cemara-besar-karimunjawa-jepara-2

Photo by @karimunjawa.travel

Akses Menuju Pulau Cemara Besar  Karimunjawa Jepara

Bila berada di luar Jawa Tengah bisa menggunakan perjalanan udara menuju Semarang. Dari Semarang lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Jepara. Tiba di Pelabuhan Kartini menyebrang ke Karimunjawa dengan kapal yang tersedia yaitu Kapal Feri atau Kapal Cepat Express Bahari.

Namun sebaiknya periksa jadwal keberangkatan kapal terlebih dahulu. Kapal hanya berangkat pada waktu-waktu tertentu sehingga jangan sampai liburanmu terkendala karena masalah transportasi.

Penyebrangan dengan kapal cepat membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Namun bila menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan Kapal Feri dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.

Dari pulau Karimunjawa kamu harus menyebrang lagi menuju Pulau Cemara Besar menggunakan kapal nelayan. Dari Pulau Karimunjawa, Pulau Cemara Besar dapat ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit.

Fasilitas di Pulau Cemara Besar Karimunjawa Jepara

Pulau Cemara Besar merupakan pulau yang tak berpenghuni sehingga cocok menjadi tempat untuk mencari ketenangan. Namun, saat ini tidak terdapat akomodasi berupa hotel ataupun penginapan di pulau ini. Penginapan dan hotel akan tersedia di pulau utama Karimunjawa agar lebih leluasa.

Komentar