Menikmati Tanah Lot Ala Malang Di Pantai Balekambang Malang

keindahan-pantai-balekambang-malang-by-anomharyacom

Photo by @anomharyocom

Malang memiliki segudang lokasi wisata menarik untuk ditelusuri baik wisata alam, pantai maupun wahana wisata permainan. Melangkahkan kaki ke daerah Bantur kamu akan menemukan pantai dengan panorama cantik dengan beberapa pulau dan Pura yang dinamakan Pantai Balekambang. Keindahan pantai di daerah Malang juga tak kalah dengan beberapa pantai lain di Indonesia.

Pantai Balekambang memiliki panorama alam indah, gelombang laut yang memanjang serta hamparan pasir putih yang luas. Keberadaan sebuah Pura yang berada di atas pulau karang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wistawan yang berkunjung.

Keadaan ini membuatnya memiliki kemiripan dengan Tanah Lot yang terletak di Bali. Tak heran bila banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai Tanah Lotnya Malang. Panorama indah berupa pasir putih yang luas dan landai berhias karang laut dengan lebar sekitar 200 meter terbentang di depan mata tentu memiliki keindahan tersendiri.

Bila air laut surut pemandangan yang banyak dinantikan yaitu melihat berbagai jenis ikan hias yang mulai terlihat dan bekerumun di dekat batu karang. Keistimewaan lainnya sepanjang mata memandang ke arah barat kamu akan menemukan tiga pulau menawan. Ketiga pulau tersebut diberi nama sesuai nama pewayangan yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Di Pulau yang bernama Wisanggeni inilah kamu akan mendapati sebuah Pura megah. Pura yang dinamakan dengan Pura Luhur Amherta Jati ini dihubungkan dengan sebuah jembatan sepanjang 70 meter untuk sampai di lokasi. Pura ini menjadi tempat keagamaan bagi umat Hindu terutama saat hari raya Nyepi. Di kawasan ini juga terdapat Sumur Pitu yang airnya digunakan untuk upacara.

Sejarah Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang sebenarnya sudah lama dikenal sejak tahun 1978. Saat itu seorang perangkat desa bernama Srigonco mulai membuka akses jalan sehingga memudahkan banyak orang di sekitar Malang berkunjung ke Pantai Balekambang. Lima tahun kemudian pantai mulai diresmikan oleh Bupati Malang saat itu yaitu Bapak Eddy Slamet yang kemudian mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Balekambang sebenarnya memiliki kisah tersendiri yang hingga saat ini masih hidup di tengah masyarakat. Dahulu, orang pertama yang membabat pantai ini bernama Syaikh Abdul Jalil seorang ulama yang berasal dari Yogayakarta. Beliau memiliki ilmu agama yang cukup kuat sehingga sangat tersohor dan berpengaruh di masyarakat.

Pada tanggal 1 sya’ban biasanya banyak peziarah yang mengunjungi makam Syaikh Abdul Jalil. Letakknya sekitar 1 km sebelum masuk ke Pantai Balekambang dari arah Bantur. Tempatnya terpencil di tepi Kali Berek.

Pada waktu Suro pantai ini ramai dikunjungi untuk melakukan ritual. Masyarakat sekitar pantai juga masih menjalankan tradisi untuk menggelar acara “suroan”. Tak hanya warga sekitar tapi juga wisatawan dari dalam maupun dari luar negri yang ingin secara khusus menyaksikan ritual suroan.

Bila ingin menyaksikan keindahan Pantai Balekambang sekaligus keramaian yang menyelimuti pantai, kamu bisa datang pada waktu weekend atau pada bulan tersebut. Namun, bila ingin mencari ketenangan sekaligus menikmati keindahan pantai yang lebih damai bisa mencari waktu di luar waktu weekend.

Keindahan Pantai Balekambang akan semakin cantik saat senja dimana matahari mulai tengelam. Matahari yang menyinari pantai sedikit demi sedikit mulai tenggelam berlatar Pura yang semakin indah. Senja di Pantai Balekambang menjadi penutup yang sempurna untuk menghabiskan waktu berlibur.

keindahan-pantai-balekambang-malang-by-dani_setyawan_

Photo by @dani_setyawan_

Lokasi Wisata Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur, 65 km di sebelah selatan kota Malang. Akses jalan sudah cukup bagus dan mulai dibenahi dengan baik sehingga memungkinkan untuk naik kendaraan pribadi. Namun, ada beberapa lokasi tertentu dimana ruas jalan sempit serta tikungan tajam sehingga pengendara harus tetap waspada.

Bila berencana naik kendaraan umum berangkat dari Terminal Arjosari Malang naik angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan angkutan kota jurusan Bantur.

Tiba di daerah Bantur memang belum tersedia kendaraan umum menuju pantai. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan jasa ojek yang tersedia di sana. Bila berangkat rombongan sebaiknya menyewa mobil agar lebih nyaman.

Selama perjalanan menuju Pantai Balekambang akan disuguhkan dengan pemandangan hutan. Kamu juga akan menemukan hutan jati dan mendekati daerah Bantur hutan akan semakin padat. Saat ini sudah mulai banyak tersedia penunjuk jalan yang akan mengarahkan kamu menuju pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balekambang Malang

Penginapan di sekitar pantai dengan tarif yang beragam sudah tersedia di sini. Selain itu juga terdapat toilet untuk membersihkan tubuh setelah bermain di dekat pantai, musholla, warung makan serta kios souvenir juga bisa menjadi lokasi jalan-jalan yang seru. Ingin menikmati susana pantai yang berbeda kamu bisa mencoba flaying fox yang tersedia di sekitar pantai.

Komentar