Menikmati Keindahan Wisata Alam Air Terjun Curug Bidadari Bogor Jawa Barat

wisata alam curug bidadari bogor by ryanyndr

Curug bidadari adalah sebuah Curug yang terkenal indah dan unik, terletak di sebuah lembah perbukitan dan di bawahnya di buat sebuah fasilitas taman air untuk bermain anak – anak. Sebuah surga tersembunyi di jawabarat yang belum terpublikasi secara maksimal

Asal muasal kenapa air terjun ini di namakan  air terjun bidadari. Karena jika hujan dating dan setelah itu mentari muncul maka sering Nampak pelangi di air terjun ini. Penduduk sekitar percaya bahwa pelang imerupakan jembatan dari surga yang dilalui para 7 bidadari untuk mandi di telaga itu

sumber airnya curug bidadari berasal dari kumpulan mata air alami yang berada pada kawasan hutan lindung, karna air yang mengalir sangat bening / jernih dan segar. Air terjun tersebut jatuh kedalam kolam alami. Jadilah di namakan air terjun bidadari atau bahasa sundanya curuk bidadari.

wisata alam curug bidadari bogor by windynidya

Sebenarnya wisata alam dibogor ini sudah lama menjadi tempat wisata  kurang lebih sejak 10 tahun lalu, namun baru ramai di kunjungi oleh wisatawan setelah di dekat Air terjun setinggi 40 km ini dibangun  kawasan elite yaitu  sentul paradice park.

Air bidadari juga di kenal sebagai Curuk bojong koneng karena berada di desa bojong koening. Dikelola menjadi objek wisata bernama sentul Parasise Park. Curuk bidadari berlokasi di desa Bojongkoneng, Bogor. Curuk bidadari cukup tinggi dan mempunyai volume air cukup besar.

Suasana sekitar sentul paradise park atau curuk bdadari memang masih sangat asri membuat arena air terjun ini terasa sejuk dan nyaman. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya, jika membawa anak-anak, di lokasi wisata alam curug bidadari juga fasilitas kolam untuk anak – anak dan umum.

Di kolam tersebut terdapat batu raksaksa yang terbelah yang menambah ke eksotisan air terjun bidadari. Selain kolam utama seluas 6400 meter persegi ini terdapat juga beberapa kolam lainnya seperti kolam arus atau wave pool dan lazy pool kolam khusus anak – anak sedalam lutut orang dewasa

Rute menuju curug bidadari

rute curug bidadari sendiri cukup mudah. Dari tol jagorawi keluar pintu tol sentul selatan kemudian belok kiri dan terus saja sampai ada simpangan jalan serong ke kiri, nanti akan melewati perumahan perumahan di kawasan sentul sampai akhirnya masuk kejalan desa. Sekitar 1 km mendekati lol kasi jalannya aspal lumayan banyak dan terkelupas aspalnya. Jika anda menggunakan sedan walaupun bias tapi saying saja.

wisata alam curug bidadari bogor by nirmalaazizah

Tips menuju air terjun curug bidadari

Lebih baik pengunjung  menggunakan kendaraan dengan performa yang agaktinggi. lebih baik pengunjung datang pagi pagi sebelum jam 12 siang ,karena daerah ini sering hujan sehingga menyebabkan pemandangan sekitar air terjun kurang bagus.

Gunakanlah pakaian dan sandal / sepatukhusus untuk aktifitas atau kegiatan outdoor. Sebelum berangkat menuju ke curug bidadari pastikan membawa baju ganti, sun block, ataupun air minum yang cukup.

Fasilitas yang berada di curug bidadari

Sesampainya di tempat parkir pengunjung akan  langsung mendengar gemuruh suara air. Hal inilah yang membuat tidak sabar untuk berenang menikmati fasilitas air di sana. Diharapkan pengunjung jangan terlalu dekat dengan air terjun.

Karena airterjun curug bidadari mempunyai debit air yang cukup deras. Dosarankan pengunjung bermain di pinggir pusat jatuh air terjun sampai puas menikmati percikan airnya. Air yang berasal dari air terjun ini selanjutkan akan dialirkan ke beberapa kolam renang yang sudah tersedia di bawah air terjun.

wisata alam curug bidadari bogor by indripramiranda

Di area air terjun anda bias bermain air di beberapa kolam yang sudah tertata. Selain itu juga terdapat area hiburan lain seperti flying fox, permainan perahu, penyewaan pelampung berbentuk donat, kolam renang anak – anak. pengunjung pun bias menggunakan gazebo yang sudah di sediakan bagi pengunjung yang ingin berteduh dan beristirahat.

Untuk memanjakan perut para pengunjng. Disekitar air terjun terdapat restoran atau warung makan yang menyediakan berbagai menu. Selain murah meria, warung makan disini juga menyediakan masakan khas jawa barat.

Sayangnya ketika terakhir kali piknik asik mengunjung wisata alam curug bidadari belum terdapat hotel atau penginapan murah disekitar air terjung.

Jam buka dan tarif masuk ke curug bidadari

hari senin sampai jum’at dibuka ada pukul  08.00 sampai 17.00. Ketika akhir pekan atau Weekend curug bidadari dibuka pada pukul 07.30 sampai 18.30 WIB.

Harga tiket masuk ke curug bidadari hari senin sampai jum’at adalah Rp 25.000/orang. Sedangkan jika pada akhir pekan atau weekend Rp 40.000 / orang. Untuk tarif parkir sendiri roda 4 dikenai tarif Rp 10.000 dan untuk kendaraan roda dua dikenai tarif Rp. 4.000.

Oiya masih ada satu lagi wisata rekomended di daerah jawa barat, letaknya di cikole bandung. Wisata hutan pinus yang disana juga terdapat spot fotografi, restoran, tempat istirahat, bahkan disediakan hotel dengan nuansa wisata pedesaan ala eropa.

Komentar