Memaju Adrenaline Dengan Gondola Tradisional Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

pantai timang gunungkidul jogja1

Apakah Anda adalah seseoarang yang suka menikmati tantangan? atau Anda adalah pencari tantangan? Pantai Timang akan menjawab segala tantangan Anda dan mampu menguji nyali Anda untuk bertarung di Pantai Timang.

Pantai Timang adalah sebuah pantai yang akan menantang para traveler untuk membuktikan nyalinya dalam menyeberangi karang berombak besar dengan menggunakan gondola/kereta gantung tradisional yang akan digerakkan oleh tenaga manusia.

Gondola akan  ditarik dari bibir pantai menuju ke pulau kecil yang bernama Pulau Watu Panjang. Anda jangan berpikir jika bentuk kereta gantung seperti yang terdapat di Taman Mini karena kereta gantung buatan warga ini sangatlah unik dimana terbuat dari kayu dengan tali penghubung berupa tali tambang. Warga berpikir penggunaan tali tambang lebih kuat menghadapi air laut yang korosif dibandingkan dengan sling yang terbuat dari besi ataupun baja.

Gondola kayu yang terdapat di Pantai Timang bukanlah fasilitas penunjang wisata yang disediakan oleh pemerintah Gunung Kidul melainkan wahana tersebut adalah alat transportasi yang biasa digunakan nelayan setempat untuk berburu lobster yang merupakan salah satu produk unggulan warga setempat.

pantai timang gunungkidul jogja2

Gondola Tradisional ala Pantai Timang

Awal mulanya menyeberang menggunakan kereta gantung ini tidak berbayar. Namun, karena warga melihat potensi yang ada, kemudian warga setempat mengkomersialkannya atau dengan kata lain kini harus berbayar. Untuk sekali menyeberang, warga memberikan tarif sebesar Rp 200.000. Memang cukup mahal, namun harap dimaklumi karena untuk menarik kereta gantung diperlukan tenaga yang sangat banyak dan juga keahlian khusus. Dijamin pengalaman dan kenangan serta keindahan yang akan didapatkan mampu melupakan harga yang telah Anda bayar.

Lokasi, Rute dan Transportasi Menuju Pantai Timang

Pantai Timung tidak cukup terkenal karena bukan merupakan objek wisata. Wajar saja akan ada banyak wisatawan yang  mengalami kesulitan dalam  menemukan lokasi pantai ini. Jika anda sedang backpacking dan berniat untuk mengunjungi Pantai Timang, pilihan terbaiknya adalah menyewa sepeda motor .

Dari arah Wonosari, Anda lanjutkan perjalanan ke arah Jalan Baron. Sampai pada  pertigaan Mulo, Anda belok kiri ke arah Pantai Siung, kemudian dilanjutkan hingga bertemu pasar Dakbong. Dari sini Anda bisa bertanya ke warga setempat arah menuju Pantai Timang. Persiapkan diri Anda karena perjalanan menuju pantai Timang cukup jauh yaitu sekitar 5 kilometer dan jalan yang dilalui terjal berbatu yang tentu menguras tenaga dan ekstra hati-hati. Namun, perjuangan Anda tidak akan mengkhianati hasilnya.

pantai timang gunungkidul jogja

Lokasi Pantai Timang Gunungkidul Jogja

Pantai Timang berada di Dusun Danggolo yaitu terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus yang termasuk pada Kabupaten Gunung Kidul. Dari Wonosari yaitu  ibukota kabupaten terdapat pantai berbatu terjal yang berjarak kurang lebih 35 kilometer. Cukup jauh dari pusat Yogyakarta. Namun, keindahan Pantai Timang akan membayar segala tenaga yang anda keluargakan karena keindahannya yang tidak hanya sebuah tipuan.

Tips Berlibur ke Pantai Timang Gunugkidul Jogja

Untuk menghindari kelaparan saat berkunjung ke Pantai Timang sebaiknya Anda  membawa bekal yang dibawa sejak awal dari Jogja atau Anda bisa  membelinya di Wonosari yang relatif masih mudah menemukan minimarket.

Menikmati alur pantai yang masih asri dan belum terjamah oleh banyak manusia tentu menjadi sensasi tersendiri. Berpetualang terlebih dahulu sebelum menemukan yang dicari adalah hal yang mengesankan. Ayo rencanakan liburan hebatmu bersama sahabat menuju Pantai Timang Jogjakarta.

Komentar