Menikmati keindahan ombak pantai selatan di teras kaca pantai nguluran gunungkidul jogja

Gunung Kidul sejak dahulu hingga sekarang dikenal dengan keindahan pantainya yang begitu mempesona. Salah satu pantai yang dikenal ialah Pantai Nguluran. Pantai ini berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Nguluran dari pusat pemerintahan Gunung Kidul, yaitu Kecamatan Wonosari, terbilang cukup jauh.

Setidaknya, Anada memerlukan kurang lebih 1 jam dengan jarak 34 km untuk sampai ke Pantai Nguluran. Apabila Anda memulainya dari Yogyakarta, maka Anda melewati ring road mulai dari Yogyakarta hingga Wonosari, kemudian melewati Kecamatan Piyungan, lalu kawasan Patuk.

Apabila telah sampai di lapangan terbang Gading, maka silahkan berbelok ke arah kanan menuju arah Kecamatan Playen. Selanjutnya, perjalanan dilakukan melalui Paliyan dan menuju ke Girikarto untuk mencari lokasi pantai Nguluran. Kontur jalan menuju Pantai Nguluran ini masih terbilang lumayan sulit, sehingga Anda diharapkan selalu berhati-hati dalam berkendara!

Harga tiket objek wisata bahari Pantai Nguluran ini tidak begitu mahal. Anda cukup membayar retribusi Pantai Nguluran sebesar Rp 5 ribu per orang. Selain itu, apabila Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2 ribu per sepeda motor dan Rp ribu per mobil.

Jika pantai-pantai lainnya menyuguhkan keindahan alam bahari yang sangat alami dan begitu cantik, maka Pantai Nguluran memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan pantai-pantai lain di Indonesia, sehingga dapat membuat Anda tertarik untuk mengunjunginya.

Daya tarik tersebut adalah adanya gardu pandang atau teras yang terbuat dari kaca bening. Adanya teras kaca inilah yang menjadikan Pantai Nguluran sebagai satu-satunya pantai di Indonesia yang memiliki teras kaca yang luar biasa indah. Spot teras kaca ini sangat instagramable di kalangan anak muda sekarang.

Di sini, Anda dapat melihat ombak laut tepat di bawahnya. Jika Anda fobia pada ketinggian, maka suara ombak bisa langsung menciutkan nyali.

Jembatan kaca ini merupakan milik pribadi. Oleh sebab itu, jika Anda teras kaca ini, maka Anda harus meminta izin terlebih dahulu dan juga harus membayar Rp 5 ribu. Harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan pengalaman mendebarkan yang akan Anda dapatkan.

Pengunjung dapat berfoto dengan latar pemandangan pantai yang begitu indah. Pengunjung tidak perlu khawatir terkait keamanan dari teras kaca ini. Bahan teras kaca dan besi penyangga yang digunakan dalam pembuatan teras ini sudah teruji keamanannya sesuai standar konstruksi internasional. Bagi Anda yang memiliki fobia ketinggian, maka tempat ini sangat cocok sebagai terapi untuk menghilangkan rasa takut. Teras kaca ini dibangun di atas lahan 1 ha yang rencananya akan dibangun resort dan juga vila.

Meskipun teras kaca Pantai Nguluran ini tergolong wisata yang baru dibuka, namun objek wisata ini sangat ramai pengunjung. Mereka berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan pantai dan berswafoto ria di teras kaca tersebut.

Dalam kondisi cuaca panas sekalipun, para pengunjung rela mengantri demi mendapatkan foto di teras kaca dengan pemandangan pegunungan yang hijau dan hamparan laut biru yang sangat luas. Setiap antrian maksimal terdiri atas 5 orang. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keamanannya.

Di spot ini, pengunjung dilarang memakai alas kaki sandal atau sepatu agar teras kaca tetap terjaga dan awet. Oleh karena itu, apabila kondisi cuaca panas, maka sebaiknya pengunjung menggunakan kaos kaki. Pesona keindahan teras kaca di Pantai Nguluran ini memang sangat luar biasa ditambah dengan suara deburan ombak dan hempasan angin yang membuat para pengunjung tidak akan pernah menyesal telah mengunjungi objek wisata ini.


Bagi Anda sekeluarga yang ingin bermalam di kawasan Pantai Nguluran ini, Anda dapat memesan wisma maupun hotel yang berada di sekitar kawasan objek wisata ini. Meskipun fasilitas di Pantai Nguluran ini terbilang masih belum lengkap termasuk tempat makan atau tempat wisata kulinernya, tetapi Anda tidak perlu kawatir karena masih ada lokasi lain untuk menikmati masakan khas Gunung Kidul yang dekat dengan lokasi wisata.

Pengelola objek wisata Pantai Nguluran ini berjanji akan segera melengkapi fasilitas yang menunjang kebutuhan wisatawan.
Laut memang identik dengan kegiatan olahraga snorkeling. Snorkeling di dalam air laut yang bersih, jernih, menampakkan terumbu karang, dan biota laut yang sangat luar biasa indahnya. pasti menjadi alasan bagi wisatawan untuk melepas penat di pantai.

Akan tetapi, kegiatan snorkeling kurang begitu direkomendasikan karena ombaknya yang cukup besar dan memang deretan pantai di Gunung Kidul terbilang memiliki ombak yang cukup ganas. Apabila Anda ingin snorkeling, maka pantai yang sangat patut direkomendasikan adalah Pantai Nglambor.

Apakah Anda sudah cukup penasaran dengan Pantai Nguluran? Segera ajak keluarga untuk berlibur ke Pantai Nguluran. Selamat berjalan-jalan, berswafoto ria, dan bersenang-senang. Ingat, jadilah wisatawan yang baik dengan selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam!

Komentar

Aug 2, 2018 - Posted by hamdani - No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *