Mengejar Keindahan Sunrise Di Bukit Punthuk Setumbu Magelang

sunrise-bukit-punthuk-setumbu-magelang3

Dapat menatap terbitnya mentari dari sisi terbaik di bumi selalu dicari hampir semua penduduk di dunia ini. Kita mencari dan merasa menemukannya dari mulai menggambarnya terbit di tengah dua gunung.

Lalu mencoba menatapnya langsung dari atap rumah kita, lapangan luas di kampung sebelah, sampai kemudian kita mulai mencari lebih jauh lagi, seakan kita mencoba mendekati sang mentari. Dan mulailah kita menjelajah. Menuju tempat yang lebih jauh.

Tibalah kita di pantai, mengarungi lautan, mendaki gunung, memanjat pohon, menaiki lantai gedung tertinggi, atau bahkan membangun sendiri tempat khusus bagi kita agar dapat leluasa menatapnya.

Hampir sama banyaknya dengan pencari terbitnya mentari, demikian pula dengan pengunjung Candi Borobudur. Lalu bagaimana jika keduanya dapat Anda nikmati sekaligus dengan cara yang unik ? Jika ingin mengetahui dengan lebih dalam dan lebih dekat, maka Anda harus segera packing dan berangkat menuju Bukit Punthuk Setumbu di Magelang Jawa Tengah.

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang atau pecinta alam sejati, mungkin bukit yang satu ini sudah tidak asing lagi. Bagi Anda yang baru mendengarnya, atau baru mengetahuinya selepas Anda menyaksikan film AADC 2, Anda belum terlambat, keindahan mistikal yang sedap di mata dan indah jika Anda abadikan melalui kamera foto ini masih menunggu Anda.

Punthuk Setumbu, adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 400 meter diatas permukaan laut dan terletak di gugusan pegunungan Menoreh. Bukit ini sebelumnya merupakan area yang merupakan ladang milik warga sekitar.

Hingga pada suatu hari seorang fotografer datang dan mengabadikan gambar terbitnya sinar matahari diatas megahnya candi Borobudur yang seolah melayang di atas awan dikarenakan selimut kabut di sekitarnya.

Mulai dari saat itulah kemudian berdatangan pengunjung ke bukit ini demi untuk menyaksikan matahari terbit dengan suasana yang mistikal ini. Belum lagi ditambah keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang tampak bersamaan dengan terbitnya matahari.

sunrise-bukit-punthuk-setumbu-magelang1

Rute dan lokasi lengkap menuju punthuk setumbu magelang

Alamat lengkap lokasi ini adalah Jalan Borobudur Ngadiharjo KM3, Dusun Kurahan,  Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang tidak jauh dari Candi Borobudur. Dari Yogyakarta, Anda memerlukan waktu kurang lebih 1 jam lamanya untuk sampai di Punthuk Setumbu dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit dikarenakan sudah terdapat papan petunjuk jalan ke arah lokasi tersebut. Memang cara yang paling mudah untuk sampai di tempat ini adalah dengan menuju ke arah Candi Borobudur.

Dari depan Lokasi Taman Wisata Candi Borobudur, Anda harus berbelok ke kiri menuju arah Hotel Manohara, 700 meter kemudian Anda akan menemukan perempatan yang terletak sebelah kiri sebuah Mesjid, dan dari sini Anda harus berbelok ke kanan menuju arah desa Ngaran II, Sekita 700 meter kemudian di perempatan Anda ambil jalan lurus sampai 2,3 kilometer kemudian Anda akan menemui pertigaan dengan petunjuk jalan bertuliskan ‘Borobudur Nirvana Sunrise’ ambil arah ke arah kanan menuju lokasi parkir. Silahkan mengikuti petunjuk tersebut dan sampailah Anda ke Bukit Punthuk Setumbu.

Untuk tiba pada puncak bukit yang merupakan spot terbaik matahari terbit, dari tempat parkir Anda harus berjalan/ trekking selama kurang lebih 15 menit lamanya. Anda harus melalui jalan makadam atau jalan yang terbuat dari pecahan batu yang diatur sedemikian rupa agar padat lalu ditimbun kerikil dan tanah.

Sampai di puncak pada spot yang terbaik, Anda biasanya juga akan bertemu dengan banyak wisatawan berkumpul berjejer di depan pagar pagar pembatas sebagai pengaman. Bagi Anda yang merasa tidak kuat melakukan trekking sampai ke puncak bukit, tidak perlu khawatir. Tidak jauh dari lokasi parkir telah tersedia gazebo dimana Anda dapat menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

sunrise-bukit-punthuk-setumbu-magelang2

Jam Buka bukit punthuuk setumbu magelang

Pukul 04.00 WIB pagi sampai  17.00 WIB. untuk loketnya. Tetapi jika pengujung hendak menginap atau camping di punthuk setumbu, pengelola mempersilahkan, tetapi harus dengan izin pengelola terlebih dahulu

Biaya dan tarif di bukit punthuk setumbu magelang

Harga Tiket Masuk ke lokasi ini adalah Rp.15.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp.30.000,00 untuk wisatawan mancanegara. Biaya parkir mobil Rp.5.000,00

Saran- saran jika hendak piknik ke bukit punthuk setumbu magelang

Wisatawan disarankan untuk sudah tiba di tempat ini sebelum pukul 5 pagi atau sebelum matahari terbit. Bagi Anda yang ingin mengabadikan matahari terbit, untuk mendapatkan gambar terbaik ada baiknya Anda datang ke tempat ini pada musim kemarau atau sekitar bulan Juni-Agustus.

Pada musim kemarau, matahari akan terlihat dengan jelas tidak diselimuti awan mendung sehingga Anda akan mendapatkan gambar yang sempurna. Lagipula jalan menuju lokasi ini tidak becek karena hujan sehingga memudahkan akses Anda menuju ke tempat ini. Sedangkan untuk  menyaksikan Candi Borobudur yang berselimut kabut, Anda dapat datang kapan saja.

sunrise-bukit-punthuk-setumbu-magelang

Fasilitas di bukit punthuk setumbu magelang

Area parkir yang hanya cukup untuk kira-kira 10 mobil saja, tetapi rumah penduduk di sekitarnya juga bisa dijadikan tempat parkir dengan meminta ijin dan menbayar biaya parkir. Fasilitas yang lain adalah loket penjualan tiket,  toilet, tempat beristirahat, mushola, dan warung makan.

Komentar