Menelusuri Keindahan Alam Di Sungai Maron Pacitan Jawa Timur

sungai maron pacitan2

Sungai maron adalah sebuah destinasi wisata alam di pacitan yang baru saja di garap oleh pemerintah setempat yang bekerjasama dengan pengelola wisata lokal. Sebuah destinasi wisata alam di pacitan yang menurut kami paling berbeda. Pacitan yang lebih dikena dengan kabupaten seribu goa ternyata memiliki potensi wisata lama telusur sungai maron yang sedikit unik.

Sungai maron sendiri adalah sebuah sungai di pacitan yang memiliki air sangat jernih dan juga bersih. Sejaka jaman dahulu sungai maron pacitan ini memang sudah digunakan oleh warga lokal pacitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih

Berwarna kehijauan jernih adalah salah satu ciri khas sungai maron jawatimur. Bahkan banyak yang menyebut sungai ini sebagai green canyon nya jawatimur. Ya karakteristik air sungai maron dengan green canyon di pangandaran memang hampir sama.

sungai maron pacitan3

Lokasi dan rute menuju ke sungai maron pacitan

Secara administratif, wisata alam sungai maron ini berada di desa dersono, kecamatan pringkuku, pacitan jawatimur. Sebuah kabupaten kecil paling barat dari provinsi jawatimur yang berbatasan langsung dengan wonogiri jawa tengah.

Lokasi wisata air sungai maron sendiri berada di titik kordinat  8°12’07.1″S 110°57’26.0″E . cukup copy paste titik korrdinat tersebut untuk mencari lokasi wisata sungai maron pacitan jawatimur.

Jika anda berada di kota yogyakartasungai maron berjara sekitar 120km, atau sekitar 100 km dari pusat kota Solo. Jalur paling direkomendasikan adalah dari kota Solo dengan melalui Jln. Raya Solo – kota Pacitan.  Sampai dipacitan cari jalur menuju ke desa dersono , kecamatan pringkuku.

Jalan raya menuju ke wisata alam sungai maron tergolong masih belum mulus.selain itu jalan memiliki tikungan tajam dan sedikit agak sempit .Jadi selain performa mesin yang optimal di butuhkan juga driver yang lincah.

sungai maron pacitan4

Fasilitas di wisata alam sungai maron pacitan

Fasilitas utama di wisata alam sungai maron adalah perahu wisata. PEngunjung akan di ajak menelusuri keindahan sungai maron yang memiliki rute wisata sekitar 45 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan.

Perahu wisata di sungai maron adalah milik warga lokal yang sengaja di sewakan untuk bisnis pariwisata. Satu perahu wisata bisa menampung sekitar 5-6 orang dengan tarif 100.000 – 150.000 . cukup murah di bandingkan dengan keindahan alam yang akan kita alami.

Sayangnya untuk fasilitas warung makan dan toilet masih tersedia dengan jumlah terbatas. Oni dikarenana wisata alam sugai maron baru saja dirilis dan diperkenalkan di dunia wisata indonesia.

sungai maron pacitan1

Keindahan sungai maron pacitan

Pengunjung sungai maron pacitan akan dis uguhkan dengan keindahan alam yang masih hijau alami di sepanjang pinggir sungai. Dengan karakter air yang jernih dan berwarna sedikit kehijauan pengunjung akan sesekali dapat melihat beberapa jenis ikan bersliweran. Di sungai maron sendiri adalah salah satu habitat alami ikan kakap merah.

Pengunjung nanti akan sedikit dijelaskan oleh tour guide lokal mengenai sejarah dan keindahan alam sungai maron. Guide sungai maron sendiri adalah warga lokal yang notabene telah benar-benar mengerti banyak hal tentang sungai maron pacitan.

Sungai Maron sendiri bermuara di sebuah pantai, yaitu pantai Ngiroboyo.Sebuah pantai di jawatimur yang jarang di eksplorasi. Sejak tahun 2012 lalu di muara sungai maron  di adakan festival dayung 300 meter.

Nah bagaimana ? menarik bukan wisata sungai maron pacitan jawatimur ini? Saya rasa tempat wisata ini rekomended banget bagi kalian yang menyukai wisata alam sekaligus wisata air.

Komentar