Menikmati Sunset Di Pantai Pasir Jambak Padang Yang Romantis

pantai-pasir-jambak-sumatra-barat

Jika Anda mengunjungi kota Padang di Sumatera Barat, cobalah mampir di obyek wisata yang satu ini. Ia bernama Pantai Pasie Jambak atau Pantai Pasir Jambak, dimana Anda dapat menikmati keindahan matahari tenggelam di sini sambil bersantai di gazebo yang langsung menghadap ke pantai.

Sambil menikmati es kelapa dan sate udang berupa udah kering yang dibalut dengan tepung. Dikarenakan kontur pantai yang luas dan cenderung datar juga memungkinkan Anda untuk bersepeda santai menyusuri pantai. Hmmm, sebuah pengalaman piknik yang tidak mudah untuk anda lupakan

Kota Padang ini merupakan satu diantara tujuh kabupaten/kota di wilayah Sumatera Barat yang terletak dikawasan pantai barat Sumatera dimana posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Semua lokasi wisata pantai di Padang yang berada pada wilayah Samudera HIndia ini menghadap ke arah barat yaitu arah tenggelamnya matahari, termasuk Pantai Pasir Jambak ini,  sehingga sangat sesuai jika Anda  kunjungi pada sore menjelang petang saat menjelang indahnya matahari terbenam.

Bahkan bisa dikatakan semua pantai di wilayah Padang termasuk Pantai Pasir Jambak ini adalah spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam. Permukaan pantai yang tampaknya masih dikelola warga sekitar secara swadaya ini cukup landai.

Pantai pasir jambak dihiasi pasir berwarna putih-coklat terang  dengan ketinggian 2 meter diantas pemukaan laut, dengan sifat ombak yang cukup aktif. Yang membuat suasana pantai ini juga istimewa adalah jajaran pohon pinus yang sangat cantik untuk lokasi berfoto dan pohon kelapa yang menghiasi seputar lokasi pantai ini.

Panjangnya garis pantai di lokasi ini serta sedemikian dekat posisinya dengan titik pergeseran lempeng bumi memang membuatnya rentan terhadap bahaya abrasi dan tsunami, namun di sisi lain juga terletak keistimewaan pantainya.

Dikarenakan kontur pantai yang luas dan cenderung datar maka memungkinkan Anda untuk bersepeda santai menyusuri pantai. Sementara dikarenakan aktifnya sifat ombak disini sehingga memungkinkan wisatawan untuk dapat melakukan kegiatan berselancar.

pantai-pasir-jambak-sumatra-barat1

Lokasi dan rute menuju ke pantai pasir jambak Padang

Pantai Pasir Jambak terletak kurang lebih 17-20 kilometer dari pusat kota Padang ke arah utara melewati jalan raya Padang-Bukittinggi, termasuk dalam wilayah administratif Kotao Tangah (Kota Tengah).

Perjalanan menggunakan kedaraan bermotor hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam saja. Jika Anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkutan kota trayek Pasar Raya-Lubuk Buaya.

Sesudah Anda melewati jembatan dan berbelok ke kiri, Anda akan menemukan petunjuk arah ke pantai ini. Namun, jarak dari persimpangan jalan raya yang dilewati angkutan kota, yaitu tepatnya di kilometer 14 masih cukup jauh dari lokasi pantai dan sangat jarang angkutan  umum yang lewat di tempat ini.

Jadi disarankan bagi Anda yang berniat berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Lokasi pantainya berada pada 1 kilometer dari posisi pintu gerbang utama.

pantai-pasir-jambak-sumatra-barat3

Tarif dan Biaya di pantai passir jambak Padang

Anda hanya harus mengeluarkan biaya Rp.2.000,00 saja dan Rp.1.000,00 untuk biaya parkir. Artinya jumlah itu sudah termasuk Harga Tiket Masuk dan biaya parkir. Jika Anda harus menyewa mobil, harga sewa mobil kurang lebih Rp.300.000,00-Rp.400.000,00 per harinya. Buah kelapa dapat Anda nikmati cukup membayar Rp.5.000,00 sementara untuk sebotol air mineral Rp.4.000,00. Biaya masuk toilet adalah Rp.1000,00

Fasilitas di pantai pasir jambak padang

Sudah cukup banyak fasilitas yang terdapat di tempat ini, misalnya saja penginapan, lahan parkir, toilet, rumah makan, penyewaan perahu, deretan gazebo untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai bahkan juga ada panggung hiburan. Guesthouse juga tersedia di sekitar lokasi ini. Untuk turis mancanegara, guesthouse yang paling dikenal disini adalah Uncle Jack Guesthouse

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan di pantai pasir jambak padang

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di pantai ini, misalnya bersepeda santai menyusuri pantai, melakukan kegiatan berselancar, menyewa perahu tradisional yang menikmati keindahan perairan di pantai ini, atau Anda bisa menikmati matahari tenggelam di atas perahu.

Anda juga bisa melakukan kegiatan berenang, berjemur atau atau bermain di sepanjang pantai. Berjalan kaki menyusuri pantai adalah juga satu kegiatan yang juga bisa Anda lakukan, mengingat panjangnya garis pantai sehingga Anda dapat sepuasnya melakukan kegiatan ini.

pantai-pasir-jambak-sumatra-barat2

Anda dapat menikmati sajian panggung hiburan yang sering diadakan. Atau jika Anda lebih menyukai duduk bersantai, Anda  dapat duduk santai di dalam gazebo yang tersedia di pinggir pantai sambil menikmati makan dan minuman dari warung makan yang tersedia, sehingga Anda dapat bersantai sekaligus terlindung dari sengatan sinar matahari panas yang identik dengan suasana pantai.

Marilah kita menjaga kebersihan dan keberlangsungan dari seluruh kegiatan di pantai ini. Ada beberapa oknum yang memanfaatkan pondok  gazebo di tepi laut ini untuk melakukan hal yang tidak semestinya sehingga sempat membuat resah warga sekitar. Jangan sampai tempat beserta seluruh fasilitasnya yang sudah demikian baik menjadi terusik keberlangsungannya karena ulah dari pengunjung sendiri.

Komentar