Menelusuri Keindahan Goa Bawah Tanah Di Goa Tanding Gunungkidul

goa-tanding-gunungkidul-jogja-1

Daerah Gunung Kidul seolah tak berhenti menawarkan eksotisme alam menarik yang wajib ditelusuri. Bila mencari lokasi wisata seru yang menantang adrenalin, coba datangi goa yang terletak di wilayah Gunung Kidul. Goa Pindul salah satunya yang menjadi wisata hits dan tak pernah sepi pengunjung. Bahkan pada periode libur lebaran Goa Pindul ramai dikunjungi hingga mencapai 1.000 pengunjung.

Satu lagi goa menarik yang patut kamu kunjungi yaitu Goa Tanding. Melihat namanya Goa Tanding bukanlah tandingan dari Goa Pindul yang sudah lebih dahulu populer. Meskipun wisata alam ini hampir mirip dengan Goa Pindul yaitu wisata alam susur gua atau gua bawah tanah, namun Goa Tanding menawarkan wisata susur goa yang berbeda.

Goa Tanding memiliki ruang yang lebih besar dan luas serta lorong yang lebih panjang. Goa Tanding juga bisa menjadi alternatif pilihan wisata yang tak kalah menarik dari Goa Pindul. Mengingat Goa Pindul sendiri selalu ramai dikunjungi wisatawan yang jumlahnya mencapai ribuan. Kamu bisa menikmati keindahan goa yang lebih tenang dan juga aman karena akan dipandu oleh petugas wisata.

Obyek wisata ini memang masih tergolong baru dan saat ini dikelola oleh Pokdarwis Sadamwisata. Wilayah Gunung Kidul merupakan daerah yang potensial untuk wisata dimana daerahnya sendiri dikelilingi oleh perbukitan dan gunung karst. Didalamnya ternyata juga terdapat goa yang dialiri air sungai. Saat ini lokasi wisata Goa Tanding juga sudah dikelola dengan baik.

Memasuki wilayah Goa Tanding kamu akan diajak untuk menelusuri goa melalui susur sungai sepanjang 450 meter. Berbeda dengan Goa Pindul yang menggunakan ban karet, kali ini menyusuri Goa Tanding akan menggunakan perahu karet berkapasitas 6 orang. Perbedaan lainnya yaitu terketak pada pintu masuk maupun keluarnya. Dimana Goa Tanding sendiri hanya memiliki satu pintu untuk jalan masuk dan keluar.

Namun, aliran sungai Goa Pindul dan Goa Tanding masih satu aliran sungai bawah tanah. Mengingat lokasinya juga tak jauh tepatnya berada di sebeah selatan Goa Pindul. Suasana sunyi dan gelap akan terasa saat pertama kali memasuki goa.

Setelah itu kamu akan menemukan pemandangan luar biasa berupa ornamen goa yang unik. Stalakmit dan stalaktit yang masih aktif akan tampak berkilauan saat terkena sinar lampu senter.

Goa dengan lebar 1-8 meter dengan ketinggian 4-11 meter akan membuatmu leluasa menyusuri keindahan stalakmit dan stalaktit yang berada di sepanjang goa. Kedalaman airnya bervariasi yaitu sekitar 2-4 meter.

Namun, tak hanya itu saja Goa Tanding menawarkan terapi ikan bagi pengunjung. Letaknya sekitar 20 meter namun harus turun ke bawah dari arah pintu masuk. Di sini kamu akan merasakan terapi ikan di air yang jernih dan mengalir bukan pada kolam buatan seperti terapi ikan pada umumnya.

Bila menyukai tantangan kamu bisa mencoba rappelling roap menuju dasar goa. Di kawasan ini juga terdapat Kedung Buntung atau Dungbuntung serta mata air Sumber Ngancar yang tak kalah indah.

goa-tanding-gunungkidul-jogja

Mengingat namanya sebutan Goa Tanding sendiri memang bukan tanpa alasan. Nama Goa Tanding diambil dari nama warga yang pertama kali menemukan Goa Tanding yaitu Harto Tanding.

Beliau mengggali sumur namun tak kunjung menemukan air yang keluar. Semakin dalam mengggali justru linggis atau alat menggali sumur menembus rongga yang ada di perut bumi. Sejak ditemukan goa ini juga tidak memiliki akses keluar masuk kecuali melalui sumur Mbah Harto.

Lokasi Menuju Goa Tanding Gunungkidul Jogja

Secara administratif, lokasi Goa Tanding berada di Desa Bejiharho, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya berada di sebelah selatan Goa Pindul. Bila sudah pernah berkunjung ke Goa Pindul yang lebih dahulu terkenal tentu tak kesulitan untuk mencapai Goa Tanding.

Bila berangkat dari Yogjakarta jaraknya sekitar 45 km selama 1 jam perjalanan dengan naik kendaraan bermotor. Sedangkan bila berangkat dari Bandara Adisucipto Yogjakarta dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit.

Berangkat dari kota Yogjakarta ambil arah jalan Wonosari sampai bertemu bundaran Wonosari. Dari sana ambil jalan ke kiri kemudian kamu akan menemukan banyak penunjuk jalan menuju Goa Tanding. Bila masih bingung kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar.

goa-tanding-gunungkidul-jogja-2

Biaya Retribusi  di Goa Tanding Gunungkidul Jogja

Harga tiket masuk Rp 10.000

Wisatawan lokal Rp 150.000/orang

Wisatawan mancanegara Rp 200.000/orang

Fasilitas di Goa Tanding Gunungkidul Jogja

Harga tersebut memang tergolong mahal. Namun, kamu tak perlu khawatir karena harga tersebut sudah termasuk perahu karet yang mengangkut 6 orang, jaket pelampung, helm pelindung, sepatu karet, pemandu, makanan dan minuman, terapi ikan, parkir, toilet dan tempat dan tempat ganti. Jadi kamu bisa menikmati liburan yang menyenangkan di Goa Tanding.

Komentar