Menikmati Keindahan Dan Kegagahan Gunung Merapi Dari Ketep Pass Magelang

pemandangan-ketep-pass-magelang-2

Menikmati suasana sejuk khas pegunungan tak lantas harus menapakkan kaki di puncak gunung. Apalagi bila pemandangan ini bisa kita saksikan lebih dekat melalui tempat wisata Ketep Pass di Magelang. Ya, untuk mencari pandangan indah Gunung Merapi lebih dekat, coba arahkan wisata ke daerah pinggiran Magelang yang akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan.

Hawa dingin dan sejuk akan semakin terasa saat memasuki wilayah Ketep Pass. Kondisi ini seakan mengukuhkan letak geografis Magelang yang dikelilingi oleh pegunangan. Berada di Puncak Bukit Sawangan dengan ketinggian mencapai 1200 meter dari atas perumukaan laut membuatnya memiliki pemandangan indah sejauh mata memandang menyaksikan bentuk Gunung Merapi yang sesungguhnya.

Diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu yaitu Megawati Sukarno Putri pada tanggal 17 Oktober 2002, wisata alam ini memang sudah lama berdiri. Tak hanya menyuguhkan wisata alam, Ketep bisa menjadi wisata pendidikan bagi para pelajar untuk menyelami kehidupan Merapi melalui Ketep Volcano Centre.

Saat memasuki bangunan berbentuk melingkar dengan luas 550 m persegi pengunjung akan disuguhkan sebuah miniatur Gunung Merapi tiga dimensi yang tampak berdiri kokoh. Berbagai informasi berupa gambar yang terpajang di dinding batuan seolah menceritakan banyak hal tentang aktivitas Gunung Merapi yang belum banyak diketahui orang. Mulai dari foto batuan sisa erupsi, peringatan banjir lahar dingin hingga foto letusan Merapi dari tahun ke tahun.

Masih penasaran untuk menyelami tentang letusan Merapi? Pengunjung juga akan diajak menuju Ketep Vulcano Teather untuk menyaksikan sebuah film dokumenter yang akan diputar di sebuah bioskop mini berkapasitas 76 kursi. Film singkat ini akan bercerita tentang fenomena letusan Gunung Merapi serta hubungannya dengan masyarakat sekitar pegunungan. Hanya dengan membayar tiket seharga Rp 7.500 kamu sudah dapat menyaksikan film dokumenter selama 20 menit.

pemandangan-ketep-pass-magelang

Gardu Pandang  Ketep Pass

Ketep menyimpan keindahan alam yang juga bisa disaksikan melalui Gardu Pandang. Bangunan ini berbentuk dua buah gazebo yang masing-masing berukuran empat persegi panjang dan segi delapan. Letak Ketep yang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuat pengunjung akan semakin menikmati keindahan hamparan lahan pertanian di kaki kedua gunung tersebut. Pastinya banyak pengunjung yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan panorama elok ini.

Pelataran Pancar Arga Ketep pass

Meski sama-sama menyaksikan pemandangan dari ketinggian, namun rasanya cukup berbeda saat menyaksikan pemandangan menarik dari Pelataran Panca Arga. Pelataran ini memang tak bisa dikatakan biasa karena merupakan puncak tertinggi yang bisa menyaksikan lima gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet melalui sebuah teropong.

Pemandangan indah di depan mata dengan perpaduan langit biru seakan semakin sempurna untuk menjadi latar dalam mengabadikan momen terbaik di Pelataran Panca Arga. Saat perut terasa lapar menikmati jagung bakar dan minuman hangat sambil menikmati pemandangan tentu akan semakin menyenangkan. Tak ada salahnya sekali waktu untuk bermalam di sini karena homestay bisa disewa untuk melengkapi liburanmu bersama keluarga.

Tak jauh dari Ketep kamu juga bisa mengunjungi wisata dengan memetik buah di kebun strawberry. Nikmati memetik buah sambil membawa keranjang seperti berada di kebun sendiri tentu terasa menyenangkan. Apalagi letak wisata ini juga tak jauh dari Ketep sekitar 10 menit di daerah Banyuroto. Sayang rasanya bila melewatkan jalan-jalan ke tempat ini terutama saat berkunjung bersama keluarga.

Lokasi Ketep yang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuatnya mudah dikunjungi. Berada di jalur Solo-Selo-Borobudur bisa dilalui dengan kendaraan apapun baik kendaraan berukuran besar ataupun bus mini. Namun, bila ingin lebih mudah dan santai kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Rute yang ditempuh bisa melalui Yogjakarta atau Magelang, Boyolali maupun Salatiga. Dari arah Yogjakarta kamu bisa menuju arah Muntilan sampai Blabak. Perjalanan ditempuh sekitar 17 km selama 2 jam perjalanan untuk sampai ke daerah Ketep. Bila ditempuh dari Semarang menuju Salatiga bisa melewati arah Kopeng dan Desa Kaponan sekitar 32 km selama 1,5 jam perjalanan.

Sedangkan bila melewati daerah Boyolali kamu bisa mengambil arah Selo sekitar 35 km. Tak perlu khawatir tersesat karena banyak tersedia penunjuk jalan yang akan menuntunmu menuju arah Ketep. Wisata alam ini juga sudah cukup dikenal sehingga banyak orang sekitar yang bisa menjadi penunjuk jalan.

pemandangan-ketep-pass-magelang-1

Tips Mengunjungi Ketep

  1. Pilih waktu saat cuaca cerah ketika berkunjung. Cuaca cerah tentu akan membuatmu lebih mudah mejelajah Ketep dan tentunya lebih aman selama perjalanan. Cuaca mendung atau saat musim hujan pemandangan pegunungan akan tertutup awan hitam dan kabut sehingga tidak mudah terlihat.
  2. Bila ingin menyaksikan sunrise kamu bisa mengujungi Ketep pada bulan Juni-September. Pada bulan tersebut pemandaangan sunrise akan terlihat jelas dan cuaca cerah.
  3. Akan lebih baik bila perjalanan menuju Ketep dilakukan pada pagi hari. Saat sore hari kabut sudah mulai turun dan terkadangan pemandangan indah tidak terlihat.
  4. Cuaca pegunungan memang cenderung sejuk dan dingin, untuk itu sebaiknya gunakan pakaian yang lebih hangat bila memang tidak tahan dingin. Kamu juga bisa membawa jaket atau baju hangat.

Komentar