Menyaksikan Indahnya Sunset Di Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

pantai-tanjung-gelam-karimunjawa

Photo by tikasupomo

Belum cukup rasanya menyesap keindahan Pulau Karimunjawa hanya dalam waktu satu hari. Menikmati surga tersembunyi dari satu pulau ke pulau lainnya tentu menjadi kegiatan menarik yang sayang dilewatkan begitu saja. Apalagi setiap pulaunya memiliki keunikan tersendiri dengan surga bawah lautnya yang sangat mempesona.

Tak heran bila banyak orang enggan meninggalkan pulau yang lokasinya sekitar 45 mil laut di barat laut kota Jepara ini. Karimunjawa seolah memiliki cerita tersendiri di hati setiap pengunjungnya. Bukan tidak mungkin bila beberapa wisatawan yang datang merupakan kali kedua mereka menikmati keindahan pulau ini.

Sebelum jauh berteluangan menyusuri beberapa pulau, tak ada salahnya menikmati pantai yang berada di pulau utama Karimunjawa. Pantai Tanjung Gelam biasanya menjadi tujuan akhir wisatawan setelah pulang berkeliling. Namun, kamu juga bisa menikmati Pantai tanjung Gelam lebih lama terutama saat matahari tenggelam.

Pantai Tanjung Gelam terletak di tanjung atau ujung barat Pulau Karimunjawa atau di bagian barat daya Pantai Batu Topeng. Lokasinya menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam. Inilah yang menjadi daya tarik dari pantai ini yaitu menanti senja dimana matahari perlahan-lahan mulai hilang di tengah lautan.

Pantai ini merupakan sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut dan masih berada dalam satu gugusan dengan Pulau Karimunjawa. Daratan yang memiliki pasir putih cantik menjadi tempat yang nyaman untuk bermain di sekitar pantai. Air lautnya yang berwarna hijau kebiruan membuat tak sabar untuk menikmati segarnya air laut.

Menurut informasi yang beredar asal usul nama Pantai Tanjung Gelam diambil dari posisinya yang berada di ujung Karimunjawa. Lokasi ini menjadi tempat yang paling strategis untuk menikmati matahari tenggelam. Dari sinilah kemudian muncul istilah Tanjung Gelam.

Keunikan pantai juga terletak pada pohon-pohon kelapa yang berjejer rapi di bibir pantai. Di sini pengunjung bisa beristirahat atau sekedar menikmati eksotisme pantai searah mata memandang. Semilir angin pantai akan semakin membuat wisatawan merasakan kenyaman sekaligus ketenangan yang jauh dari hiruk piruk keramaian.

Pantai Tanjung Gelam juga dipilih sebagai tempat untuk merayakan Hari Raya Lomban oleh penduduk lokal. Yaitu upacara adat rutin yang dilakukan satu minggu setelah Hari Raya idul Fitri. Biasanya masyarakat sekitar akan berbondong-bondong menyaksikan upacara ini.

Tak hanya itu saja Pantai Tanjung Gelam juga menawarkan keindahan bawah laut yang tak kalah dengan pulau lainnya yang tersebar di Pulau Karimunjawa. Taman bawah laut yang beragam, air laut yang jernih akan membuatmu berdecak kagum akan keindahannya.

Bagi penggemar bawah laut cobalah menikmatinya dengan cara snorkeling atau diving. Namun, untuk scuba diving biasanya wisatawan harus memiliki lisensi selam dari lembaga resmi penyelaman.

Bila tidak memiliki lisensi tak perlu khawatir, wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut dengan cara snorkeling. Air laut di sekitar pulau sangat jernih sehingga keindahan bawah lautnya sudah terlihat dari permukaan air.

Belum puas menikmati Pantai Tanjung Gelam tunggulah hingga waktu senja tiba. Dari sini kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset yang paling bagus diantara tempat lainnya. Bagi pecinta fotografi tentunya matahari tenggelam menjadi momen yang sempurna untuk diabadikan dalam sebuah bidikan kamera.

Butuh waktu lama untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam dari sini. Bila berniat mengunjungi Pantai Tanjung Gelam sebaiknya sertakan dalam daftar kunjungan. Biasanya pantai ini hanya menjadi tempat persinggahan sementara bahkan beberapa kapal tidak turun ke daratan. Wisatawan hanya menyaksikan sunset sesaat kemudian kembali ke penginapan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Gelam  Karimunjawa

Saat ini sudah banyak warung makan yang tersedia di Pantai tanjung Gelam. Kamu bisa memilih makanan ringan seperti mie instan, es kelapa muda, kopi dan teh yang bisa dinikmati di sini.

Ingin merasakan kuliner khas dengan pemandangan indah cobalah menikmati barbeque ikan yang tersedia di sepanjang pantai. Menikmati barbeque ikan dengan es kelapa muda di siang hari tentunya akan membuat liburan semakin sempurna.

pantai-tanjung-gelam-karimunjawa-1

Photo by riccobraight

Akses Menuju Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Pantai Tanjung Gelam sebenarnya berada di di pulau utama Karimunjawa. Tepatnya di sebelah barat. Untuk mencapai pantai ini dapat diakses dengan dua cara. Pertama lewat laut dari dermaga Karimunjawa.

Namun terkadang perjalanan laut ditempuh setelah seharian menikmati snorkeling di beberapa spot yang terdapat di bagian barat pulau. Pantai Tanjung Gelam merupakan tujuan akhir untuk menyaksikan sunset. Bila melalui jalur laut pengunjung hanya menyaksikan sunset sesaat karena air laut akan pasang dan hari mulai gelap.

Selain itu Pantai Tanjung Gelam juga bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor. Kamu bisa menyewa kendaraan seperti mobil atau motor sambil menikmati perjalanan menuju pantai. Bila ingin menikmati Pantai Tanjung Gelam lebih lama yang paling tepat memang melalui jalur darat. Berangkat dari alun-alun Karimunjawa perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Komentar