Menyambut Senja Romantis Pantai Natsepa Sambil Menikmati Rujak Natsepa

pemandangan-pantai-natsepa-maluku-tengah-by-nengvit

Photo by @nengvit

Wilayah Indonesia Timur memang dikenal memiliki sejuta pesona wisata bahari. Keindahan lautnya juga sudah cukup terdengar hingga ke seluruh penjuru dunia. Berencana memilih wilayah Indonesia Timur sebagai tujuan wisata coba tinggalkan Bali dan Lombok sejenak untuk menjelajah beberapa pulau lain di Indonesia.

Kamu tentu tak hanya mendapatkan suasana pantai nyaman tapi juga pengalaman yang berbeda untuk menjelajah lebih dalam kekayaan Indonesia. Bila memiliki buget lebih cobalah datang ke Maluku Tengah yang memiliki ragam wisata pantai yang menarik untuk menghabiskan waktu berlibur. Sebut saja salah satunya yaitu Pantai Natsepa.

Pantai ini kerap menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Ambon karena letaknya yang tidak jauh dari kota. Sensasi semilir angin, pasir pantai yang lembut serta pemandangan matahari tenggelam menjadi penutup yang sempurna di Pantai Natsepa. Biasanya hal ini dilakukan warga kota saat menghabiskan waktu di pinggir pantai sambil menanti senja.

Beberapa masalah yang sering ditemui seperti akomodasi yang terbatas tidak akan kamu temukan di sini. Karena kendaraan umum menuju pantai juga sudah banyak tersedia. Sayang rasanya sudah berkunjung ke Ambon tapi belum mengunjungi Pantai Natsepa.

Pantai ini cukup terkenal dengan keindahan pantai sekaligus pasir pantainya yang bersih dan cantik. Hamparan pasir putih halus berpadu dengan laut yang berwarna biru akan semakin menyempurnakan pemandangan di depan mata. Apalagi ombak di pantai ini tidak terlalu deras dan kencang karena terhalang oleh teluk dan juga memiliki pantai yang landai. Cukup aman untuk digunakan bermain atau berjalan-jalan di sekitar pantai apalagi hamparan pasir putihnya juga cukup luas. Tak heran bila terkadang kamu akan menemukan wisatawan yang berenang hingga ke tengah dan jauh dari daratan.

Ingin menikmati keindahan laut yang berbeda kamu bisa menyewa banana boat yang tersedia di sekitar pantai. Atau bisa juga menyewa perahu untuk berkeliling sekaligus merasakan sensasi memancing di laut lepas. Bila membawa anak-anak bisa menyewa ban pelampung agar lebih aman. Pantai Natsepa kerap menjadi tempat wisata favorit masyarakat Ambon untuk sekedar melepas lelah atau berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menanti waktu senja.

Saat akhir pekan tiba Pantai Natsepa mulai ramai dikunjungi baik keluarga maupun muda-mudi yang datang bersama pasangan untuk sekedar menyaksikan keindahan pantai. Bila ingin menghindari keramaian kamu bisa datang di luar akhir pekan agar bisa menikmati suasana pantai yang lebih tenang.

Lelah bermain bisa mencari tempat yang nyaman untuk sekedar melepas penat. Pepohonan yang tumbuh subur di sekitar pantai akan membuat suasana semakin sejuk. Bila lapar tak jauh dari pantai kamu akan menemukan banyak warung makan. Salah satu kuliner yang wajib kamu coba yaitu rujak suli atau rujak natsepa. Belum lengkap rasanya datang ke Pantai Natsepa namun belum mencoba kulier khas masyarakat sekitar.

Kuliner ini memang disesuaikan dengan nama daerahnya. Penjual rujak natsepa di sini rata-rata mulai buka sejak pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore. Bahkan karena terkenalnya rujak natsepa bisa buka sampai larut malam terutama saat weekend. Sebenarnya rujak natsepa hampir sama dengan rujak manis yang berisi buah-buahan.

Rujak ini berisi beberapa buah seperti belimbing, pepaya, nanas, petatas atau ubi jalar, jambu dan kedondong. Setelah buah-buahan tersebut dipotong kemudian disiram menggunakan bumbu rujak berupa kacang dan gula merah. Namun yang membedakan dengan rujak di Jawa yaitu rujak natsepa tidak menggunakan terasi.

Bayangkan menikmati rujak natsepa sambil menyaksikan keindahan pantai tentu menyenangkan. Apalagi cita rasanya asam manisnya mampu menggoyang lidah yang semakin nikmat. Kamu bisa mencoba rujak natsepa seharga Rp 10.000 per porsi. Lengkapi kuliner di Pantai Natsepa sambil menikmati es kelapa muda.

Bila ingin mencoba makanan yang lebih berat sekitar 700 meter dari pantai kamu akan menemukan pasar yang menjual berbagai jenis ikan segar. Ikan segar ini langsung dibawa oleh nelayan setelah memancing. Pilih saja jenis ikan yang kamu suka.

pemandangan-pantai-natsepa-maluku-tengah-by

photo by @gilbertlilihata

Lokasi Menuju Pantai Natsepa

Pantai Natsepa terletak di Desa Suli atau biasa disebut Negeri Suli di Maluku Tengah. Perjalanan menuju Pantai Natsepa cukup mudah dijangkau. Jarak dari pusat kota Ambon ke pantai sekitar 18 km atau perjalanan akan ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan umum. Dari pusat kota Ambon kamu bisa naik kendaraan umum seharga Rp5.000 yang tersedia di terminal besar menuju Pantai Natsepa.

Fasilitas di Pantai Natsepa

Saat ini sudah terdapat penginapan atau hotel yang tersedia tak jauh dari Pantai Natsepa. Bahkan tersedia hotel yang menghadap pantai langsung sehingga lebih nyaman menyaksikan matahari terbit.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk menuju Pantai Natsepa untuk orang dewasa Rp 2.000

Harga tiket masuk untuk anak-anak Rp 1.500

Harga tiket parkir kendaraan Rp 10.000

Komentar