Menikmati Sensasi Jernihnya Air Curug Cibaliung Bogor Jawa Barat

panorama-curug-cibaliung-bogor

Demi menyaksikan  sesuatu yang indah dan menyejukkan, tentunya Anda tidak berkeberatan jika harus melakukan usaha yang lebih bukan ? Apalagi jika sesuatu yang indah tersebut sebenarnya terbilang cukup dekat dari pusat kota Jakarta.

Tidak perlu berpetualang jauh ke pedalaman, cukup menuju Curug (air terjun) Cibaliung atau sering juga disebut curug Baliung di kawasan Sentul Bogor, kita sudah mendapatkan banyak hal, seperti petualangan, kegiatan trekking, spot foto yang bagus, sekaligus menikmati keindahan dan kejernihan air dari curug atau air terjun Cibaliung yang terletak di kawasan Sentul, Bogor.

Lokasi dan rute lengkap menuju curug cibaliung

Lokasi wisata alam bogor ini berada di kawasan Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi, silahkan ambil jalur tol Jagorawi, keluar di gerbang Sentul City, lalu masuk ke jalan utama Jungle Land. Sebelum gerbang Jungle Land silahkan belok kanan arah perkampungan, setelah bertemu pertigaan Anda harus belok kiri ke arah leuwi Hejo.

Tempat wisata ini berada di dalam kawasan wisata Curug Leuwi Hejo (Leuwi Ijo) yang memiliki beberapa obyek wisata berupa leuwi dan curug, seperti : Curug Leuwi Hejo, Curug Barong, Curug Leuwi Cipet, Curug Leuwi Lieuk dan Curug Cibaliung itu sendiri.

Termasuk Curug Cibaliung ini. JIka menggunakan kendaraan bermotor, sampai di lokasi ini Anda harus berhenti dan menitipkan kendaraan Anda pada petugas parkir disana. Ada yang menyarankan agar Anda parkir di posisi paling ujung yang lebih dekat dengan lokasi curug sehingga dapat menghemat tenaga.

Dari sini, Anda harus bersiap untuk kegiatan trekking selama kurang lebih satu hingga satu setengah jam lamanya jika ingin menemui lokasi Curug Cibaliung. Medan yang turun naik bisa jadi membuat Anda lelah, namun jangan khawatir karena terdapat beberapa warung tersedia jika Anda ingin beristirahat.

Sebelum sampai ke lokasi, Anda akan melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk. Ambil jalur kanan dari Leuwi Lieuk, setelah 50 meter ambil jalur kiri. Dari sini Anda sampai ke sungai yang menjadi bagian dari Curug, Anda dapat menyusuri sungai selama 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya Anda menemui Curug Cibaliung.

panorama-curug-cibaliung-bogor1

Curug Cibaliung adalah lokasi curug terdalam. Belum banyak pengunjung yang bertandang ke lokasi ini, sehingga dalam dibilang lokasinya paling bersih alami dan lebih sepi. Sangat berbeda dengan Curug Leuwi Hejo yang dipadati pengunjung.

Air terjun nya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungai nya merupakan keistimewaan tersendiri.

Selain kejernihan airnya, bebatuan raksasa di sekelilingnya di sepanjang mata memandang menimbulkan sensasi tersendiri, membuat kita lupa bahwa kita berada tidak jauh dari kota Jakarta.

Disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini pada saat musim penghujan, dikarenakan area trekking sangat licin sehingga resiko terjatuh cukup tinggi, juga antisipasi terhadap datangnya banjir bandang.

Sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi sekali setelah subuh agar tidak terlalu siang sampai disana, sehingga dapat menikmati pemandangan pada cuaca yang belum terlampau panas, dan kemudian masih terang saat harus kembali ke tempat semula, agar perjalanan lebih nyaman dan aman. Karena melewati area trekking saat sudah gelap cukup beresiko, terutama bagi Anda yang jarang atau belum pernah melakukan kegiatan ini sama sekali sebelumnya.

Diperlukan kondisi fisik yang prima untuk sampai di tempat ini, jadi sebaiknya persiapkan fisik Anda sebaik mungkin. Jangan sampai Anda kelelahan atau sakit saat berada di perjalanan, terutama jika sudah memasuki area trekking.

Tarif – tarif di curug cibaliung

Sesampai Anda di wilayah kawasan wisata Curug Leuwi Hejo, maka Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp.15.000,00 untuk Harga Tiket Masuk kawasan ini, dan Rp.5.000,00 untuk biaya parkir. Setelah menemui Curug Cibaliung, Anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp.5.000,00.

Jika Anda perlu mandi dan menitipkan barang, penitipan barang dan tempat mandi terdapat di Leuwi Hejo, Anda perlu mengeluarkan biaya Rp.2.500,00 untuk mandi atau berganti baju dan Rp.2.500,00 untuk penitipan barang.

Fasilitas di curug cibaliung bogor

Fasilitas masih sangat minim yang didapat di kawasan ini, namun cukup membantu, misalnya saja petunjuk jalan yang dipasang oleh warga, area parkir dan beberapa warung di sepanjang arah menuju curug Cibaliung. Fasilitas penitipan, kamar mandi dan tempat ganti tersedia di Leuwi Hejo sehingga Anda dapat bersiap sebelum melanjutkan perjalanan ke Curug Cibaliung

Perlu adanya pengelolaan yang lebih baik sehingga tidak ada oknum mengatas namakan warga atau pengelola yang bisa jadi menarik tarif tambahan dari pengunjung, dan diperlukan perbaikan dan pengadaan fasilitas tambahan seperti misalnya toilet dan kamar mandi, tempat membuang sampah agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan, dan perbaikan akses jalan sehingga mempermudah dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengunjung

Komentar