Melihat Kehidupan Penyu Laut Di Pantai Watu Leter Malang

pantai-watu-leter-malang
photo by ahmadlabibalfikri

Suasana alam yang menyenangkan, deburan ombak yang menyejukkan kerap menjadi pilihan banyak wisatawan untuk berlibur. Perjalanan yang tak bersahabat dan berkelok tentunya bukan halangan untuk mencapai lokasi yang diinginkan.

Pantai di pesisir selatan Malang seolah tak pernah berhenti menawarkan keindahan alam pantai yang luar biasa. Tak hanya itu saja kamu akan mendapatkan sensasi petualangan yang menyenangkan di setiap pantai yang berbeda.

Masih di wilayah pesisir selatan Malang, Pantai Watu Leter juga bisa menjadi pilihan menarik untuk berwisata. Namun lokasi menuju pantai ini memang tidak mudah. Letaknya berada di Dusun Rowotrate Desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pantai Watu Leter berjarak sekitar 60 km dari kota Malang. Kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Malang untuk mencapai lokasi dengan kendaraan bermotor.

Wisata Rekomendasi

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Watu Leter Malang

Berangkat dari kota Malang ambil arah ke selatan atau menuju Sumbermanji Wetan. Ikuti arah menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah menemukan pertigaan terdapat sebuah penunjuk jalan menuju arah kanan atau menuju Pantai Bajulmati dan Goa China.

Lokasi Pantai Watu Leter memang tak jauh dari Goa China. Keadaannya pantainyapun hampir sama hanya saja terdapat beberapa perbedaan yang membuat Pantai Watu Leter lebih nyaman untuk mencari ketenangan.

Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan selatan yang begitu indah. Jalan berkelok dan hamparan sawah dan perbukitan akan mudah ditemukan di sepanjang perjalanan. Namun, jangan terkejut bila dalam perjalanan kamu menemukan jalanan yang rusak sehingga susah dilalui oleh kendaraan bermotor.

Terutama bila musim hujan tentunya jalanan licin sehingga pengendara harus berhati-hati. Sekitar 1 km dari Jembatan Bajulmati, pintu masuk menuju Goa China akan terlihat. Untuk sampai menuju Pantai Watu Leter memang harus melewati Goa China. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Pantai Watu Leter.

Akses selanjutnya memang susah ditempuh. Jalanan lebih sempit dan tidak bisa dilalui oleh mobil. Kamu harus melewati hutan bakau, melewati jalan bebatuan yang cukup tajam dan rumput liar. Dari sini Pantai Watu Leter sudah mulai terlihat namun untuk mencapai lokasi harus turun ke bawah sekitar 1,5 meter. Kamu bisa memarkir motor di sini kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Akses menuju Pantai Watu Leter sebenarnya juga bisa ditempuh dari Pantai Goa China yang lebih mudah. Tiba di Goa China kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalanan kaki sekitar 100 meter ke arah barat. Jalan yang dilalui berupa jalan setapak dengan waktu tempuh selama 25 menit.

pantai-watu-leter-malang-1

photo by @wijapuccino

Keindahan Pantai Watu Leter Malang

Perjalanan menuju Pantai Watu Leter memang tidak mudah. Namun semuanya akan terbayar dengan keindahan alam sekaligus suasana pantai yang lebih tenang. Berbeda dengan Pantai Goa China, panti ini lebih sepi pengunjung sehingga lebih bersih dan pantainya lebih jernih.

Pemandangan ombak yang tenang dengan batu karang yang timbul tenggelam semakin menyempurnakan keindahan Pantai Watu Leter. Pasir pantainya yang berwarna putih memungkinkan pengunjung untuk bermain di sekitar pantai. Sepanjang mata memandang akan menemukan beberapa batu karang yang berada di tengah lautan dan menjadi daya tarik di pantai ini.

Keberadaan batu karang ini juga menjadi asal usul terbentuknya nama Watu Leter. Menurut warga setempat nama ini sebenarnya diambil dari salah satu tebing yang bagian ujungnya lebih datar. Dalam bahasa Jawa dinamakan leter. Tebing yang tampak datar ini memang terlihat lebih menonjol diantara yang lainnya. Beberapa orang juga menyebutnya dengan Pantai Ngleter.

Daya tarik Pantai Watu Leter tak hanya terletak pada keindahannya saja. Pantai ini juga menjadi kawasan tempat pendaratan penyu untuk bertelur. Pada waktu tertentu juga bisa menyaksikan pelepasan penyu abu-abu. Wisata akan semakin menyenangkan dengan melihat lebih dekat kehidupan penyu saat berada di daratan dan bertelur di pasir pantai.

Tentunya dengan menjaga jarak agar saat proses tersebut penyu tidak merasa terganggu. Lokasi Pantai Watu Leter memang masih sangat alami dan sepi pengunjung. Lokasi ini dirasa paling tepat untuk menjadi tempat pusat pelestarian penyu dan ekowisata.

Daya tarik lainnya di sekitar pantai terdapat sebuah sungai dan hutan mangrove. Hutan ini dikelilingi air payau tenang berasal dari Sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter. Nikmati suasana pantai yang menyenangkan sambil menyusuri sungai yang dipenuhi hutan mangrove menggunakan perahu.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Leter Malang

Pantai ini memang belum banyak dikenal dikalangan wisatawan. Akses menuju Pantai Watu Leter juga tergolong susah. Belum ada fasilitas yang tersedia di pantai ini seperti toilet, musholla ataupun warung makan.

Untuk itu kamu harus membawa bekal sendiri ketika berlibur di pantai. Namun, yang perlu diperhatikan sebaiknya tidak meninggalkan sampah di sekitar pantai agar kebersihan dan keindahan pantai tetap terjaga.

Komentar