Menikmati Jogja Dari Lantai 2 Di Gunung Api Purba & Embung Nglanggeran

gunung api purba dan embung nglanggeran 1

Gunung api purba nglanggeran sebenarnya sudah tidak asing lagi para mahasiswa geologi. Gunung api purba sering digunakan untuk praktek dan mempelajari struktur geologi. Tapi lambat laun keindahan gunung api purba tersebar juga, Apalagi sekarang di tambah dengan pembangunan embung nglanggeran yang menambah keindahan wilayah gunung api purba nglanggeran.

Wisata gunung api purba dan embung nglanggeran sendiri baru diresmikan pada tanggal 19 fenruari 2013 oleh Sri Sultan HB ke X. Embung nglanggeran sendiri sebenarnya adalah embung tadah hujan buatan yang digunakan airnya oleh warga untuk mengairi perkebunan buah di wilayah wisata embung ngalnggeran. Embung nglaggeran termasuk wisata di jogja yang wajib di kunjungi.

Lokasi dan rute menuju embung nglanggeran

Secara administratif embung nglanggeran berada di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Lokasi gunung api purba dan embung nglanggeran sendiri cukup mudah untuk dijangkau.  Embung nglanggeran sendiri berada pada titik koordinat -7.846780, 110.547085 .

Rute menuju embung nglanggeran dari kota jogja adalah dengan melewati jalan wonosari naik ke arah pathuk, atau sering dikenal dengan bukit bintang. habis itu langsung menuju ke Desa Ngoro-oro, pertigaan habis  Puskesmas Patuk II ambil arah kanan.

Kalian akan menemukan Pendopo Kalisong  lurus saja ikuti jalan aspal, lalu ada pertigaan setelah SD Nglanggeran ambil arah kiri sehabius dari sana sudah banyak ditemukan papan petunjuk arah menuju ke embung nglanggeran.

gunung api purba dan embung nglanggeran 2

Fasilitas di sekitar gunung api purba dan embung nglanggeran

Selain jalur menuju ke embung nglanggeran sudah mulus dan mudah, Pengelola wisata embung nglanggeran juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Jika kalian menghendaki menginap sudah tersedia homestay. Ada juga area outbond yang disediakan oleh tim outbond desa wisata nglanggeran

Warung makan pun sudah banyak tersedia jadi jangan khawatir kalau kelaparan hehe. Fasilitas kamar mandi dan toilet pun sudah tersedia dan terawat. Jika kalian menginginkan mencoba menaiki gunung api purba sudah tersedia tim panjat tebing yang siap membimbing kalian.

gunung api purba dan embung nglanggeran

Legenda dibalik keindahan gunung api purba

Sebenarnya ada beberapa versi  mitos di gunung api nglanggeran. salah satunya adalah asal nama nglanggeran yang  berasal dari kata Planggaran yang mempunyai arti jika setiap ada perilaku jahat pasti ketahuan oleh Macam Putih yang menjaga gunung api purba nglanggeran.

Ada juga yang menceritakan bahwa Nglanggeran berawal  dari kata Langgeng yang mempunyai arti aman dan tentram. Konon Gunungapi purba nglanggeran ini dilingkari seekorNaga yang mempunyai kesaktian sehingga dapat  menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ada sebuah tamanan yang berbentuk menjalar layaknya seekor ular yang dapat mengeluarkan air , yang diyakini oleh warga sekitar nglanggeran  mampu mengobati berbagai macam penyakit medis dan non medis. Namun,tidak semua  orang bebas mengambil air dari tanaman tersebut, ritual khusus yang di lakukan oleh juru kunci sehingga air tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Mitos lain tentang nglanggeran ini adalah terdapat sebuah desa kecil yang hanya  boleh ditingali  oleh 7 orang keluarga. tidak boleh kurang atau lebih, jika tidak pas 7 KK maka akan terjadi sesuatu hal yang buruk.

Yang indah-indah di Lokasi wisata embung nglanggeran

Selain dapat menikmati keindahan  kota jogja dari atas bukit gunung api purba nglanggeran, kita juga bisa menikmati sunrise yang sangat romantis disini. Ini menjadikan embung nglanggeran menjadi spot hunting sunrise yang bagus.

Disekitar Embung dan gunung api purba nglanggeran  terdapat juga kebun buah. Rencananya Memang embung nglanggeran kedepan akan ditambah dengan kebuh buah nglanggeran. Sehingga semakin lengkap dan akan membuat wisatawan semakin betah.

embung nglanggeran

Komentar