Menikmati Keindahan Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah

keindahan-pantai-bandengan-jepara

photo by : lastrisulas.blogspot.co.id

Jika Anda ingin berlibur ke daerah Jawa Tengah, ada baiknya jika Anda mencoba sedikit ke arah timur dari kota Semarang menuju ke sebuah pantai yang berada di daerah Jepara dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang.

Pantai eksotis ini bernama Pantai Bandengan yang berlokasi di desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak di daerah pesisir utara Pulau Jawa saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Pada saat musim – musim liburan tiba, tempat wisata Pantai Bandengan ini  akan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing atau mancanegara.

Julukan dari nama pantai, Pantai Bandengan ini adalah sangat erat kaitannya dengan mitologi Jawa yaitu salah satu legenda dari asal muasal Pulau Karimun Jawa. Dalam legenda tersebut dikisahkan bahwa Amir Hasan sebagai putra dari Sunan Muria diperintahkan oleh ayahnya untuk pergi merantau dengan tujuan untuk memperdalam sekaligus mengembangkan ilmu – ilmu agama yang ia miliki ke Kepulauan Karimun Jawa.

Sesampainya Amir Hasan di pantai ini, beliau dan rombongannya menemukan banyak sekali ikan bandeng sehingga hingga saat ini daerah tersebut dinamakan sebagai Desa Bandengan dan kemudian pantai disekitarnya diber nama dengan sebutan Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan ini sebenarnya memiliki nama sebenarnya. Dahulu kala pantai ini bernama Pantai Tirta Samudera atau disebut juga sebagai Pantai Tirto Samudro. Pantai Tirto Samudro ini merupakan salah satu lokasi wisata yang menjadi tempat unggulan di Kota Jepara, kota kelahiran R.A. Kartini sang pahlawan nasional wanita di Indonesia.

Pantai Bandengan ini memiliki air yang jernih juga mempunyai jenis pasir berwarna putih. Jarak pantai ini dari pusat kota Jepara hanya sekitar 7 km saja. Pada zaman dahulu, Pantai Bandengan ini dikelola oleh masyarakat sekitar Desa Bandengan. Namun, pada tahun 1987, pengelolaan pantai ini mulai diambil alih dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara.

Meskipun telah diambil alih, namun pengelolaan ini tetap memprioritaskan terhadap pemberdayaan masyarakat daerah Bandengan agar mereka tidak kehilangan pekerjaannya dan justru pantai ini semakin berkembang dan menjadi lahan untuk menghasilkan penghidupan yang layak bagi masyarakatnya.

Pantai Bandengan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata pantai pada umumny seperti berenang, kemudian bermain perahu atau voli pantai. Anda juga dapat sekedar bersepeda di pinggir pantai ini untuk menikmati keindahan dan suasana liburan Anda.

Ada hal lainnya yang dapat menarik Anda untuk melakukan piknik atau liburan santai di Pantai Bandengan ini yaitu hamparan pohon – pohon yang sejuk dan rimbun. Hal ini menyebabkan para pengunjung akan betah jika berada di pantai ini karena suasananya yang nyaman dan tidak kegerahan saat siang hari tiba.

Selain itu, keindahan dari pantai di desa Bandengan ini tidak kalah menariknya bila dibandingkan dengan keindahan pantai – pantai yang ada di Bali. Di pantai  ini jugas seringkali diadakan festival maupun perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional seperti festival layang – layang, festival boat dan festival motorcross.

Jika Anda kelelahan dan ingin bermalam di Pantai Bandengan ini, sudah terdapat banyak resort di sekitar pantai yang dapat Anda jadikan tempat untuk menginap. Setelah semalaman Anda beristirahat, pada pagi harinya Anda akan terbangun dan menikmati sajian panorama indah dari sunrise atau matahari terbit di ufuk timur Pantai Bandengan.

Akses lokasi menuju tempat wisata Pantai Bandengan ini sangat mudah untuk ditemukan. Selain itu, fasilitas jalan yang sudah memadai dapat dengan mudahnya dilewati oleh berbagai macam jenis kendaraan baik roda dua,  roda empat atau bus sekalipun dapat berkunjung ke Pantai Bandengan ini. Area parkir yang luas semakin membuat pengunjung nyaman untuk melakukan wisata ke tempat ini.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Bandengan ini sangatlah murah dan terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 saja per orang, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati keindahan pantai pasir putih di sisi kota Jepara ini.

Selain itu, ada beberapa wahana yang layak untuk Anda coba ketika datang berlibur dan berpiknik ria ke Pantai Bandengan ini seperti Wave House yaitu wahana ombak buatan yang biasa digunakan untuk berselancar, Jetski, Banana Boat, Water-Flying Fish, Water Jetpack, lalu ada juga Donut Buoy (pelampung dari ban bekas dalam mobil), kemudian Duck Buoy (pelampung yang berbentun bebek), Kano, ATV dan Sandal Raksasa.

Jika Anda ingin menikmati sisi lain Pantai Bandengan ini, Anda dapat mengunjungi Taman Karang, Kids Park dan perjalanan menggunakan Perahu Sapta Pesona menuju ke Pulau Panjang di seberang.

Komentar