Owabong Waterpark : Wisata Air Keluarga Di Purbalingga Dari Zaman Belanda

Obyekwisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong Waterpark ini merupakan sebuah taman wisata yang umumnya sebagian besar didominasi oleh wisata air. Tempat wisata Owabong Waterpark ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berpiknik dan berwisata bersama sahabat dan keluarga karena wahana – wahana yang terdapat di tempat wisata iin dapat dimainkan oleh semua kalangan usia bagi muda maupun tua.

Lokasi owabong waterpark

Tempat wisata yang terletak di Desa Bojongsari, Kabupaten Purbalingga ini memiliki berbagai macam wahana permainan seperti kolam berenang, waterboom, arena gokart dan masih banyak lagi wahana lainnya yang dapat Anda nikmati.

Untuk menuju ke owabong sangatlah mudah, jalan yang menuju ke owabong waterpark pun sudah beraspal mulus dan loasinya pun sangat setrategis. Pengunjung yang akan kesana cukup mengetikan saja owabong waterpark di google maps, otomatis akan di direct langsung menuju ke owabong

Sejarah berdirinya Owabong waterpark

Sejarah dari berdirinya tempat wisata Owabong Waterpark ini berawal dari kepemilikian sebuah kolam renang pribadi yang dimiliki oleh seorang Belanda yang dibangun pada tahun 1946 lalu diambil alih oleh Kwi Sing seorang keturunan dari Tionghoa.

Kemudian seiring berjalannya waktu, pada tahun 2004, kolam renang pribadi ini dibeli oleh Pemerintah Daerah Kabupate Purbalingga untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Akhirnya, pemerintah melakukan pengembangan menjadi sebuah wisata taman air keluarga yang awalnya hanya seluas 1 ha saja kini diperluas menjadi 4,8 ha. Pembangunan ini selesai dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 2005.

Fasilitas-Fasilitas di owabong waterpark

Keunikan dari tempat wisata Owabong Waterpark ini adalah pembagian zona dari wahana – wahana yang ada di tempat ini. Terdapat 4 (empat) zona wahana yang dapat Anda nikmati di Owabong Waterpark  itu Waterpark Utama, Sanggaluri, Cottage dan Usman Janati.

Di wilayah atau zona Waterpark Utama, Anda dapar menikmati liburan dan piknik santai bersama keluarga dan anak – anak di Kolam Ombak Sagara maupun Kolam Sesat. Terdapat juga Kolam Renang Olympic yang sudah memenuhi standar intenasional .

Di wilayah ini, Anda akan menikmati waterboom yang memiliki ketinggian 13 meter yang merupakan waterboom tertinggi di Jawa Tengah. Kemudian terdapat pula pantai bebas tsunami, kanal arum, kolam ember tumpah, kolam air hangat, kolam akhir dan kolam terapi ikan.

Sementara itu, di wilayah atau zona Sanggaluri, Anda dapat menemukanTaman Kelinci, Labirin, Rumah Kaca hingga Rumah Gempa terdapat di wilayah tersebut. Selain itu, terdapat pula zona Usman Janatin yang menyediakan wisata Taman Lampion, kemudian permainan Bom-Bom Car serta untuk anak – anak tersedia juga  wahana kereta mini. Berbeda halnya dengan zona Cottage, disini Anda disedikan paket – paket outbound yang dapat Anda pilih mulai dari paket fun game menginap, paket outbound menginap, dan paket murah terjangkau lainnya seperti paket pelajar dan body rafting.

Selain dari beragamnya wahana wisata di 4 (empat) zona Owabong Park, tempat wisata ini juga telah menyediakan beberapa fasilitas lainnya yang dapat Anda nikmati sebagai pengunjung yang sedang berlibur ke tempat wisata ini. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap seperti terdapatnya restoran, kemudian food – court , kamar mandi, kamar ganti, kamar bilas, toilet yang nyaman juga bersih, tempat parkir yang cukup luas untuk pengunjung serta fasilitas peribadatan yaitu mushala.

Selain itu, untuk akses lokasi menuju Owabong Waterpark ini sudah tersedia dengan baik, karena jalanan menuju lokasi wisata sudah bagus dan akses yang semakin mudah karena terdapat banyak papan – papan penunjuk jalan menuju lokasi wisata Owabong Waterpark Purbalingga ini.

Jika Anda ingin menjadikan Owabong Waterpark sebagai salah satu destinasi wisata Anda, biaya masuk per orang pada hari Sabtu sampai Jumat adalah Rp. 15.000 sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya adalah Rp. 25.000 per orang (anak usia 3 (tiga) tahun keatas membayar penuh). Cukup membayar biaya tiket masuk yang terjangkau tersebut, Anda dan keluargasudah dapat menikmati wahana – wahana yang terdapat di Owabong Waterpark ini.

Tarif – Tarif di owabong

Namun, untuk menikmati fasilitas – fasilitas tambahan yang terdapat di Owabong Waterpark akan dikenakan tambahan biaya tiket terutama untuk fasilitas outbound. Seperti Flying-Fox dikenakan tarif Rp. 15.000 per orang, kemudian Pesawat Fokker sebesar Rp. 7.000 per orang, Teater 4 (empat) dimensi sebesar Rp. 20.000 per orang, Kolam terapi ikan dan kolam air hangat sebesar Rp. 15.000 per orang, Buggykart sebesar Rp. 50.000 per orang, Jet Coaster sebesar Rp. 10.000 per orang, lalu ada juga Gokart sebesar Rp. 50.000 per orang, Jet Sky sebesar Rp. 15.000 per orang, dan Pelampung Ring sebesar Rp. 15.000 per orang.

Selain itu terdapat pula paket – paket outbound yang dapat Anda pilih jika Anda ingin paket praktis agar dapat menikmati seluruh wahana yang ada di Owabong Waterpark ini. Paket – paket outbound ini sudah termasuk makan dan snack. Paket outbound ini berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp. 350.000 per orang.

Komentar