Menikmati Segarnya Sumber Mata Air Kalirejo Malang Jawa Timur

mata-air-kalireco-malang-jawa-timur-1
Photo by @fandycurtizs

Mencari lokasi wisata yang nyaman untuk menghabiskan waktu berlibur di kota Malang pastinya cukup mudah. Apalagi saat ini Malang memiliki banyak pilihan destinasi wisata menarik baik untuk berlibur bersama keluarga, teman dan sahabat atau sekedar melepas lelah.

Tidak perlu pergi jauh dan mengeluarkan biaya mahal bila memang tidak memiliki buget lebih untuk wisata. Selain memiliki sejuta pantai yang terbentang dari ujung barat sampai ujung timur, Malang memiliki beberapa lokasi wisata menarik yang belum terjamah dan masih sangat alami.

Lokasi wisata seperti sumber mata air bisa menjadi pilihan menarik dan dapat memberikan pengalaman seru. Pemandangan alam segar yang tersaji di depan mata akan semakin menambah rasa kekaguman. Tempat wisata ini juga cocok bila ingin menikmati suasana alam yang menyenangkan bersama teman.

Kamu bisa mengunjungi wisata di Pemandian Kalireco yang terletak di daerah Lawang, Malang. Tepatnya berada di Desa Sumber Waras, Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Pemandian ini memang tergolong baru dan menjadi salah satu wisata hits di media sosial.

Meskipun pemandian Kalireco belum diresmikan oleh Dinas Pariwisata, namun sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung terutama saat hari libur. Baik yang berasal dari dalam maupun luar kota Malang. Daya tarik wisatanya terletak pada sumber mata air yang berasal dari alam berikut suasana alam yang menyejukkan.

Pemandian yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dan pemandangan hijau di depan mata memang semakin menyejukkan. Mengingat lokasinya sendiri berada di alam terbuka yang semakin membuat pengunjung merasa nyaman. Selain itu bisa menikmati suasana yang lebih santai sambil menikmati aliran air jernih. Hawa yang sejuk berikut angin sepoi-sepoi tentunya semakin tak sabar untuk menikmati mata air di sini.

Hingga saat ini pengunjung juga tidak dikenakan biaya apapun saat memasuki kawasan pemandian. Hanya saja ada baiknya pengunjung menyisihkan sedikit uang untuk pengembangan proyek yang lebih baik kedepannya. Mengingat pemandian ini juga belum mendapat julukan khusus sebagai tempat wisata dari pemerintah.

Perjalanan menuju lokasi cukup aman karena saat ini sudah terdapat beberapa tangga untuk dilalui. Hanya saja tidak dianjurkan untuk datang saat musim hujan. Karena dikhawatirkan perjalanan menuju pemandian Kalireco akan sangat licin.

Tiba di dasar kamu akan menemukan sebuah kolam sumber mata air yang melimpah. Beberapa aliran air berupa pancuran tampak mengisi kolam dengan tebing berlumut. Hal ini semakin menengaskan bahwa pemandian Kalireco memang merupakan sumber mata air yang sangat alami. Kedalaman kolam juga tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1 meter saja.

Cukup aman untuk menceburkan diri ke dalam kolam sambil menikmati segarnya sumber mata air. Bagian dasar kolam ini juga sudah terbuat dari keramik sehingga air jernih semakin terlihat dengan warna kebiruan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemandian ini hanya dikhususkan untuk laki-laki.

Selain itu Kalireco bukanlah merupakan tempat wisata khusus hanya sebuah pemandian dan irigasi. Pada suatu waktu pemandian ini juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk aktivitas sehari-hari. Jadi jangan kaget bila kamu menemukan warga memanfaatkan sumber air ini untuk mencuci dan mandi.

mata-air-kalireco-malang-jawa-timur

Lokasi dan Rute Menuju Pemandian Kalireco Malang

Untuk sampai ke tempat ini kamu harus melewati rute dan track yang tidak mudah. Beberapa area jalan yang masih berupa bebatuan akan mudah ditemukan selama perjalanan. Namun, tak perlu khawatir perjalanan yang panjang dan rusak akan tergantikan dengan pemandangan yang nyaman dan indah.

Berangkat dari Kota Malang jaraknya sekitar 17 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan perjalanan menuju daerah Lawang, kemudian sebelum sampai di pasar Lawang kamu akan menemukan arah ke Pabrik Otsuka sebagai patokan.

Letaknya ada di kanan jalan kemudian ikuti arah tersebut sampai melewati lapangan sekolah SMANELA. Tiba disana kamu akan menemukan pertigaan pertama kemudian belok kiri. Tepatnya berada di depan makam Desa Kalirejo. Ikuti jalan paving tersebut sampai melewati masjid. Jalan terus saja ikuti satu-satunya jalan paving tersebut sampai menemukan sumbernya.

Bila membawa mobil tentunya tidak bisa masuk sampai ke dalam. Karena jalanan hanya memiliki 1,5 meter sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Pemandian Kalireco bukan merupakan lokasi wisata resmi sehingga pengunjung tidak dikenakan biaya parkir.

Hingga saat ini belum ada fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini. Sehingga bagi yang berniat untuk berkunjung ke Pemandian Kalireco perlu membawa bekal makanan sendiri. Kamu tidak akan menemukan warung makan di sini. Namun jangan lupa agar tidak meninggalkan sampah agar kebersihan di sekitar pemandian juga tetap terjaga dengan baik.

Komentar