Menelusuri Jejak Kejayaan Kerajaan Budha Di Candi Borobudur Magelang

wisata budaya candi borobudur

Anda mungkin bosan karena wisata di Indonesia itu-itu saja. Pantai, laut dan berkisarpada gugusan pulau. Nah, salah satu tempat wisata ini juga sangat diminati banyak wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Candi borobudur merupakan tempat wisata yang tidak biasa atau berbeda dan unik dibandingkan wisata lainnya di Indonesia. Apa yang membuatnya unik ? lalu bagaimana jika anda ingin ketempat wisata ini ?

Candi borobudur magelang

Candi borobudur merupakan bangunan yang dinamakan candi dengan lokasi kurang lebih 40 KM di sebelah barat laut dari Yogyakarta. Kota Yogya dipilih karena lebih dekat menuju ke Magelang. Candi borobudur berbentuk stupa didirikan oleh tokoh agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi.

Ketika itu masih pemerintahan wangsa syailendra dan Indonesia masih dikuasai oleh kerajaan Hindu dan Budha. Borobudur menjadi kuli dan candi yang terbesar di dunia. Tentu saja hal ini menjadikan candi borobudur sebagai warisan di dunia. Candi borobudur dimasukan kedalam warisan dunia UNESCO oleh PBB dengan kawasan khusus Asia Pasifik.

wisata budaya candi borobudur2

Candi borobudur terdiri dari enam teras berbentuk kotak atau bujur sangkar dan diatasnya ada tiga pelataran yang berbentuk melingkar. Seluruh dindingnya dihiasi dengan 2.672 relief dan aslinya terdapat 504 arca Budha.

Tentu saja karena borobudur menjadi candi terbesar maka borobudur memiliki koleksi relief terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa yang mengelilingi borobudur terdapat sebanyak 72 buah dengan posisi bersila dan posisi teratai sempurna.

Keindahan candi borobudur magelang

Borobudur merupakan keindahan atau cipta karya seni. Dari sisi manapun borobudur memiliki daya tarik sendiri. Bangunan ini diilhami dari India antara lain stupa dan mandala, tetapi juga dipercaya sebagai kelanjutan unsur lokal.

Beberapa orang merasa arsitek borobudur merupakan keindahan dan susunan unik yang tidak bisa dibuat atau ditiru dengan mudah. Jika dilihat dari keseluruhan, borobudur merupakan sebuah stupa yang membentuk pola mandala besar.

Pembuatan borobudur memang berdasarkan filosofi dan pengertian khusus bagi masyarakat yang menganut agama Budha saat itu. Bukan sembarangan bangunan yang didirikan. Bangunan borobudur terdiri dari 3 bagian yaitu Kamadhatu atau bagian kaki borobudur yang melambangkan nafsu rendah. Sebagian besar tertutup tumpukan batu yang berfungsi untuk memperkuat bangunan. Selain itu sebagian kaki aslinya masih terbenam atau tersembunyi.

wisata budaya candi borobudur3

Bagian selanjutnya disebut Rupadhatu, bangunan ini terdiri dari empat lorong dengan 1300 gambar relief dan panjangnya yang mencapai 2,5 KM. Rupadhatu adalah dunia dimana membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat bentuk serta rupa. Sedangkan terakhir adalah Arupadhatu, bagian ini dinamakan arupadhatu karena berarti tidak berupa dan berwujud. Namun belum mencapai nirwana, pada pelataran lingkaran terdapat beberapa stupa kecil.

Wisata di daerah candi borobudur

Karena borobudur merupakan candi dengan dasar dibuat nya berdasarkan agama dan budaya maka tentu saja wisata bodobudur dikatakan sebagai wisata budaya, agama dan pendidikan. Jika anda menyukai sastra, seni dan budaya tentu saja candi borobudur merupakan wisata wajib yang harus anda lakukan dan kunjungi.

Selain itu candi ini merupakan tempat objek fotografi. Tempatnya yang berasal dari tanah lalu semakin tinggi ke atas bisa menjadikan anda mendapatkan pemandangan cantik di atas borobudur. Selain itu anda juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam dengan pemandangan terbuka dari atas borobudur. Selain itu anda juga bisa menikmati daerah sekitar.

Di sekitar candi borobudur anda bisa menyewa sepeda dan berkeliling di halaman candi yang sangat luas, anda juga bisa mengajak anak-anak untuk menikmati andong dan juga membeli souvenir. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dan cukup murah untuk daerah wisata terkenal dengan tingkat dunia.

Jika anda sedang datang disaat waisak atau perayaan agam Budha atau anda datang ketika bulan purnama bulan mei maka akan ada upacara agama yang diadakan di candi borobudur. Selain itu ketika acara sering diadakan pelepasan lampion terbang untuk mengharapkan hal terbaik. Sehingga langit borobudur akan lebih indah pada hari tersebut.

wisata budaya candi borobudur1

Tiket dan biaya di candi borobudur

Untuk biaya tiket wisata, anda hanya mengeluarkan kocek sekitar 30.000/orang untuk dewasa dan anak-anak 12.500/orang. Untuk WNA atau warga negara asing maka dikenakan harga 15 USD untuk dewasa dan 8 USD untuk anak-anak.

Candi ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 17.00 sore. Anda bisa datang pagi dan masuk ketika candi pertama kali buka untuk melihat sunrise atau ketika akan tutup untuk melihat matahari terbenam. Hari dengan intensitas pengunjung tinggi tentu saat sabtu dan minggu serta hari libur nasional. Untuk hari biasa tidak terlalu padat kecuali ada kunjungan anak-anak sekolah wisata budaya ke candi borobudur.

Transportasi ke Candi borobudur magelang

Jika anda ingin ke candi borobudur bermula dari bandara maka anda bisa menggunakan bis Damri atau transjogja menuju ke Jombor Sleman dengan harga murah yaitu 5000 rupiah. Kemudian anda bisa mengambil bis ke candi borobudur dari terminal Jombor untuk domestik maka anda akan mendapatkan harga 10.000 sedangkan untuk WNA dikenakan tarif 20.000.

Jika anda bukan dari bandara maka anda bisa mendapatkan kereta api ke stasiun tugu jogja atau stasiun lempuyangan yogyakarta, setelah itu anda bisa meneruskan menggunakan bis. Bisa juga anda menggunakan bis langsung ke borobudur dimulai dari Terminal giwangan lalu menaiki bis khusus ke borobudur.

Tarif yang dikenakan tidaklah terlalu mahal, untuk transportasi tidak akan menghabiskan lebih dari 50.000 perorang terutama jika anda merupakan wisatawan domestik. Untuk anda yang bersama rombongan, anda bisa menggunakan jasa sewa travel atau mobil untuk menuju ke borobudur.

Komentar