Melihat Langsung Atraksi Lumba-lumba Liar Di Pantai Lovina Bali

lumba lumba liar pantai lovina bali3

Kalau Bali hanya diwakilkan dengan tanah lot atau pantai kuta maka anda salah. Pantai Lovina merupakan salah satu pantai yang sudah menjadi bahan wisata terbaru di Bali. Memang keindahan bali tidak pernah habis dieksplor, bukan hanya alam yang indah, budaya yang sangat kental, masyarakat yang khas dan cara hidup serta makanan yang enak menjadikan Bali seperti ikon dari surga dunia. Nah, salah satunya pantai Lovina di Bali. Bagi anda yang baru tahu pantai ini mungkin ada baiknya melihat ulasan artikel ini.

Pantai Lovina Bali

Tepat di 10 KM ke arah barat kota Singaraja terdapat pantai lovina yang letak administratifnya berada di Desa Kalibukbuk, kabupaten Buleleng, Bali. Dengan begitu daerah ini juga dikenal sebagai wisata kalibukbuk karena terletak di desa dengan nama yang serupa.

Pantai lovina ini menyuguhkan hal berbeda dengan pantai di Bali lainnya. Jika umumnya hanya memberikan hamparan pasir putih dan sunset yang sangat indah, justru di pantai lovina pantainya berpasir hitam dan alami.

lumba lumba liar pantai lovina bali1

Hal ini tentu menjadi hal yang berbeda dengan pantai di Bali biasanya. Selain itu para wisatawan sering menggunakan kapal untuk pergi ke tengah laut perairan pantai lovina Bali dan melihat kawanan lumba-lumba berenang bebas sekitar 1 km dari bibir pantai. Tentu saja, melihat lumba-lumba bukan wisata yang bisa didapatkan dimana saja. Pantai lovina juga merupakan pantai dengan ombak yang tenang.

Tips wisata ke Lovina

Bagi anda yang ingin pergi ke pantai Lovina mungkin bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini, agar wisata anda tetap menyenangkan.

  1. Letak pantai Lovina lumayan jauh jadi anda harus berangkat atau pergi sebelum hari anda memutuskan wisata. Jaraknya dari Denpasar sekitar 100 KM dan tentu memakan waktu beberapa jam. Jika anda ingin berwisata mulai dari pagi ada baiknya anda menginap dari malam sebelumnya sehingga wisata anda bisa dimulai dari pagi hari.
  2. Jika anda memang ingin melihat lumba-lumba tidak ada jaminan 100% anda bisa melihatnya namun gunakan waktu yang pas, umumnya lumba-lumba ada dan berenang sekitar pukul 6 hingga 9 sebelummatahari terlalu terik. Namun ada juga yang merasa bahwa sore hari akan memungkinkan lumba-lumba muncul. Untuk bulan anda bisa pergi sekitar april hingga oktober dimana musim kemarau dan matahari cukup cerah, selain itu cuaca pada laut juga akan tenang.
  3. Perjalanan ke lovina atau denpasar-lovina memakan waktu yang lama. Usahakan anda sudah menyewa hotel atau penginapan. Salah satunya anda bisa menyewa atau menggunakan jasa paket murah wisata atau agen perjalanan. Dengan begitu anda tidak perlu susah untuk menyewa hotel dan mengurus wisata. Namun jika anda ingin bebas jalan-jalan terpisah maka anda bisa menyewa hotel di sekitar pantai lovina. Untuk hotel biasa anda bisa dapatkan dengan harga 200 ribu perkamar untuk dua orang permalamnya. Setiap fasilitas tentu memiliki harga yang berbeda.
  4. Lovina tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai hitam atau lumba-lumba saja. Anda bisa pergi ke tempat wisata lain seperti danau buatan bedugul dan juga air terjun. Jika anda memiliki waktu anda juga bisa pergi ke dua tempat ini, namun jalanan yang ditempuh agak berkelok dan juga terjal.

lumba lumba liar pantai lovina bali

Akses ke pantai lovina

Jika anda bermula dari denpasar maka anda bisa menggunakan jasa agen travel untuk membawa anda ke pantai lovina yang jaraknya memang cukup jauh. jika menggunakan rute dari denpasar hanya menempuh waktu 2 – 3 jam dengan rute yang tajam dan berbelok.

Tentu saja bagi anda yang mudah mabuk pasti agak sulit menempuh jarak ini.  Anda bisa menggunakan angkutan umum  dengan menggunakan mobil yang mmebawa anda dari denpasar ke terminal ubung, dari terminal tersebut baru bisa menyambung dengan bis menuju lovina.

Selain itu anda bisa menggunakan sewa mobil jika pergi bersamaan atau rombongan. Jika anda memilih berangkat dari gilimanuk anda bisa menempuh menggunakan kendaraan agak lebih lama sekitar 4 jam namun jalan yang dilalui bisa lebih nyaman karena tidak berkelok dan hanya menggunakan rute lurus saja. Namun perjalanan ini bisa menjadi perjalanan yang cukup nyaman.

lumba lumba liar pantai lovina bali7

Fasilitas lainnya

Budget tipis jangan menjadi kendala untuk pergi ke pantai lovina. Memang karena letaknya yang agak jauh cukup menghabiskan budget untuk perjalanan. Namun ketika sampai di tempat baik makanan, tempat menginap semua bisa dicari menggunakan harga yang murah.

Penginapan biasa bisa didapat dari harga 100ribu permalam, lalu untuk makan pilihlah warung makan, restoran pinggir jalan, sampai kafe yang menyediakan  live music. Gunakan restoran yang berharga standar dan terjangkau jika budget anda terbatas. Anda juga bisa mencoba anggur wine Hatten di daerah buleleng dengan harga per gelas yang medium atau standar.

Namun jika anda ingin fasilitas yang sesuai anda juga tidak perlu khawatir, walaupun jauh dari objek wisata Bali yang direkomendasikan namun daerah Buleleng juga menawarkan cukup banyak hotel berbintang dan juga hotel dengan harga yang bagus namun fasilitas yang bagus juga.

lumba lumba liar pantai lovina bali4

Akomodasi juga bisa didapatkan dengan menyewa tanpa perlu naik kendaraan umum. Untuk aktivitas yang dilakukan baik berbudget tipis maupun anda yang mengeluarkan kocek tebal anda sama-sama bisa menikmati wisata bawah laut seperti snorkeling atau melihat lumba-lumba berenang bebas di lautan.

Setiap wisata hanya dikenakan dibawah 100ribu perorang. Untuk anda yang ingin mengajak anak anda berenang dipantai tanpa harus memilih hotel yang memberikan fasilitas kolam renang bisa langsung diajak, karena ombak di pantai ini aman dan diizinkan untuk berenang bebas, selama masih dalam batas dan jarak yang sudah diberikan pemerintah setempat.

Komentar