Menyelami Surga Bawah Laut Di Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

pulau-menjangan-kecil-karimunjawa

photo by @arisyusufm

Memilih Karimunjawa sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu berlibur tentunya bisa menjadi pilihan menarik. Nama Karimunjawa memang cukup tersohor dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pengalaman seru dan tak terlupakan akan kamu dapatkan selama berada di sini. Bagi yang belum pernah berkunjungan tentunya akan meninggalkan rasa penasaran yang tinggi terhadap pulau yang menyimpan surga bawah laut yang luar biasa ini.

Karimunjawa sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Pemerintah Jepara sejak tahun 2001. Kawasan ini terdiri dari 22 pulau yang memiliki lima ekosistem yaitu terumbu karang, padang lamun atau rumput laut, hutan mangrove, hutan pantai serta hutan hujan tropis dataran rendah. Kawasan ini juga merupakan habitat dari berbagai flora dan fauna yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, junai emas dan keong gelung.

Karimunjawa merupakan surga kekayaan alam hayati dan pemandangan bawah laut yang begitu indah. Salah satunya yaitu Pulau Menjangan Kecil yang menyimpan keindahan terumbu karang. Spot ini selalu menjadi tujuan pecinta diving dan sudah dikenal di kalangan wistawan domestik maupun mancanegara. Tak heran bila suasananya ramai saat hari libur.

Tiba Pulau Menjangan Kecil akan dimanjakan dengan keindahan pantai. Birunya air laut yang terlihat bening semakin tak sabar untuk menjejakkan kaki di sekitar pantai. Pulai ini jauh dari hingar bingar kota besar yang biasanya tak pernah sepi. Di sini pengunjung akan merasakan suasana yang nyaman dan damai sekaligus penduduknya yang ramah menyambut para pengunjung.

pulau-menjangan-kecil-karimunjawa-1

Photo by nukiekartika

Pulau Menjangan Kecil memiliki luas 46 hektar yang dikelola oleh PT Awani Dream. Beberapa titik di pantai ini kerap dijadikan sebagai spot snorklling untuk menyaksikan keindahan terumbu karang. Airnya yang jernih dan bersih sangat mendukung untuk menyaksikan keindahan terumbu karang lebih lama.

Belum puas snorkling bisa melakukan penyelaman untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Terdapat titik penyelaman atau Mear yang tak jauh dari Pulau Menjangan Kecil. Tak perlu menyelam terlalu dalam karena di kedalaman 20 meter sudah banyak menemukan terumbu karang yang masih hidup.

Menariknya lagi saat diving kamu bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang berwarna kebiruan muncul bergerombol di dekat terumbu karang. Terdapat terumbu karang yang masih hidup tampak mekar dengan berbagai warna yang cantik.

Bila beruntung selama menyelam kamu juga bisa menemukan clown fish atau ikan nemo. Nikmati pengalaman yang menyenangkan dengan menyaksikan keindahan bawah laut di pulau ini. Selama diving tentunya akan ditemani oleh pemandu.

Namun, ada juga di beberapa titik dimana terumbu karang rusak dan patah. Hal ini ternyata disebabkan oleh wisatawan yang tidak memperhatikan cara penyelaman yang benar. Wistawan seringkali menginjak atau memegang terumbu karang sehingga membuatnya patah dan rusak.

Untuk itu selama snorkeling dan diving sebaiknya perhatikan petunjuk yang diberikan oleh pemandu. Tujuannya bukan hanya untuk keselamatan tapi juga keberlangsung hidup kekayaan alam bawah laut. Terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berkembang.

Pilih waktu yang tepat saat berkunjung ke Karimunjawa agar bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa gangguan cuaca buruk. Bila ingin melakukan penyelaman waktu terbaik adalah pagi hari. Jarak pandang pada pagi hari mencapai kedalaman 15 meter. Sedangkan penyelaman pada saat siang hari membuat jarak pandang lebih pendek.

Fasilitas di Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

Mencari tempat yang lebih tenang dan nyaman Pulau Menjangan Kecil bisa menjadi pilihan menarik. Di sini hanya terdapat satu penginapan yaitu Menjangan Resort Kecil yang menyediakan bungalow dengan fasilitas lengkap. Kamar yang di desain natural akan membuatmu betah dan nyaman untuk beristirahat dengan beberapa fasilitas lengkap.

Letaknya yang berada di sekitar pantai membuat wisatawan akan merasakan kenyaman selama beristirahat. Saat pagi hari bisa menyaksikan sunrise dan sore hari bisa berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menanti sunset. Harga penginapan ini juga cukup terjangkau. Sebaiknya lakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memastikan penginapan bisa digunakan.

Menjangan Resort Kecil juga menyediakan fasilitas terapi air laut yang katanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ya, di salah satu bagian yang tak jauh dari resort terdapat air laut yang memiliki kadar garam tinggi. Wisatawan juga akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman untuk menikmati fasilitas ini.

pulau-menjangan-kecil-karimunjawa-2

Photo by huputra

Akses Menuju Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

Berangkat dari Jakarta bisa menggunakan penerbangan pagi hari menuju Semarang. Dari Semarang lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kartini di Jepara selama 2 jam. Bisa juga melalui pelabuhan Tanjung Mas di Semarang. Namun bila melalui pelabuhan di Semarang tentu jarak tempuhnya lebih jauh menuju Karimunjawa.

Ada dua kapal yang melayani penyebrangan dari Pelabuhan Kartini ke Pelabuhan Karimunjawa yaitu Kapal Cepat Express Bahari dan Kapal Feri. Kapal Express Bahari hanya melayani penyebrangan di hari Jumat sampai Rabu. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan menuju Karimunjawa. Sebaiknya cek jadwal keberangkan kapal terlebih dahulu sebelum bernagkat ke Karimunjawa.

Bila menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan Kapal Feri selama 4 jam perjalanan. Dari sana kamu harus menyebrang lagi menggunakan kapal tradisional atau boat untuk sampai ke Pulau Menjangan Kecil.

Komentar